5 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut

Selasa, 02 Agustus 2011
cara mengatasi rasa takut' border=
5 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut. Setiap orang punya rasa takut, karena merupakan bagian dari perasaan seseorang. Tapi, kadarnya berbeda antara seorang dengan yang lainnya. jika takut yang dirasakan berlebihan dan menguasai hidup Anda, itu yang tidak sehat.

Anda harus menemukan cara mengatasi rasa takut, terutama ketakutan yang tidak rasional, dan bisa merugikan, ada beberapa metode untuk mengatasi rasa takut, berdasarkan Methods of Healing

Kenali ketakutan Anda
Langkah pertama mengatasi rasa takut cari dulu penyebabnya, apa yang membuat Anda merasakan takut, dan bagaimana perasaan itu menguasai Anda.

Dengan menyadari apa yang menyebabkan ketakutan, hal ini akan membantu Anda mengurangi rasa takut. Sebab, saat berusaha menyadarinya, Cobalah Anda berdialog dengan diri sendiri untuk mencoba mengatasinya.

Melawan ketakutan
Bila takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik mengatasinya adalah menghadapi dan menantangnya. Jika Anda takut ketinggian, pergilah ke atas sebuah gedung tinggi dan melihat ke bawah. Cara ini membantu Anda mengatasi rasa takut.

Mengendalikan mental
Hal ini yang sederhana sekali seperti belajar mengendalikan pikiran Anda untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan hentikan perasaan yang membuat takut. Cara ini sangat efektif kang salman terapkan dalam mengatasi rasa takut.

Hal ini penting sekali dlakukan, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengontrol ketakutannya sehingga selalu mengkhawatirkan hal-hal sama. Caranya, hanya menghentikan kekhawatiran atau ketakutan berlebihan.

Ubah ketakutan
Untuk menghadapi sumber dari rasa takut, maka harus mengakui apa yang membuat Anda takut. Setelah itu, mengubah rasa takut itu dengan mencari tahu cara menghadapinya.

Jika merasa takut berjalan sendirian pada malam hari, pada sebagian orang ada yang mengambil kursus bela diri untuk melindungi diri, pada sebagian yang lain dengan cara meningkatkan percaya diri, karena dengan percaya diri akan meningkatkan keberanian.

Relaksasi
keyakinan dapat memerangi ketakutan dalam diri sendiri, ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi rasa takut kita. Sambil melawan rasa takut, dengan membangun rasa percaya diri. Semakin Anda percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran Anda akan berkurang. Maka dari itu sangat disarankan untuk latihan Meditasi dan Yoga, latihan ini dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengatasi rasa takut.


Tulisan pertama oleh: Ajinatha

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
EditPost By Kang Salman
www.kucoba.com

Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Artikel Terbaru

6 Responses to "5 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut"

Mukti Effendi mengatakan...

Bagus sekali artikelnya. saya punya anak yang trauma karena pernah ketemu ular di dapur. eh sampai sekarang mau ke dapur saja takut.thanks atas sharingnya

idblogku mengatakan...

Jangan takut antara jarak mimpi dan kenyataan yang sobat hadapi.

Selama sobat masih bisa memimpikannya pasti bisa mewujudkannya.

Terinspirasi dari Sobat
Happy Blogging

Endy mengatakan...

yah memang tiap manusia pasti ada ketakutannya atas sesuatu, klo Z pribadi, takut kecewakan orang tua aja mas...hehe..

Kang Salman mengatakan...

@Mukti Efendi: Semoga dengan tips ini trouma anak bapak dapat disembuhkan, paling tidak berkurang.

@Idblogku: Bijak sekali kata-katanya untuk usia Anda saat ini :)

@Edy: Semua orang jg pasti seperti itu :)

faisal sanya mengatakan...

semua ini perlukan dalil yang di ambil dari pengjaran alQuran dan Hadis,,,,
cara menghindar takot sebenar yang di anjurkan islam ialah takut kepada allah, kemudian makhluk dan lain2nye akan takot pada kita,, marilah kita mempertingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah dengan sebenar2 taqwa maka masalah lain2nye akan selesai...
tingkatkan yakin, tingkatkan amalan Insya Allah rasa takut akan berkurangan,, kenyataan ini susuai untuk golongan yang mempunyai akidah Islamiah sahaja yang mengetahui hakikatnye....

magnetwan[ita mengatakan...

saya coba share di www.womenmagnet.com

Poskan Komentar