2010-10-24
Oleh - Kang Salman

Blogwalking vs Search Engine

Blogwalking vs Search Engine
Advertisement:
Blogwalking vs Search Engine. Manakah yang lebih baik? Oke sobat informasi maya hari kang salman mencoba menuliskan sebuah ide yang mungkin sedikit nyeleneh. Namun sebelumnya disini kang salman mengingatkan tujuan saya menulis ini bukan untuk mencari mana yang lebih baik antara pengunjung yang datang dari blogwalking atau search engine dalam meningkatkan trafik alexa kita. :)

Istilah Blogwalking di terjemahkan sebagai jalan-jalan dan saling mengunjungi. dari kedua pengertian tersebut dapat kita terjemahkan sebagai berikut : "yaitu sebuah aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar". 
Dari pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa tujuan utama blogwalking adalah berharap untuk mendapatkan kunjungan balik dari si Admin blog tersebut menuju blog kita. Dengan begitu jumlah trafik/pengunjung yang hinggap ke situs kita bertambah banyak.

Istilah Search Engine / Mesin Pencari
Seperti yang kita tau, internet adalah gudangnya informasi, mulai dari hal-hal yang kecil sampai pada hal-hal yang diluar pikiran kita semuanya ada diinternet.  Tinggal bagaimana caranya kita memanfaatkannya. Diantara jutaan bahkan milyaran informasi yang ada di internet, tentu kita akan kesulitan untuk mencari informasi tertentu. Untuk itulah mesin pencari (Search Engine) sangat berperan dalam mencarikan informasi yang dibutuhkan. Jadi Searc Engine adalah sebuah mesin pintar yang berfungsi untuk mencari informasi di internet sesuai kata-kata kunci tertentu. Banyak sekali situs yang berfungsi sebagai search engine misalnya :
  1. www.google.com
  2. www.yahoo.com
  3. www.bing.com
  4. www.altavista.com
  5. www.incari.com
  6. www.hotbot.com
  7. www.catcha.co.id
  8. www.excite.com
  9. dan lain-lain

Blogwalking vs Search Engine
Dalam kasus ini kita sering menemui beberapa orang yang mempertahankan tradisi blogwalking sampai mungkin ada banyak orang yang meluangkan waktunya hanya sekedar untuk menaruh link di buku tamu atau kotak komentar dan pergi. bisa di bayangkan oleh kita saking sibuknya orang tersebut sampai tidak ada waktu buat berlama-lama di blog orang lain. kang salman bertanya mengapa kamu seperti itu? "sebab waktu bagi saya sangat berharga, saya ga ada waktu untuk membaca habis artikel. sebab masih ada 1000 blog yang mesti saya kunjungi hari ini". 

Dalam kasus selanjutnya ini kita sering menemui beberapa orang yang tidak suka melakukan blogwalking, namun saat berkunjung ke blog orang lain jika artikel itu menarik pasti ia akan baca sampai habis. namun tidak selalu lho orang tersebut meninggalkan komentar di bawah postingan kita. baginya sudah cukup dan merasa puas mendapat wawasan baru. Namun perlu di catat, biasanya orang jenis ini bila ia menuangkan komentar tidak setengah-setengah, bila marah-marah sekalian, bila kagum ia pun akan menyampaikannya dengan bahasa yang luar biasa, dan apabila mengkritik ia pun tidak akan segan-segan. Orang inilah yang sebut pengunjung berkualitas. namun bukan berarti pengunjung yang lian tidak berkualitas, menurut kang salman sama semuanya berkualitas namun ada kadarnya.

Dalam kasus ini, mungkin kebalikan dari kasus yang pertama, jika yang pertama adalah orang yang gila blogwalking. tapi disini kebalikannya. orang yang pasif (jarang sekali blogwalking). sebagian besar waktu onlinenya dihabiskan untuk menyususun template dan SEO, tittle, dan meta, berburu keyword dll. Mungkin inilah orang yang mengoptimalkan blog nya dengan sebaik mungkin agar dapat menjaring banyak pengunjung dari mesin pencari. karakter orang jenis ini biasanya jendrung pasif dan selalu sibuk dengan urusannya sendiri (tidak semuanya) namun di balik kepasifannya itu memberikan citra yang cerdas, cool dan misterius. 

Bila anda hanya mengandalkan blogwalking saja, apalagi blogwalking ala kadarnya, jangan berharap akan mendapatkan kunjungan dari pemilik blog yang anda kunjungi, pemilik blog pun akan pilih-pilih manakah blog yang akan di kunjungi oleh mereka. blogwalking yang ala kadarnya yang hanya mengharapkan linkback dari pengunjung lain biasanya akan sia-sia saja kecuali anda berkunjung kesebuah blog yang menganut asas yang sama dengan anda.

Bila anda hanya mengandalkan optimasi seo+search engine saja mungkin hasilnya akan maksimal tetapi jaringan relasi dan pergaulan dunia maya anda tidak luas.

Kedua-duanya memiliki efektersendiri terhadap peringkat anda di mesin pencari dan alexa rank tinggal kembali lagi kepada kita, yaitu bagaimana kita membagi keduanya agar seimbang sehingga hasil yang didapat maksimal.

Oke sobat informasi maya langsung aja yuk kita Quiz jadi apa kesimpulan dari Blogwalking vs Search Engine ?


Jangan asal copy paste, baca aturanya di sini !
Post By Kang Salman
http://www.kucoba.com

Ingin mendapat penghasilan tambahan dari blog? Bergabung dan jadikan blog anda sebagai ladang uang bagi dompet anda setiap bulan. Cukup pasang banner saja! Daftar =>  Klik Disini <= klik!  untuk memanen uang $ seperti saya. Gratis!!
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Advertisement:
Judul : Blogwalking vs Search Engine Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle