Cara Memelihara Burung Hantu

Sabtu, 18 Februari 2012
Cara Memelihara Burung Hantu - Beberapa hari ini kang salman memiliki hoby baru yaitu memelihara burung hantu. Apa yang anda pikirkan saat mendengar seseorang melihara burung hantu? pasti kesannya aneh, horror dan sebagainya. Teman kerja kang salman pun mengatakan kamu aneh ngapain miara burung hantu. Dengan simple saya menjawab hoby :)

Di dunia ini terdapat lebih dari 220 Sepesies burung hantu yang tersebar di beberapa wilayah di indonesia sendiri terdapat beberapa spesies burung hantu yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. kang salman sendiri pelihara burung hantu berjenis celepuk, karena memang jenis burung inilah yang dapat dengan mudah kita temukan di pasaran. kang salman membelinya di depan BIP (bandung istana plaza) dengan harga Rp 150.000 / ekor, masing-masing berumur 4-5 bulan. Saya tidak tau asal muasal mengapa burung ini diberi nama celepuk, mungkin karena suara uniknya saat dalam keadaan ketakuatan atau terancam selalu mengeluarkan cuara celetuk atau tuk tuk tuk. kalau salah tolong di koreksi ya :)

Warna bulunya yang khas lusuh kecoklatan membuat burung hantu di gemari termasuk kang salman :) sama halnya dengan kayu jati tua yang banyak di gemari oleh orang-orang. Kesan clasik, unik dan lucu membuat burung hantu menjadi sarana hiburan bagi kita untuk melepas penat. Seperti inilah sosok burung hantu yang kang salman miliki, umurnya baru 5 bulan, masih sangat belita oleh karena masih junior kita perlu memperhatikan banar perawatan burung hantu tersebut agar terhindar dari kematian :

burung hantu

Burung ini memang sangat lucu contohnya bila kita mendekat dia akan melotot, saat pertama kali melihatnya saya sedikit takut dengan matanya yang melotot, sambil mengoyang-goyangkan kepala mirip orang india, jika kita semakin mendekatkan wajah si burhan tersebut akan melebarkan sayapnya. tapi sebenarnya kang salman sedikit malu suara burung hantu yang kang salman miliki lebih tepatnya mirip anak kucing :) namun salah satu dari ke tiga burung hantu yang kang salman pelihara ada yang sudah bisa bersuara layaknya burung hantu dewasa. Anda tidak perlu kuatir, suara tersebut akan berubah saat burung hantu akan menginjak usia remaja dan dewasa.

Nah bagaimana sih cara merawat burung hantu?
Sebenarnya tidaklah sulit dalam merawat burung hantu hanya saja wajahnya yang misterius tersebutlah yang membuat kita mejadi merasa misterius juga tehadap perawatan burhan ini


Beri makan secukupnya
Jika burung hantu yang anda miliki bejenis celepuk perawatannya akan lebih mudah lagi. cukup berikan 10 ekor jankrik dewasa di pagi hari dan berikan 10 jankrik dewasa di malam hari, jika jankriknya kecil-kecil silakan tambahkan lagi takaranya menjadi 15. Selain jankrik si burung hantu juga dapat di beri makan ikan kecil (anak ikan mas) dan burung pipit (emprit) harganya cukup murah Rp 1000 perekor. Jangan sekali-kali memberi makan burung hantu dengan daging ayam atau lele bahaya! kata pedagang tempat kang salman memberi cukup jankrik saja sampai dia berumur 7-8 bulan, setelah itu di ganti dengan si emprit atau tikus putih yang banyak di jual di pasaran.

Jangan simpan di tempat atau udara yang panas
Burung hantu tidak menyukai tempat yang panas, jika anak burung hantu disimpan di tempat bersuhu panas (misal siang bolong) itu akan sangat berbahaya. Masukan burung hantu kedalam rumah saat jam 11.00 - 16.00 karena jam-jam itu merupakan waktu matahari bersinar keras,

Jangan simpan di tempat yang dingin
Selain panas burung hantu pun tidak suka tempat yang bersuhu dingin, sebaiknya saat magrib kamu pindahkan burung hantu tersebut kedalam rumah jangan menaruhnya di luar jika suhu udara dingin si belita burung hantu tersebut tidak kuat akibatnya fatal, mungkin mati

Selalu ajak berbicara atau sekedar menyapa
Ajaklah selalu burung hantu tersebut berbicara, agar dia tidak merasa kesepian. Burung hantu juga mahluk hidup pasti merasakan yang namanya kesepian, jika ini di larut-larut dia mungkin akan stres, kalau udah stress biasanya dia tidak mau makan, kalau udah ga mau makan 2 hari kemudian dia pasti mati. Selain itu menurut kang salman
Simpan burung hantu di tempat atau ruang yang gelap
Usahakan saat malam hari simpan burung hantu di tempat yang gelap, matikan saja lampu di ruangan tempat kamu menyimpan si burhan. karena burung hantu umumnya tidak menyukai cahaya terang di malam hari.

Lakukan kontak dan berkenalan lebih dekat
Selalu luangkan waktu untuk berkenalan lebih dekat dengan burhan cukup dengan memandanginya tujuannya agar si burhan tesebut ingat pada kita dan lebih dekat secara batin dan emosional. kalau sudah nyaman burung hantu tersebut tidak akan takut lagi pada Anda, dan tidak akan lagi mengigit keras, kalau punya kang salman gigitannya ga sakit seperti dulu, mungkin disebut gigit-gigit ga jadi atau gigit sayang si burhan pada kita, rasanya seperti gigitan bayi berumur 3 bulan yang belum ada giginya. Selain itu dengan membiasakan kontak mata secara lembut akan menciptakan emosional positif burhan tersebut pada kita, sebagai tuannya. coba elus-ulus bagian atas kepala burhan, jangan takut ya, justru dia menyukainya,

Bersikaplah tenang jangan tunjukan rasa panik dan keget anda di buruh hantu
Sikap seperti ini akan membuat burhan anda menjadi ikut panik dan siaga satu :) so kalem saja, kalau misal anda di gigit jangan agresif biarkan saja nanti akan di lepas sendiri oleh burhan sebab anda tidak melakukan perlawanan kalau anda panik dan agresif burung hantu tersebut akan melawan atau malah ketakutan dan panik, kang salman lebih baik di gigit dari pada si burhan panik, soalnya kalau panik dan ga betah si burhan akan stress dan seperti yang udah kang salman jelaskan di atas, kalau udah stress biasanya ga mua makan, dua hari kemudian akan mati.

Alhamdulillah, semua ilmu ini kang salman dapatkan dari pengalaman pribadi selama merawat 3 ekor burung hantu selain itu kang salman dapatkan dari wawancara kecil pada pedagang burung hantu

Demikianlah Cara Memelihara Burung Hantu
semoga bemanfaat

Baca Juga:

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman


Mau punya template kostom dan beda dari yang lain? Order segera Jasa Pembuatan Blog > Jasa Pembuatan Banner Iklan Jasa Pembuatan Logo Blog Order asksalman19@gmail.com
Dapatkan update artikel terbaru kami langsung ke email anda.
Artikel Terbaru

36 Responses to "Cara Memelihara Burung Hantu"

Anonim mengatakan...

omn kalo barn owl kira kira makan apa ya

Kang Salman mengatakan...

Kasih aja anak tikus putih

rimas hany mengatakan...

thx kang, aku juga pelihara burung hantu celepuk,, sekarang aku tau deh,,, tapi kang,, biasanya burung hantu di ajak bermain atau jalan2,, gimana itu,,

Kang Salman mengatakan...

Di ajang main aja. jangan di ajak ke tempai ramai. Burhan suka tempat sepi

Anonim mengatakan...

mas mau nanya saya berniat mau memelihara burhan tpi saya bingung masalah kandang nya,bentuk sama ukuran kandang burhan harus kaya gimana?

Kang Salman mengatakan...

kalau mau di kandangin kasih ukuran yang besar. klo yang kecil dia bakal stres dan mati.
Klo bisa sesekali bebasin dari kandang. jangan di kandangin terus

Anonim mengatakan...

oh kira2 klo emg msalnya beli kandang besar itu harga nya brapa yah kang?
klo misalnya di bebasin ntar kabur dong kang

Kang Salman mengatakan...

Untuk kandang burung ukuran terbesar 200.000 - 300.000
Enggak akan kabur, bebasinnya dalam rumah.
Burung hantu itu hewan yang setia :) klo udah sayang sama majikannya dia bakal nemenin majikannya sampe mati.
karena burung hantu itu patner bukan hewan peliharaan.
klo kita anggap dia sebagai hewan peliharaan hasilnya biasa-biasanya aja.

Anonim mengatakan...

om kira kira lebih baik burung hantu di taro di kandang atau di angkirangan ya om, thanks

Kang Salman mengatakan...

Lebih bagus di Angkirangan Sob! soalnya dia lebih bebas dan nyaman,

kalau mau nyimpen di kandang kasih ukuran kandang yang terbesar dengan diameter 40cm / tinggi 1 meter leber 80cm

Anonim mengatakan...

bang aq baru punya burung hntu. itu dksih minuk jga gagsih ?? trus gmn cara ngasihnya kok kyaknya g d minum gtu ?? trus btuh di mandiin kyak brung" laen gag ??
tolong jwbannya

Anonim mengatakan...

om , celepuk klo d kasi makan ciciak boleh ga ??

Anonim mengatakan...

kang saya mau nanya kenapa tiba2 burhan saya kaya yang kurang nafsu makan apakah itu sakit?

Kang Salman mengatakan...

1.
- Burung hantu juga butuh minum cuma sedikit, apabila burung hantu di kasih makan jankrik tidak minumnya jarang sekali mungkin sebulan 2x.

- Burung hantu perlu dimandiin seminggu sekali, biar ga bau dan biar sehat ga penyakitan, kandang juga setiap hari mesti di bersiin!. Memandikan burung hantu cukup dengan semprot-semprot dia dengan alat khusus memandikan burung. Semprot juga dia di bawah sinar matahari biar ga kedinginan.

2.
Sebenarnya jangan sob, sebisa mungkin hindari ya!

3.
Burung hantu Anda sepertinya stres, bisa akibat dari pemberian makan yang tidak teratur, atau karena lingkungan yang buat dia stress. klo beberapa hari kemudian masih sama itu burung hantu berubah jadi sakit, coba beri tetesan minyak ikan.

Anonim mengatakan...

kang mau nanya kalo barn owl masih bulu kapas ane kasih makan apa ya kang? makasih

Kang Salman mengatakan...

kasih daging tikus putih aja, tp dagingnya harus udah bersih tinggal disuapin

Anonim mengatakan...

kang mau nanya ane kan baru beli nih oriental bay owl makanan semalemnya ga dimakan kang terus ane kasih lagi nih pagi, oh iya burungnya masih suka defensve gitu kan jinakkinnya gimana ya kan? makasih butuh banget infonya kang

Anonim mengatakan...

om punya ane kan oriental bay owl lebih baik dikasih makan apa ya? makanannya kondisinya mati apa hidup? makaish butuh banget infonya akang

Kang Salman mengatakan...

kalau ngasih burung kita harus tegaan, disembelih atau di ikat kakinya biar ga bisa terbarng di patahin aja sayapnya. tapi jangan ya.. mending di iket aja :)

Kang Salman mengatakan...

Di kasih jankrik idup aja dan segar Rp 2000 untuk porsi 2 hari. Sehari di kasih 3 kali, kalau pagi, terus sekitar jam 2 siangan dan malam hari.

Kalau mau kasih daging, dia suka burung emprit, harganyanya sekarang 5000-9000/ekor.
kagan lupa di cabuti dulu bulunya kalau mau dipotong-potong!

klo di kasih burung emrit cukup satu kali aja sehari.

Kang Salman mengatakan...

@Anonim: Burung hantu besar jarang sekali makan jangkrik, burung hantu dewasa akan lebih sehat dan bertenaga kalau makan daging (burung emprit atau tikut putih).

Mengenai kisaran berapa biaya yang dikeluarkan untuk memberi pakan burung hantu ini tergantung seberapa nafsu makan burung tersebut. Namun sebagai acuan.

budget 10.000 sehari sudah cukup buat beri makan beberapa ekor tikus putih.

adam persefi mengatakan...

kang salman saya baru mau pelihara tetapi maunya nyari burung hantu yang selalu makan jangkrik,,klo udah umur 7 bulan di kasih tikus putih geli saya,klo di kasih ikan saya masih mau tapi klo tikus kagak dah.
kira-kira ada gak ya??
trus klo pakai kandang seperti kandang burung kicau bisa gak,,soalnya klo pakai kandang yg gede2 gak muat,lahannya terbatas,,dan harus keluar biaya lagi.
tolong infonya ya...

Kang Salman mengatakan...

@adam persefi: Burung hantu sampe besar pun sebenarnya masih mau makan jankrik cuma asupan protein dan gizinya kurang. Makanan favorit burung hantu adalah tikus. Tapi jika Geli bisa di ganti dengan burung emprit yang masih hidup, bila masih geli atau ga tegaan juga. Alternatif lain terakhir kasih daging sapi segar yang di iris-iris tipis. Ada baiknya membaca artikel ini dulu :

http://www.kucoba.com/2012/03/cara-memelihara-bop-yang-baru-di-beli.html

Untuk kadang dan untuk menghemat ruangan beli angkringan saja atau Adam bisa membuatnya secara manual.

Anonim mengatakan...

mas, kalo tempat beli burung hantu dimana yaaa dan kira-kira harganya berapa yaa kalo yang masih 'baby'?
oh ya kalo burhan dipelihara tanpa kandang boleh apa nggak?

ihsan mengatakan...

alo kang ane mau tanya cara bedain burhan celepuk jantan n burhan celepuk betina, siburhan kondisi udah copot bulu kapasnya alias masih kecil...

cara bedainnya gmn ia ??????

kalo udah dewasa cra bedain lewat suara dan bentuk tbuh kan, tp kalo masih kecil gmn ?????

biar kaga ketipu nih kalo mau beli...
butuh info sebanyak-banyakna gan, tentang burhan, buat pengetahuan. :)

Kang Salman mengatakan...

Klo masih kecil di liat aja sifatnya rakus makannya atau nggak :D

Klo dari ciri-ciri fisik saya belum begitu bisa membedakan, belum tanya sama pedagangnya.

Anonim mengatakan...

kang kalo burhan sya di kasih ikan - ikan kecil trs gapapa apa kang.

THRESHOLD mengatakan...

saya punya burung hantu celepuk,baiknya di simpen di dalam rumah ato di luar?terus cara ngasih minumnya gmn?brp kali sehari?

Kang Salman mengatakan...

Saya jarang melihat burung hantu minum, tapi biasanya kalau cuaca panas, dia kadang iseng minum air, tapi sedikit sekali, Burung hantu sudah mendapatkan cairan dari makanan yang dia makan. Namun menyediakan air minum merupakan persiapan yang baik.

Kang Salman mengatakan...

bagusnya sih di simpen di tempat yang adem. kalau di luar panas jangan simpen di luar.

sebaiknya jangan di kasih iklan, makanan mereka bukan iklan tapi daging tikus klo celepok jangkrik juga cukup. tapi pemberian daging merupakan bumbu wajib dalam satu bulan.

Anonim mengatakan...

gan klo burhannya matany sipit itu knp ya gan?????

Anonim mengatakan...

maaf mau nanya kalo mau beli burung hantu di depan BIP masih ada ga?

Kang Salman mengatakan...

Masih. jualan kok coba datang sore hari sekitar jam 16.00

Endy Cuervo mengatakan...

kang salman,, ane pnya oriental bay, jarang skali bersuara, paling cuma mendesah aja.. mmg sprti itu karakternya atau gmn ? trs sy kasih makannya tiap hari daging ayam.. terima kasih, mohon infonya kang

Endy Cuervo mengatakan...

oya,satu lagi kang,, burhan ane tidurnya sering kaki satu diangkat, kadang kiri, kadang kanan. (ane ga pke kandang, cm tangkringan batang kayu) mksh kang,,

Kang Salman mengatakan...

Itu merupakan hal yang biasa, dan terkadang beberapa burung hantu memiliki kebiasaan tidur seperti tersebut.

Nah untuk suara mendesah hal tersebut bisa jadi ada makanan yang tersangkut sehingga membuat nafas dia menjadi berat, jika burung hantu nya masih kecil lebih baik beri makanan yg di potok potong kecil.

Poskan Komentar