Tips Mengobati Muka Merah / Muka Tomat

Kamis, 02 Februari 2012
Tips Mengobati Muka Merah, Muka Tomat
Tips Mengobati Muka Merah Muka Tomat (dok. Corbes)
Tips Mengobati Muka Merah Muka Tomat. Kulit muka atau wajah sering kali tiba-tiba memerah atau yang sering dikenal dengan muka tomat. Hal ini biasanya disebabkan oleh sinar trik matahari atau dapat pula terjadi akibat efek dari penggunaan kosmetik. Muka tomat ini memang sangat mengganggu proses periasan wajah, dan memang seharusnya pada saat muka memerah atau muka tomat jangan sampai Anda menggunakan 'make up' yang berlebih.

Untuk mengobati muka memerah atau muka tomat, sebaiknya dilakukan secara alami. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Diamkan muka sampai terasa agak dingin setelah muka terkena sinar matahari. Jangan membasuh muka secara langsung setelah terkena sinar matahari.
  2. Setelah muka agak dingin, cucilah muka dengan air hangat dan tanpa menggunakan sabun pembersih wajah, jangan terlalu panas, air hangat suam-suam kuku saja, kemudian keringkan wajah dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk, jangan digosok-gosok karena ini akan menambah muka menjadi merah atau matang.
  3. Ambil bengkoang yang kematangannya cukup. Jangan yang masih muda, karena kandungan airnya terlalu banyak. Dan menurut pengalaman saya, menggunakan bengkoang yang masih muda kurang memuaskan hasilnya.
  4. Kupas bengkoang, cuci, diamkan dulu sebentar untuk menurunkan air sisa cuci bengkoang.
  5. Parut bengkoang dan sebaiknya parutan yang digunakan disiram atau direndam terlebih dahulu dengan air panas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kuman-kuman yang terjangkit pada parutan.
  6. Tempelkan atau maskerkan bengkoang pada wajah secara merata.
  7. Diamkan kurang lebih selama 30 menit atau sampai kering.
  8. Basuh wajah dengan air hangat yang hampir mendekati dingin, kemudian tepuk-tepukan air dingin dengan menggunakan lap lembut atau kapas. Diamkan sampai kering, dan sebaiknya setelah melakukan masker ini, Anda langsung tidur.
Ini dilakukan agar wajah kembali rileks, segar, dan membantu proses penyerapan nutrisi dari bengkoang. Selamat mencoba tips ini ya, mudah-mudahan bermanfaat. See you on next tips



Lihat Juga:

Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru

1 Responses to "Tips Mengobati Muka Merah / Muka Tomat"

ASAZ mengatakan...

aku kira bengkuang hanya untuk rujak 7 bulan doang, ternyata bisa buat muka