2010-07-06
Oleh - Kang Salman

5 Kiat Menghadapi Komentar Negatif

5 Kiat Menghadapi Komentar Negatif
Advertisement:
Bagaimana cara menghadapi komentar negatif ? Mungkin pertanyaan ini sering di singgung oleh para belgger yang pernah menerima komentar negatif dari orang lain. Hal ini pun pernah kang salman alami saat pertama kali ngeblog, tapi saya tidak berusaha mencari jawabannya. terinspirasi dari bulan lalu ada yang mengirip pesan negatif pada blog ini, silakan lihat disini, dan ide-ide ini tidak kang salman dapat sendiri tetapi kang salman dapat dari blogpopuler Mudah-mudan pemiliknya mendapatkan rahmat dari Allah, amin..

Sobat informasi maya dalam ngeblog ada satu hal yang perludiperhatikan bagi pemilik blog yaitu menjawab komentarpembaca.Komentar-komentar dari pembaca bisa bermacam-macam,dapat berupapujian, kritikan, sanggahan  dan sebagainya.Kadangkala juga didapatkan komentar yang asal lewat saja, seperti,”Hai, salam kenal…”. Atau ,” Hallo, tukar link yuk”.Komentar-komentarini tidak ada hubungannya dengan isi postingan.Padahal si pemilik blogmengharapkan komentar yang menyangkut isi postingannya.Komentartersebut dapat dikatakan spam dan  biasanya akan lagsung difilteroleh Akismet , suatu plugin pada wordpress yang menfilter komentar yangberbau spam. 

Nah lantas gimana nih cara menghadapi komentar-komentakayak begitu?
Kalau komentar berupa pujian ,tidakmasalah cukup dibalas dengan ucapan terima kasih.Tapi kalau komentarnyaberupa kritikan, kecaman, dan umpatan, nah lho…harus siapkan senjatapamungkasnya.Ada beberapa pedoman yang dapat dilakukan untuk menghadapikomentar seperti ini.Pedoman ini menurut pengalaman mas Ndoro Kakung,seorang Blogger dan Jurnalis yang juga seorang penulis pada beberapamedia terkenal yang dituliskan pada buku Ngeblog Dengan Hati.

1.Pedoman pertama, abaikan saja.
Konsekuensi mempunyai blog danmemposting akan siap menerima berbagai komentar positif maupunnegatif.Tidak peduli apakah tulisannya bagus atau jelek.Caramenghadapainya yaitu menafikannya.Membela diri justru akan membuatmereka meningkatkan serangan.
2.Pedoman kedua, ucapkan terima kasih.
Mendapat komentar aneh seperti memakiatau mengumpat dengan bahasa kasar, sehingga menyakitkan hati, santaisaja.Ucapkan saja terima kasih atas kunjungan dan komentarmereka.Akuilah dengan rendah hati bahwa anda memang masih belajar danterus membutuhkan masukan.Kalau memang ada kesalahan, mohon dikoreksi.
3.Pedoman ketiga, biarkan pengunjung lain membantu.
Blogger dan penggemarnya memilikiikatan yang unik dan membentuk sebuah komunitas.Tanpa diminta, parapembaca setia blog akan bereaksi bila mereka menemukan komentar yangtak pantas.Biarkan pembaca blog ikut berpendapat dan menanggapikomentar-komentar miring.Dengan demikian akan menumbuhkan kesetiaan.
Khalayak setia adalah benteng pertahanan terbaik untuk menghadapi hujatan.
4.Pedoman keempat, pertahankan.
Para pembaca memberi masukan padapostingan anda yang kurang sempurna atau mengandung kesalahan.Terimalahdengan lapang hati dan lakukan koreksi bila ada yang kurang tepat.Namuntetap saja ada pembaca yang tidak setuju dengan postingan anda,pertahankanlah.Beri bukti, contoh, atau data yang memperkuat.Bilaperlu, bikin postingan susulan yang berisi penjelasan lebih detail.
5.Pedomaan kelima, lakukan perubahan.
Bila terus menerima kritik tentangtopik yang sama, sebaiknya jangan keras kepala.Barangkali saat andamelakukan perubahan.Tunjukkan pada khalayak bahwa anda pun bisaberubah.Beradaptasilah menyesuaikan kebutuhan mereka dengan kepentingananda.
Gimana? Apa anda mempunyai senjata ampuh yang lain untuk menghadapi komentar-komentar yang menyakitkan ini?
Bagi kang salman,komentar apapun masih bisa diterima selama masih tingkat yangwajar-wajar saja.Silakan berkomentar sesuka anda anda asal janganNYEPAM….:-)


Lihat Juga :

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman
www.kucoba.com



Jasa Pembuatan Blog > Jasa Pembuatan Banner Iklan > Jasa Pembuatan Logo Blog Order asksalman19@gmail.com

Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Advertisement:
Judul : 5 Kiat Menghadapi Komentar Negatif Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle