2010-06-22
Oleh - Kang Salman

Perbedaan Perusahaan Dunia Maya dan Riil

Perbedaan Perusahaan Dunia Maya dan Riil
Advertisement:
Perbedaan perusahaan dunia maya (internet) dan dunia nyata (riil). Di Lembaga PTN dan PTS fakultas manajemen, ekkonomi sedang ramai membahas tema itu, khususnya di kampus kang salman. Oleh karena itu disini kang salman akan mengulasnya. 

Secara umum Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yangtidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi. 

Lalu apa perbedaan perusahaan dunia nyata dan dunia maya?


Jika perusahaan nyata :
  1. Memiliki bangunan yang kokoh, besar dan megah
  2. Memiliki karayawan yang banyak, namun beban gaji karyawan yang di tanggungpun sebanding dengan yang di raihnya
  3. prospek bisnis jelas dan targetnya ada serta terlihat dengan mata telanjang.
  4. Saat mendirikan perusahaan membutuhkan dana yang besar dan perizinan yang rumit,
  5. Biaya tetap yang di keluar kan tiap bulannya sangat besar
  6. Terancam bangkrut, bila bangkrut. langsung melarat dan miskin
  7. Terikat waktu kerja
  8. Ancaman perusahaan, berupa kebakaran, gempa bumi, pencurian aset.dan datangnya pesaing baru yang lebih kuat.
  9. Hukuman paling berat yang didapat pemilik perusahaan di penjara dan denda, rumah disita dll


Jika perusahaan dunia maya :
  1. Bangunan perusahaan berupa sebuah website, walaupun memiliki kantor. besar dan ukurannya idak akan sebanding dengan kotornya perusahaan dunia nyata, (kecuali situs-situs besar seperti google, yahoo, facebook dll)
  2. Jumlah karyawan sedikit atau bahakan tidak ada sama sekali, sehingga beban biaya gaji ringan (kecuali website-website raksasa)
  3. Prospek bisnis, berupa toko onlne, prospek pasar bersaing. 
  4. Tidak membutuhkan biaya yang besar untuk mendirikan perusahaan dunia maya. 1-3 juta saja cukup
  5. Tdak ada biaya tetap, kecuali listrik dan sewa internet
  6. Kemungkinan bangkrut kecil, kalaupun bangkrut tidak akan kehilangan apa-apa kecuali waktu dan modal awal yang di gunakan untuk memdirikan website dan promosi
  7. Tidak terikat waktu kerja, kita bisa kerja sesuka hati kita dan terserah kita
  8. Ancaman perusahaan jenis ini, hecker, crecker,  datangnya pesaing baru yang lebih kuat.
  9. Hukuman paling berat yang didapat pemilik perusahaan jenis ini di penjara danda.
Perkembangan di bidang teknologi informasi pada Tahun 2008, mengalamiperkembangan sangat pesat. Indikasinya, semakin tumbuhnya berbagailayanan di bidang internet baik menyangkut perusahaan penyedia layananinternet (ISP), jumlah pengguna serta berbagai perkembangan barulainnya termasuk perkembangan blogging.

Berdasarkan data World Internet Usage Statistic News And World Population Stats,Peningkatan populasi pengguna internet di seluruh dunia mencapai6.676.120.288 penggguna atau naik 305,5 % dari total jumlah penggunainternet tahun 2000 yang hanya 360.985.492 pengguna. Dari jumlahtersebut, pertumbuhan pengguna internet di Asia mencatat kenaikantertinggi mencapai 39 %, yakni dari 114.304.000 di tahun 2000 menjadi3,76,181.949 pengguna.

Di sisi lain, perkembangan baru yangmelibatkan berbagai usia dan jenis kelamin ini membawa ekses tersendiridalam trend pergaulan, interaksi budaya dan pemikiran serta interaksiantar individu dan lembaga hingga menimbulkan fenomena tersendiri.

Trendpositif dan negatif, silih berganti mewarnai hiruk pikuk kehidupan didunia maya. Sama seperti di dunia nyata, dunia maya juga memilikikejujuran, transparansi bahkan termasuk pula income dan bisnis. Tapi didunia maya juga ada kejahatan, perampokan, penipuan bahkan terorismeserta perang. Jika di dunia nyata ada ledakan peluru kendali, di duniamaya ada ledakan peluru kendali berupa virus Trojan bernama BackOrifice.

Agar lebih aman jika kita menempuh hidup baru di dunia maya,berikut ini beberapa langkah antisipasi agar terhindar dari kejahatandan kebangkrutan :

1. Memiliki banyak email.Memiliki banyak email ini sangatlah perlu terutama dalam menjagaprivacy keberlangsungan bisnis bagi para pengusaha serta pejabatpublik. Jika hanya punya satu email, resikonya adalah, email tersebutdi penuhi spam termasuk resiko di bomber. Kalau ini sampai terjadi,dokumen serta urusan penting lainnya, terancam musnah.

Untukurusan kantor, perlu ada email khusus yang tidak di publikasikan.Data-data di email khusus ini, perlu di isi sesuai data yang ada,karena menjadi bagian dari urusan resmi. Di samping email khususkantor, perlu juga memiliki email gaul, email khusus komunikasiblog/situs bagi blogger. Tentang password, tidak perlu di pusingkankarena ada software yang khusus mengatur banyak password bernama Keepass.

2. Meningkatkan rasa curiga dalam pergaulan.Curiga perlu di kedepankan jika kita sedang berkenalan di situs-situschatting seperti frendsister, friendorama, MiRC dan lain sebagainya.Untuk urusan yang ini, janganlah bersikap lugu dan mudah percaya padalawan bicara. Meski mengaku sebagai cewek, bisa jadi dia adalah cowokserta sebaliknya. Kecurigaan ini perlu semakin di tingkatkan jika mulaimasuk pada wilayah keuangan serta seksualitas. Karena berbagai kasuskejahatan di dua hal tersebut, justru di mulai dari chtatting.

Disamping itu, chatting menjadi salah satu media penyebaran virus yangpaling efektif di tahun 2008 ini. Patner chatting berpura-puraberkenalan dengan tukar menukar foto. Padahal dalam fotonya tersebut diselipkan virus berbahaya. Rasa curiga perlu juga di terapkan saat kitaakan mendowload file di sebuah situs. Bisa jadi, file tersebut juga disisipi virus.

3. Menambah pengetahuan tentang kejahatan dunia maya.Langkah ini adalah yang paling penting dari 2 langkah sebelumnya.Karena dengan pengetahuan, kita bisa menhiapakan langkah antisipasinya.Caranya mudah, cukup dengan mengunjungi situs-situs yang membahaskejahatan dunia maya seperti Dunia Password.Bisa juga dengan berlangganan majalah dan media lainnya untuk sekedarmenambah pengetahuan. Celakanya, mata pelajaran pengenalan internetyang di ajarkan di sekolah-sekolah seperti SLTP dan SLTA, tidakmenyertakan bentuk-bentuk kejahatan dunia maya. Fokusnya lebih padaketerampilan berinteraksi saja. Padahal, user se-usia mereka masihcukup belia dan lugu dalam menghadapi gelombang kejahatan dunia maya.Bahkan, mereka menjadi korban sejumlah kasus asusila, yang justru dimulai dari interkasi di internet.

Dari pemikiran di atas, bukanberarti dampak positif perkembangan internet di kesampingkan begitusaja. Yang perlu di kedepankan di sini adalah kearifan setiap individudalam menapaki kehidupan di dunia maya. Dunia maya adalah dunia ketigadi samping dunia nyata dan dunia ghaib. Jadi, perlu ada kearifantersendiri dalam mengarunginya.Nah mulai dari sini kita taukan apa perbedaan perusahaan riil dan maya?
semoga bermanfaat sob
assalamulaikum

Thanks id.wikipedia.org, berita86.com,

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman
www.kucoba.com



Jasa Pembuatan Blog > Jasa Pembuatan Banner Iklan > Jasa Pembuatan Logo Blog Order asksalman19@gmail.com
Advertisement:
Judul : Perbedaan Perusahaan Dunia Maya dan Riil Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle