Khasiat Labu Parang, Merah

Sabtu, 13 Agustus 2011
Khasiat Labu Parang. Labu parang/wuluh/merah tidak hanya enak untuk dibuat kolak, bisa juga
dibuat roti, kue bolu, martabak, puding, pie dan jenis yang lain.
Bahkan, buah labu dapat dimasak untuk sayur dan dodol.




Labu Parang : sering disebut juga labu merah atau waluh
merah -  www.kucoba.com
Jika dimasak untuk kolak, sebaiknya bijinya  disertakan. Menurut hasil sejumlah penelitian, biji labu (yang merah atau kuning atau parang) banyak  mengandung zat yang berguna bagi kesehatan. Dalam biji labu parang yang berwarna merah, ditemukan sejumlah asam amino yang langka, seperti  m-karboksifenilalanina, pirazoalanina, asam aminobutirat, etilasparagina, dan strulina.



Biji labu merah juga mengandung mineral Zn (seng) dan Mg (magnesium),
yang sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi, termasuk kelenjarprostat. Ada juga kandungan lemak utama, seperti asam linoleat, asamoleat dan sedikit asam linolenat. Juga vitamin E (tokoferol) dan karotenoid, yaitu lutein dan beta-karoten.


Buah labu juga mengandung sejumlah asam amino penting yang diperlukankelenjar prostat, yaitu alanina, glisina dan asam glutamat. Asam aminoini ditemukan baik di labu merah maupun labu kuning. Dari berbagai
literatur ditemukan asam amino ini memiliki khasiat bisa mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak (begin prostatic hyperplasia) pada kaum pria. Hipertrofi adalah salah satu penyakit yangditakuti kaum pria dewasa karena di sinilah diproduksi cairan prostatyang akan menyediakan makanan bagi sperma. Kerusakan kelenjar prostatyang ditandai ketidakmampuan memproduksi cairan prostat akan berujung pada kemandulan.


Pemanfaatan biji labu untuk pengobatan hipertrofi sudah dikenal sejakjaman baheula. Dr. W. Devrient dari Berlin Jerman menganjurkan kepada pasiennya agar mengonsumsi biji labu, terutama labu merah, secara teratur untuk menghambat pembesaran kelenjar prostat. Bahkan, biji labumerah diyakini punya khasiat memudakan kembali daya seksualitas pria (ayo bapak2 banyak makan labu nih ^_^ )

Labu diduga berasal dari Amerika tropis dan di Indonesia sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dengan varietas cukup beragam. Secara umum,berdasarkan warnanya, buah labu dibedakan menjadi dua, yaitu labu merah dan labu kuning. Menurut Gembong Tjitrosoepomo (1994), ada dua jenis labu merah, yaitu Duch ex Poir dan Cucurbita pepo L. Keduanya sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di tanah air.

Labu dapat dikembangkan secara cepat melalui perbanyakan dengan biji. Setelah ditanam selama 4-5 bulan, labu akan berbuah dan pada bulankelima buah labu sudah bisa dipanen (penulis 'Khudori alumni Fakultas
Pertanian Universitas Jember'). oleh (annisa rahayudia)


Baca Juga:
EdPost By Kang Salman
www.kucoba.com


Jasa Pembuatan Blog Idblogmaker.com berkualitas, Elegant, SEO Friendly, Unik
Artikel Terbaru

3 Responses to "Khasiat Labu Parang, Merah"

Rausan mengatakan...

wah, enak bgt kayaknya kalau dibuat kolak.

Kang Salman mengatakan...

Diantara kolek yang paling saya suka adalah labu parang. :)

dikoong dot com mengatakan...

wah labu kesukaan saya nih..

enak kalau disayur bening.. hehe