2011-08-21
Oleh - Kang Salman

10 Khasiat dan Manfaat Tempe

10 Khasiat dan Manfaat Tempe
Advertisement:
khasiat tempe
10 Khasiat Tempe Untuk Kesehatan
10 Khasiat dan Manfaat Tempe - Siapa yang tak kenal tempe? Makanan asli Indonesia yang murah meriah. Tempe adalah hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Tempe banyak disuka selain rasanya yang lezat, harganya murah, dan mudah didapat.

Tahu nggak sih, ternyata tempe itu punya banyak khasiat. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan. ( Baca: Cara membuat Tempe )

Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk dikonsumsi semua kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga tempe sering disebut sebagai makanan semua umur. Selain itu, dengan mengkonsumsi tempe setiap hari akan terjadi peningkatan nilai gizi, seperti kadar vitamin B2, vitamin B12, niasin, dan asam pantorenat.

Berikut 10 Khasiat Tempe yang kang salman kutip dari wikipedia:
  1. Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
  2. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
  3. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
  4. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
  5. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
  6. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
  7. Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
  8. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
  9. Mencegah timbulnya hipertensi
  10. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

Lihat Juga:

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman
www.kucoba.com


Ingin mendapat penghasilan tambahan? Cara kerja mudah hanya dengan melakukan survey dan mengisi angket lalu anda akan di bayar. Itulah pekerjaan anda disini <= klik untuk daftar dan memanen uang $ seperti saya. Gratis
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Advertisement:
Judul : 10 Khasiat dan Manfaat Tempe Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle