10 Tips Mengemudi Yang Aman - Menyetir Mobil
Advertisement:
Tips Mengemudi yang aman10 Tips Mengemudi Yang Aman - Menyetir Mobil - sahabat kucoba sering kali, kita membahayakan diri kita saat kita sedang berkendara. Misalkan melakukan kegiatan kecil yang berakhibat memecah konsentrasi pada saat kita menyetir atau melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Berikut ini redaksi kucoba akan mengulas beberapa hal penting yang sering dilupakan oleh pengendara ketika menyetir mobil.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyetir Mobil :

jangan makan saat mengemudi

1. Menyetir sambil makan
Hal ini kerap kali dilakukan oleh pengendara yang tidak ada waktu untuk sarapan dan sedang terburu-buru menju kantor. Saran dari kami adalah tahan sejenak keinginan untuk makan atau hentikan mobil dan cari tempat untuk makan. Bisa di warteg, rumah makan, atau di tempat lainnya yang nyaman untuk mengisi perut yang kosong, sejelek-jeleknya tepikanlah mobil sejenak lalu makanlah dengan satai di kursi mobil Anda. Kalau keduanya tidak bisa, usahakan bangun pagi dan berikan waktu pada anda sendiri untuk sarapan.ok?



2. Menyetir sambil make-up (girls only)
Biasanya ini dilakukan oleh wanita karir yang baru merintis kerja di suatu perusahaan/kantor atau bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengejar part-time atau pergi ke kampus. Walaupun memang cuma memakai lipstik atau bedakan, pasti mata konsen ke kaca dan tidak konsen terhadap jalanan yang mungkin di depannya ada orang yang sedang menyebrang atau ada kendaraan yang mengerem mendadak. Jadi, jangan melakukan hal ini lagi ya. Saran dari kami ya make-up nya bisa di tempat kerja / kampus dengan dalih mau ke toilet sebentar.

jangan membaca saat sedang mengemudi

3. Menyetir sambil baca buku, koran, majalah, dll
Hal ini bisa membuat mata dan pikiran kita konsentrasi ke buku/koran/majalah tersebut. Jadi bisa terjadi kecelakaan juga karena hal ini. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk mendapatkan informasi dengan baik tanpa harus membahayakan keselamatan anda dan orang lain. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan saat Anda terjebak kemacetan yang sangat parah.

mengantuk sambil mengemudi sangat bahaya

4. Menyetir selagi terasa kantuk
Seperti banyak imbauan mengenai hal ini, ketika kita sedang merasa kantuk lebih baik kita beristirahat sejenak atau bisa dicoba dengan meregangkan otot-otot yang kaku, dengan cara ini diharapkan saraf-saraf yang membuat rasa kantuk datang akan mereda dan menjadikan kita fresh kembali.

saat mengemudi jangan sambil menelepon bahaya

5. Menyetir sambil menelpon
Saya pernah membaca suatu artikel bahwa ketika kita sedang menelpon/ditelpon orang pada saat menyetir (baik langsung ditempelkan di telinga atau hands-free) otak kita akan lambat dalam merespon keadaan lingkungan. Hal ini akan berakibat bahaya bagi orang lain. Jadi, usahakan HP anda dalam keadaan non-aktif/silent pada saat berkendara. Walaupun ada hal urgent yang sedang terjadi, usahakan jangan menerimanya terlebih dahulu atau anda bisa berhenti sejenak dengan menepikan kendaraan anda lalu anda bisa menerima panggilan tersebut.

jangan sms-an saat menyetir

6. Menyetir sambil sms-an
Hal ini akan membuat mata kita tidak konsentrasi ke jalanan. Pasti anda tau akan bahaya hal ini. Jadi jangan coba-coba.

larangan menggunakan kacamata untuk gaya saat mengemudi, bahaya

7. Menyetir pake kacamata untuk gaya
Hal ini akan menghalangi jarak pandang kita. Kalau silau, coba pakai kacamata yang agak gelap atau dengan memakai penghalang matahari yang biasanya ada di bagian atas (namanya saya lupa..^^)

merokok sambil mengemudi bahaya

8. Menyetir sambil merokok
Merokok akan membuat kita buka kaca, dan membuat kita tidak konsentrasi karena harus buang abu rokok secara terus menerus dan yang pasti membuat bumi makin panas akibat karbon dioksida yang dikeluarkan asapnya.

selalu gunakan sabuk pengaman

9. Menyetir tanpa Seatbelt
Terkadang memang membingungkan melihat orang-orang yang menyetir mobil dan tidak memakai seatbelt. Padahal kita semua sudah tahu akan manfaat dan fungsi dari seatbelt. Sudah banyak pengendara mobil diselamatkan karena seatbelt dan tidak sedikit pula yang meninggal karena tidak menggunakan seatbelt. Kami tahu bahwa anda adalah orang yang berpendidikan dan tahu mana yang bermanfaat untuk anda.

mabuk saat mengemudi sangat bahaya

10. Menyetir dalam keadaan mabuk ringan, mabuk berat, dll.
Hal ini sangat fatal dan sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang dalam keadaan mabuk ringan atau berat berkendara mobil. Ini akan membahayakan nyawa anda sekaligus membahayakan pengendara lain.

Update:
11. Dilarang saat sedang sakit
Memaksakan diri untuk menyetir saat sedang sakit bisa sangat berbahaya apalagi sakit tersebut sesuatu hal yang menggangu misalnya bersin-bersin, batuk-batuk, diare, dan sebagainya. Jika Anda sakit sebaiknya istirahat, namun jika diharuskan ke kantor coba naik angkot atau taxi.

Pesan kami:
SAYANGI DIRI ANDA DAN KELUARGA ANDA YANG MENANTI DI RUMAH DENGAN MENYETIR MOBIL SECARA AMAN


10 Tips Mengemudi Yang Aman - Menyetir Mobil


Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : 10 Tips Mengemudi Yang Aman - Menyetir Mobil Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle