2012-02-03
Oleh - Kang Salman

Syarat Sehat Konsumsi Mi Instan

Syarat Sehat Konsumsi Mi Instan
Advertisement:
Cara Konsumsi Mi Instan Yang Sehat. Syarat Sehat Konsumsi Mi InstanSyarat Sehat Konsumsi Mi Instan - Terinspirasi oleh tulisan Gustia Martha Putri di Okezone mengenai tips sehat dalam konsumsi mi Instan, kang salman akan sedikit berbagi opini dan sedikit wawasan mengenai cara bagaimana menimati mi instan dengan sehat.

"Mi instan dikatakan tinggi lemak dikarenakan dalam proses produksinya melalui tahap penggorengan yang melibatkan banyak minyak. Sedangkan minyak untuk menggoreng itu sendiri sarat lemak jenuh yang memiliki efek buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi terlampau banyak," tutur Prof C Hanny Wijaya, seorang ahli gizi dari IPB di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Sedangkan persepsi akan kadar garam yang tinggi pada mi instan itu sebenarnya lebih kepada sodium yang ada pada bumbunya tersebut.

"Kadar sodium pada sebungkus mi instan umumnya 750-1270 miligram untuk setiap dihidangkan. Tubuh manusia dalam satu hari tidak boleh lebih dari 300 miligram. Sementara setiap makanan yang kita asup mengandung sodium sehingga yang diasup berlebih daripada yang diperlukan," lanjut Prof Hanny.

Makan mi akan membuat perut cepat kenyang karena itu bisa membuat malas untuk mengonsumsi sumber gizi lainnya, seperti sayur dan buah. Hal inilah yang cenderung tidak baik bagi tubuh manusia.

"Jadi, makan mi bisa tetap sehat asal tetap mengonsumsi sumber-sumber gizi lain," saran Susana STP MSC PD Eng selaku Head of Nutrifood Research Center Division.
(tty)

My Opini: Kang Salman sendiri adalah penggemar berat mie dan baso, hampir setiap hari memakannya. Memang sulit untuk menghentikan hoby makan Mie ini dan saya rasa pembaca juga sependapat dengan saya. Mengenai trik sehat alami agar tubuh sehat karena banyak makan mie, perbanyaklah makan buah-buahan dan gizi lainnya, banyak minum air putih serta berolahraga teratur. Berolahraga dapat mengeluarkan keringat, yang membantu mengeluarkan zat garam yang ada di dalam tubuh. Mengurangi kadar sodium yang berlebihan di dalam tubuh untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Selain itu dengan banyak minum air putih dan olahraga teratur membantu ginjal kita untuk selalu sehat dan menyaring darah dengan baik.

Nah sabahat kucoba, semoga artikel ini bermanfaat ya..

Penulis Syarat Sehat Konsumsi Mi Instan
Kang Salman

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Syarat Sehat Konsumsi Mi Instan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle