7 Manfaat Jus Buah Yang Berkhasiat Tinggi

Sabtu, 17 Desember 2011
7 Manfaat Jus Buah Yang Berkhasiat Tinggi - Saat lagi jajan baso atau makanan lainnya Anda tentu sangat suka melengkapi menu jajanan Anda dengan minuman Jus. Selain rasanya yang enak dan alami Jus pun ternyata semakin minuman favorit kita sekarang ini bukan hanya orang dewasa tapi anak kecilpun sangat menyukainya.

Kang salman menemukan sebuah info bagus yang di kemukakan oleh Claire Bates dalam Daily Mail menuliskan bahwa para ilmuwan telah menemukan khasiat jus delima yang kaya anti oksidan baik untuk jantung. Hanya dengan minum 1 gelas/hari dapat memperbaiki aliran darah sebesar 1/3.

Selain manfaat jus buah delima di atas terdapat juga 7 jus buah berkhasiat yang memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu :


1. Khasiat jus delima

Manfaat : membantu jantung, dimana jus delima ini kaya anti oksidan yang membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Jus delima ini juga dihubungkan dengan pencegahan terjadinya kanker prostat.

Jus ini dilengkapi dengan vitamin A, C dan E serta asam folat yang penting padatahap awal kehamilan.


2. Khasiat jus jeruk

Manfaat : untuk sistem kekebalan, proteksi terhadap anemia. Sumber yang palingbaik dari vitamin C dan juga sumber asam folat, sehingga wanita hamil sebaiknya meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Minum jus jeruk dengan makanan meningkatkan ambilan besi untuk proteksi terhadap anemia. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk/hari, ternyata juga membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis).


3. Khasiar jus grapefruit (buah anggur)

Manfaat : untuk sistem kekebalan. Kaya akan vitamin C, buah grapefruit merupakan sejenis jeruk dan oleh karena itu kaya akan beta-karoten. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tetapi penggunaannya dihindari pada saat kita sedang dalam medikasi. Jus grape fruit mengandung suatu substansi yang dapat memperlambat pemecahan beberapa obat. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah obat dalam aliran darah, sehingga meningkatkan efeknya.


4. Khasiat jus apel

Manfaat : untuk energi; proteksi jantung. Kaya akan flavonoid yang membantu melindungi jantung. Memiliki 1/3 kadar vitamin C jus jeruk. Mengandung banyak gula fruktosa.

Tetapi penggunaannya dihindari pada anak-anak, karena dapat menyebabkan keluhan gangguan lambung.


5. Khasiat jus nanas

Manfaat : untuk pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain, yang membantu mencerna protein dan buah ini juga mengandung gula alamiah untuk meningkatkan energi. Mengandung 11 mg vitamin C/100 ml.


6. Khasiat jus tomat

Manfaat : Untuk menguruskan badan; kesehatan pria. Jus untuk menguruskan ini hanya mengandung 50 kalori/250 ml. Jus tersebut juga mengandung bioflavonoid yang membantu memperkuat pembuluh darah kapiler, jadi tidak menimbulkan kebocoran pada pembuluh darah dan pembentukan kantong yang mengandung air pada kulit yang menyebabkan selulit. Dan kandungan likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan penurunan resiko terjadinya kanker prostat.

Tetapi penggunaannya sebaiknya dihindari pada individu dengan tekanan darah tinggi, karena jus tomat mengandung kadar garam yang tinggi.

7. Khasiat jus cranberry

Manfaat : Mencegah terjadinya sistitis (radang buli-buli). Proanthocyanidin dalam jus cranberry menghentikan perlekatan bakteri yang berbahaya pada dinding buli-buli, dengan demikian menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

Jus ini mengandung vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi, dan jus ini dijual dengan penambahan gula, karena rasanya pahit tanpa penambahan gula tersebut.

Penggunaannya dihindari pada pasien-pasien yang menggunakan obat anti pembekuan darah yaitu warfarin. Hal ini dikemukakan oleh The Committee on Safety ofMedicines, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.


Demikianlah 7 Manfaat Jus Buah Yang Berkhasiat Tinggi bagi kesehatan. Ingat jangan menimum jus buah lebih dari 1 gelas sehari! karena penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association ini menemukan bahwa mereka yang meminum jus buah lebih dari tiga gelas sehari lebih cenderung mengembangkan kanker dubur, salah satu bentuk kanker usus.


Para peneliti percaya bahwa kandungan gula yang tinggi dalam jus dapat memicu berkembangnya sel kanker. Mereka juga mengatakan bahwa banyak zat yang hilang ketika jus diproses seperti serat, vitamin C, dan anti oksidan. Padahal, zat-zat tersebut dapat mencegah munculnya kanker.

Refensi:
-  Daily Mail
-  Vivanews

Baca Juga:

Mau punya template kostom dan beda dari yang lain? Order segera Jasa Pembuatan Blog > Jasa Pembuatan Banner Iklan > Jasa Pembuatan Logo Blog Order asksalman19@gmail.com 
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Artikel Terbaru

1 Responses to "7 Manfaat Jus Buah Yang Berkhasiat Tinggi"

Deindra mengatakan...

Jus semangka ga ada gan..? padahal ane paling suka jus semangka tuh...nice info..thanks.