Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Mudah - Belajar Memetakan Masalah
Advertisement:
Cara Menyelesaikan Masalah
  Lihat Juga :
Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Mudah - Belajar Memetakan Masalah. Setiap orang punya masalah yang rumit dalam hidupnya dan tidak banyak orang memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi masalahnya. Hal tersebut di sebabkan kemampuan orang dalam memetakan masalahnya.Melalui artikel ini saya mengulas sebuh tips mengenai cara mengubah masalah serius menjadi ringan dengan cara memetakan masalah.

Hallo sahabat kucoba setiap masalah pasti ada penyelesaiannya, yakin deh! Seperti kita ketahui bersama  semua orang pasti punya masalah, namun kadarnya saja yang berbeda.  Kamu harus percaya kalau setiap masalah pasti ada solusinya, karena memang cobaan atau masalah yang di dapatkan tidak akan mungkin melebihi kemampuan dirinya sendiri, hanya saja kita belum tau bagaimana cara menyelesaikannya. Karena itu kita perlu bantuan orang lain untuk mengingatkan kita tehadap sesuatu yang tidak kita lihat tapi orang lain melihatnya.

Apa hal pertama yang harus dilakukan ?
Anda harus dalam keadaan rilex dan tidak sedang tersulut emosi, (marah, sedih, cemburu, dll). Selama perasaan anda masih beremosi kang salman rasa akan sulit sekali buat Anda mencari jalan keluar yang baik untuk masalah Anda.

Manajemen Masalah
Sebagai salah seorang yang mengambil jurusan manajemen kang salman percaya kalau masalah dapat di urutkan dan di atur mana yang lebih dulu di utamakan. Walaupun Anda bukan orang manajemen, saya percaya anda dapat memanajemenkan masalah berdasarkan tingkat kekrisisan. Manajemen masalah sangat penting karena fungsinya adalah mengatur dan mengendalikan masalah satu dengan yang lain agar tidak tercampur baur.

Hindari Masalah Yang Tercampur Baur.
Masalah yang tercampur baur bukan hanya memusingkan tetapi juga sangat berbahaya, sebab hal seperti ini akan menimbulkan konflik yang lebih dalam, sehingga akan sulit dan cukup lama mencari penyelesaian masalahnya.

Petakan Masalah
Inilah langkah terkahir yang harus kita lakukan, sebuah masalah akan lebih mudah diselesaikan bila di simpan di tempat yang khusus. Coba ibartkan hardisk, folder, dan data.
Hardisk = Otak
Folder = Tempat
Data = Masalah

Dengan membuat pemetaan masalah seperti itu kita dapat mencari solusi yang cocok untuk setiap masalah dengan catatan kita tahu betul posisi data dan foldernya di taruh di mana di otak kita. Bila ini sudah anda lakukan manajeman masalah akan menjadi lebih ringkas dan praktis sehingga tidak tercampur baur dan bila seperti itu masalah akan dapat lebih cepat di selesaikan.

Langkah-Langkah Menyelesaikan Masalah
Seperti yang pernah kang salman ulas sebelumnya di posting dulu, Kita kadang tidak dapat melihat pada diri kita sendiri sehingga butuh bantuan orang lain untuk mengingatkannya. Maka dari itu coba tanyakanlah pada teman, saudara, atau orang terdekat kita. Setiap pendapatnya dapat menjadi masukan buat Anda, namun keputusan final tetap ada di tangan Anda, mereka hanya membantu mengimput data saja.

Anda masih tidak percaya dengan kata-kata saya ? baik kang salman akan beri sedikit contoh.
Anda pasti tau permainan catur bukan ? Coba anda menjadi penonton dan perhatikan taman Anda bermain.
Saya yakin pasti anda mengetahui jalan selanjutnya sedangkan teman Anda yang sedang bermain mengalami kesulitan tidak tau bidak catur mana yang harus di pindahkan saat terdesak. itu sebagai bukti kalau menjadi penonton itu sangat efektif karena Anda di luar dari wadah atau masalah tersebut sehingga bisa berpikir secara lepas dan terbuka.


Kang Salman beri contoh lagi, kali ini dalam permainan bola saja, karena kang salman yakin hampir semua manusia di planet ini suka sepak bola.
Suatu saat sebut saja Boaz Salosa, sedang membawa bola dia berlari melewati pertahanan lawan dan juga dia berhasil menipu goal kiper sehingga hanya dia sendiri dan gawang tanpa penjagaan. Lalu dia menedang bola saat itu juga, apa yang terjadi? Tenyata bola tersebut tidak masuk ke gawang dan terbang entah kemana. Pasti jika anda suporter bola di lapangan dan di rumah yang nonton lewat televisi akan bilang bego, bodo, dan cacian yang lain sebagainya karena gitu aja tidak masuk apalagi udah ga ada pertahan dan goal kiper.

Perlu anda ketahui, situasi di lapangan itu berbeda dengan apa yang semua orang lihat. Banyak faktor yang membuat boaz salosa gagal mencetak gool pada saat tersebut, mungkin tegang, dan arah tendangan yang tidak stabil.

Begitupun dalam sebuah penyelesaian masalah, situasi sebenarnya itu lebih sulit dari pada orang lihat, karena itu yang dapat menyelesaikan masalah bukan orang lain tapi Anda lah sendiri karena Anda yang lebih tau masalah sebenarnya yang lebih dalam yang tidak di ketahui orang lain.

Ayo mulailah menyelesaikan masalah dari hal yang paling kecil lebih dulu, kemudian bertahap menuju masalah yang lebih besar dan serius.

Itulah Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Mudah - Belajar Memetakan Masalah
Tulisan ini kang salman tulis berdasarkan pengalaman sendiri, tidak lupa terima kasih untuk Akbar atas masukannya. Kalau tulisan ini di copas lagi ,ya mungkin saya ketawa lagi wkwkkwk
Belajar nulis atu...!

Baca Juga :

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman


Mau punya template kostom dan beda dari yang lain? Order segera Jasa Pembuatan Blog > Jasa Pembuatan Banner Iklan > Jasa Pembuatan Logo Blog Order asksalman19@gmail.com 
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  
Advertisement:
Judul : Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Mudah - Belajar Memetakan Masalah Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle