Cara Mencegah Rambut Beruban Secara Alami

Kamis, 12 Januari 2012
Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami - Air Kelapa, adalah limbah penuh khasiat
air kelapa sering kali diasumsikan sebagai limbah. Padahal, ia memiliki khasiat dan nilai gizi yang tinggi. Contohnya, selain bisa menyegarkan di kala dahaga, air kelapa juga bisa dibuat sebagai nata de coco, pengganti ion tubuh alami dan kecap.

cara mengatasi rambut beruban
ilustrasi: kucoba.com
Bagi masyarakat Indonesia, nata de coco masih terbilang baru. Namun, banyak orang menggemari minuman ini. Sebab, nata de coco dapat dikonsumsi sebagai minuman segar. Nata de coco dikonsumsi sebagai campuran koktail, es buah, maupun pengganti kolang-kaling.

Selain digunakan untuk nata de coco, air kelapa juga dimanfaatkan dalam pembuatan kecap. Dengan mencampur air kelapa, kedelai, gula merah, bawang putih, kemiri, daun salam, lengkuas, kluwak, serta natrium benzoat, kecap bisa didapat. Yang tak kalah menarik, air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional dan kecantikan.

Sebenarnya air kelapa kaya gizi. Tidak hanya unsur makro, tetapi juga unsur mikro. Unsur makro yang terdapat pada air kelapa adalah karbon dan nitrogen.
Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogen berupa protein, tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin, dan serin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut di antaranya Kalium (K), natirum (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S).

Jika diteliti lagi, dalam air kelapa juga terdapat berbagai vitamin. Sebut saja vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, biotin, riboflavin, dan sebagainya. Jadi jelaslah bahwa air kelapa mengandung unsur makro dan mikro yang cukup lengkap.

Manfaat Air Kelapa Mencegah Uban
Air kelapa hijau dicampur dengan satu sendok teh garam. Gunakan untuk mencuci rambut guna mencegah tumbuhnya uban.

sumber rujukan : kompas.com, majalah femina

Mengolah Ramuan Tradisional Untuk Menghilangkan dan Mencegah Uban / Rambut Beruban :
MASIH muda sudah beruban? Tentu hal ini tidak Anda harapkan. Tetapi, masalah uban ini tidak ada yang mampu mencegah kemunculannya, bila sudah menjadi dikehendaki Allah. Namun, Allah memberikan kebebasan kepada kita untuk berikhtiar, agar dapat mengatasi kesulitan-kesulitannya, termasuk mencegah tumbuhnya uban sebelum waktunya.
Caranya :
Di sini kita memerlukan hati ayam 2 potong, ragi kue 2 sendok teh dan kecap secukupnya.
Awalnya hati ayam dipanggang, seperti sate, kemudian campurkan dengan ragi kue sebanyak 2 sendok teh. Bubuhi kecap secukupnya, biarkan sejenak. Setelah seperempat jam kemudian dimakan. Lakukan kebiasaan makan hati ayam ini setiap dua atau tiga hari. Insya Allah uban di kepala tidak akan muncul.

Cara Mencegah Ubanan.
Mencegah rambut ubanan dapat dilakukan dengan melalutkan satu sendok teh garam dapur dalam air kelapa hijau segar. Gunakan setelah keramas. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit di kepala sambil dipijat-pijat. Bilas dengan air bersih.

Membuat Sampo Alami
Pakailah air santan kelapa,  ambil juga dagingnya lalu dicampur dengan santan, tambahkan air nanas, air jeruk nipis. Pakailah untuk keramas 2x seminggu.

CEGAH UBAN DENGAN BIJI PEPAYA
Biji papaya bermanfaat untuk mengatasi rambut ubanan sebelum waktunya. Caranya sangrai 30 gram biji papaya, tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendokmakan minyak kelapa, aduk rata. Oleskan rata pada rambut, biarkan selama 1-2 jam. Cuci bersih rambut. Lakukan 1 kali seminggu

Silakan dicoba tips diatas dengan bijak, jika di lakukan secara teratur insya Allah rambut ubanan dapat di cegah dan di atasi, Semoga tips Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami di atas bermanfaat.

Lihat Juga:

Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru

2 Responses to "Cara Mencegah Rambut Beruban Secara Alami"

cahyo tutorial mengatakan...

itu khusus buat cewek atau cowok bisa, rambut cewek dan cowokan beda..

Anonim mengatakan...

Sebagai sesama pemerhati rambut uban..mantab tulisannya. dan saya percaya uban bisa di atasi seperti dengan JETTSTREE HAIR MASK , inovasi terbaru dari herbal untuk mengatasi rambut uban