2012-02-12
Oleh - Kang Salman

Sebuah Rasa Indah Saat Kita Saling Berbagi

Sebuah Rasa Indah Saat Kita Saling Berbagi
Advertisement:
aku blogger
dok. google img
Sebuah Rasa Indah Saat Kita Saling Berbagi. Kamu sedang apa hari ini sob? kalau kang salman sendiri saat ini sedang menahan kantuk. Rasa kantuk yang mendalam karena lelah perjalanan setelah pulang dari restoran makan malam bersama someone.. hehe disertai rasa kenyang, makin mantap deh kalau langsung bobo, eit tapi jangan langsung bobo sob kalau habis makan, bisa buncit loh perutnya...

Alhamdulillah sob setelah 2 tahun terjun ke dunia blog kehidupan finansial saya lebih baik. Saya bisa membantu ke 2 orang tua saya saat kesulitan, saya bisa makan dimanapun saya inginkan, saya juga bisa membeli barang apapun yang saya ingin kecuali mobil dan rumah sob, karena memang saat ini belum mampu melel hehe moga-moga ntar bisa ya :)

Oke hari ini kang salman mau nyoba gaya tulis yang berbeda. Mengenai manfaat blogging.

Sampai saat ini pekerjaan seorang blogger selalu dianggap remeh dan tidak diakui oleh negara. Di KTP sendiri tidak ada pengakuan sob. Saat saya ngurus NPWP aja ga ada di daftarnya pekerjaan blogger. Saya yakin hal ini bukan hanya dikeluhkan oleh saya tapi juga dikeluhkan oleh para blogger pro lainnya. Butuh waktu 2 tahun lebih saya meyakinkan ke dua orang tua saya, kalau menjadi blogger itu adalah sebuah pekerjaan.

Perlu di ketahui kalau pekerjaan ini bukanlah hal yang ringan, tetapi sebenarnya berat karena kita disini di tuntut untuk mempunyai karakter dan ciri khas tersendiri serta menguasai beberapa bidang ilmu sekaligus

1. Jurus Silat Jari
Ilmu yang tidak bisa di dapat secara instan tetapi butuh proses yang panjang, saya sendiri menemukan ilmu ini setelah 1 tahun lebih berkecimpung dalam dunia menulis yakni blog yang sedang Anda baca ini.

2. Jurus SEO
Ilmu yang tidak bisa didapatkan secara instan juga sob, butuh waktu 6 bulan lebih penuh yang mendalami basicnya, kang salman saat ini masih belajar sob, walaupun dulu pernah menang disalah satu kontes seo tapi saya katakan itu sebuah kebetulan saja, sambil menyelam minum air untung ga tenggelem :D

3. Jurus Desain
Ilmu ini menitik beratkan pada karakteristik situs kita yang unik dan tidak pasaran membuat pengunjung akan selalu teringat - ingat akan situs kita. dan bukan tidak mungkin akan kembali lagi karena merasa nyaman berada disitus kita. Desain juga sangat penting sob. Karena sebuah desain situs itu menyangkut Brand atau Merek Jual situs itu sendiri. Sebagai gambaran situs kang salman ini tidak memiliki pengunjung yang sangat banyak paling hanya kurang lebih hanya 10.000 sehari. Tapi Puji Syukur pada Allah SWT advertiser selalu percaya dan antri untuk beriklan di web-blog kucoba.com

Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada situs salah satu kesayangan kang salman idblogmaker.com yang telah merombak dan memodifikasi situs ini sedemikian rupa selama 2 bulan, dengan harga Rp 1.000.000 yang di keluarkan redaksi kucoba, situs ini menjelema menjadi web-blog yang di perhitungkan di Indonesia baik dari segi manajemen, search engine dan juga visual.

4. Jurus Pemasaran
Ini dia yang sangat penting sob, percuma punya jurus SEO atau Desain Ciamik tapi kita tidak pandai memasarkan dan menjual blog kita ke advertiser. Jika ingin mencari advertiser Individual sih tidak masalah, kita hanya perlu menaikan trafik, kalau sudah besar otomatis advertiser akan datang dengan sendirinya..
tapi kalau sudah besar masih sepi advertiser? itu karena kita tidak memiliki jurus pemasaran.

5. Jurus Manajemen
kang salman berpedapat Blog = Perusahaan.
Yeah benar blog kita adalah perusahaan kita, tempat kerja kita, dan kantor kita. Lalu kita siapa dan posisi kita dimana? Kita itu Pemilik kan? oh bukan sob, kang salman tidak sependapat dengan itu. tapi saya tidak melarang bila Anda berpedapat seperti itu.

Namun sebelumnya ketahuilah alasan mengapa saya tidak sependapat.
Blog = Perusahaan
Kita pegawai perusahaan (karyawan) bukan pemilik blog karena saya memposisikan kucoba.com seperti itu perusahaan.
Saya bekerja setiap hari di kucoba.com dan idblogmaker.com dan saya di gaji kecil untuk semua pekerjaan saya lakukan sedangkan semua penghasilannya saya gunakan untuk perawatan situs dan kegiatan sosial.

Jika ingin blog (perusahaan) kita maju, apa yang harus dilakukan?
syaratnya kita harus bekerja keras, memunculkan inovasi baru, terus belajar, mengamati pesaing yang pantas di jadikan rival. kang salman sendiri menjadikan dikutip.com sebagai rival untuk situs kucoba.com
Seorang rival bukan berarti harus saling menjatuhkan dan mencuri gagasan dan ide orang lain. Tapi rival adalah sesuatu teman/sahabat yang kita jadikan motivasi untuk melebihi apa yang telah dia lakukan.

Kembali ke laptop...! hehehe tukul dong..
Anda berkerja untuk blog dan perusahaan Anda. Jika ingin Gaji besar maka  kita harus padai-padai meningkatan penjualan. karena itulah dibutuhkan manajemen ke dalam dunia blog. Pengelolaan blog yang asal-asalan berakibat efek phsikitis seperti kejenuhan / gila blogging / sedikit tidak waras / tidak pernah puas / tidak pernah bersyukur dengan apa yang telah kita miliki dan dapatkan. terakhir akan kehilangan cinta dalam artian tertentu.

Kesimpulan:
Menjadi blogger pro itu tidak sulit sob, kang salman sendiri belajar itu semua secara otodidak, karena dulu komunitas blogger belum se eskis sekarang.
Mungkin 5 jurus di atas kurang memuaskan menurut Anda, tapi kang salman berharap Anda dapat menggunakan intuisi dan improvikasi.

Langkah terakhir dan terpenting adalah jangan lupa berdoa dan jangan lupa membayar zakat penghasilan ya..
Percaya deh dengan menyisikan penghasilan kita bukannya berkurang malah semakin bertambah.


Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Sebuah Rasa Indah Saat Kita Saling Berbagi Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle