Burung Hantu Celepuk Siau - Burung Hantu Asli Sulawesi Utara
Advertisement:
burungBurung Hantu Celepuk Siau - Burung Hantu Asli Sulawesi Utara - Burung hantu jenis celepuk siau atau dalam Bahasa Inggris Siau Scops-owl (Otus siaoensis) adalah salah satu burung langka dan terancam punah di dunia.
Burung celepuk siau adalah burung yang berasal dari sebuah pulau kecil bernama Siau di Kabupaten Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara. Burung yang masuk dalam kategori keterancaman tertinggi, Kritis (Critically Endangered) ini tidak lagi pernah terlihat kembali sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1866.
Sama halnya dengan burung hantu lainnya, celepuk siau lebih aktif di malam hari terutama untuk berburu mangsa. Di siang hari, celepuk siau banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat.

Burung celepuk siau mempunyai ukuran tubuh yang relatif kecil, panjangnya sekitar 17 cm, dan memiliki ukuran kepala dan sayap yang relatif besar.

Habitat burung burung celepuk siau hanya terdapat di pulau Siau di Kabupaten Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Dan banyak ditemukan di sekitar Danau Kepetta dan di sekitar Gunung Tamata yang berada di bagian tengah Pulau Siau. Meskipun data tentang populasi tersebut tidak akurat karena hanya berdasarkan pengakuan masyarakat sekitar.

Dewasa ini burung siau jarang ditemukan, bahkan penampakan visual burung ini secara langsung tidak pernah terjadi lagi sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1866. Langkanya celepuk siau karena habitatnya berkurangnya akibat deforestasi hutan untuk pemukiman maupun lahan pertanian.
Meskipun termasuk sebagai salah satu burung yang paling langka dan terancam kepunahan tapi ternyata burung ini tidak termasuk dalam salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia.
Padahal burung ini menjadi incaran para penggemar Burung dan peneliti dari seluruh penjuru dunia.
Organisasi sebesar UICN Redlist bekerja sama dengan Birdlife Internasional pernah mengadakan penelitian keberadaan burung celepuk siau ini pada 1998.

Namun survey selama 32 hari itu tidak berhasil menemukan data keberadaan burung langka ini, kecuali hanya memperoleh hasil wawancara dengan masyarakat setempat. (Dari Berbagai Sumber : DKD)

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Strigiformes; Famili: Strigidae; Genus: Otus; Spesies: O. siaoensis (referensi : id.wikipedia.com)




Lihat Juga :

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Burung Hantu Celepuk Siau - Burung Hantu Asli Sulawesi Utara Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle