2010-11-25
Oleh - Kang Salman

Esensi Dan Kerangka Taktis SEO

Esensi Dan Kerangka Taktis SEO
Advertisement:

Esensi Dan Kerangka Taktis SEO - SEO bisa disederhanakan menjadi 3 elemen kunci sesuai dengan mekanisme kerja search engine, termasuk Google. Elemen pertama adalah crawling atau penjelajahan website kita oleh robot yang dikirim search engine. Elemen kedua adalah indexing yaitu memproses dan memasukkan halaman web yang sudah dikumpulkan crawler ke dalam database, disini juga ada proses filtering, penyaringan.  Elemen ketiga adalah ranking, penentuan ranking halaman web di dalam SERP (search engine result page) untuk keyword pencarian yang relevan.


Pemahaman terhadap elemen-elemen kunci dan aktivitas yang dilakukan search engine pada masing-masing elemen ini memungkinkan praktisi SEO untuk meyusun kerangka kerja yang sesuai.
Kesimpulan diatas diambil berdasarkan asumsi berikut :
Robot search engine – Google menamakan robotnya Googlebot – menjelajahi website untuk kemudian diproses. Langkah ini sangat esensial karena tanpa dikunjungi dan dibaca robot, sebuah halaman website tidak mungkin masuk ke dalam database search engine, apalagi mendapat ranking.
Dari data yang dikumpulkan robot selama penjelajahan, search engine menyaring, mengelompokkan, dan melakukan langkah-langkah pengolahan lainnya sebelum dimasukkan ke dalam database dengan berbagai atribut yang dihasilkan selama pengolahan.
Ketika ada pengunjung yang melakukan pencarian untuk keyword yang relevan, search engine melakukan perhitungan ulang berdasarkan kondisi terakhir untuk menentukan ranking di dalam SERP yang akan ditampilkan.
Search engine menjelajahi, mengindeks, dan menentukan ranking setiap halaman web. Para pemain SEO harus merancang strateginya dengan meperhatikan faktor-faktor berikut:
  1. Penjelajahan
  2. Indexing
  3. SERP
Kita perlu menyadari bahwa search engine, termasuk Google, bukan bekerja untuk kita para pemilik website, dia bekerja untuk memenuhi kebutuhan para pemakainya, mereka yang mengunjung search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Jadi kita perlu menambahkan aspek tambahan sbb :

4. Pemakai
Ranking bukan urusan kita dengan search engine. Jika website kita adalah satu-satunya sumber yang relevan dengan kata kunci tertentu, search engine hanya akan menghasilhan satu link saja di dalam SERP, halaman web kita. Kenyataannya tidak demikian karena ada banyak pemilik website lain yang ingin mendapatkan ranking tinggi untuk keyword tersebut. Karena itu kita juga perlu menambahkan satu lagi:

5. Persaingan
Pemahaman di atas membantu kita menentukan taktik yang tepat pada masing-masing langkah sehingga secara keseluruhan kita dapat membangun strategi SEO yang tangguh.
Penjelajahan

SEO diawali dengan catatan perjalanan robot ketika menjelajahi website kita. Catatan perjalanan tersebut terekam dengan rinci dan akurat selain oleh search engine juga oleh log server kita sendiri. Beberapa hal penting yang dapat kita amati dengan mencermati log server kita diantaranya:
  • Crawling traps, masalah yang menghentikan penjelajahan.
  • Halaman yang sesungguhnya tidak perlu dibaca.
  • Duplicate content.
  • Frekuensi dan kedalaman penjelajahan.
  • Adanya masalah yang ditunjukan dengan kode respon server seperti 302, 304, 307, dll.
  • Adanya rangkaian redirect dan pengulangan.
  • Broken link, error 404.
Skrip pengolah log file seperti logfilt dari Audette Media  
http://www.audettemedia.com/blog/seo-diagnostics-tool/ dapat mengolah data log dalam jumlah besar dan menarik sejumlah informasi penting berhubungan dengan penjelajahan robot dalam berbagai format presentasi. Sistem analisa berkelas enterprise seperti Splunk http://www.splunk.com/ dapat memecah indormasi menjadi potongan-potongan detail berdasarkan segmen tertent

Menu merupakan aplikasi yang beroperasi pada sisi client untuk menganalisa perlaku robot dan menyediakan data yang dapat ditindaklanjuti dengan mudah. Sayangnya Xenu tidak bisa mengolah lebih dari 10.000 halaman, jadi jika ukuran website anda lebih besar dari itu, anda perlu memecah-mecahnya dulu.

Salah satu fasilitas yang terbaik dan tersedia gratis untuk dipakai adalah Google Webmaster Tools yang mampu memotret masalah dengan akurat termasuk masalah yang menyangkut penjelajahan robot, duplicate content, bahkan performa server.

SEO Semata-mata Soal Tindakan
Seperti biasa, akurasi data memang merupakan faktor kritis dalam proses ini, tapi bagaimanapun yang menentukan adalah tindakan yang diambil berdasarkan data tersebut. Hal ini juga berlaku dalam soal SEO, data yang akurat dari pengolahan log server diatas sangat penting, tapi yang paling penting adalah tindakan yang kita ambil berdasarkan informasi tersebut.

Dengan melakukan analisa sistematis berdasarkan ketiga komponen aktivitas search engine tadi, pemain SEO yang cerdas dapat menyusun kerangka kerja untuk menyempurnakan websitenya, sehingga bisa mendapatkan ranking yang lebih baik.

Sumber : http://www.seobali.com/


Lihat artikel seo lainnya? klik menu navigasi di atas.


Jangan asal copy paste, baca aturanya di sini !
Post By Kang Salman
www.kucoba.com




Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Advertisement:
Judul : Esensi Dan Kerangka Taktis SEO Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle