Review Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan

Kamis, 08 Maret 2012
Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan. Seperti yang sudah diketahui secara luas, lampu HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan nama lampu Xenon mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas yang tinggi.

Untuk tingkat keterangan warna dari lampu HID ditentukan oleh satuan derajat Kelvin (K). Sedangkan untuk menyalakan lampu HID diperlukan Ballast yang merupakan alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase lampu termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik.

Jenis/Tipe Lampu HID
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis lampu HID dari berbagai merk / tipe dengan kualitas yang berbeda-beda, produksi dan penggunaannya pun saat ini tidak hanya untuk mobil melainkan motor pun sudah bisa. Karena banyak merk dan kualitas yang berbeda-beda inilah kita harus jeli dalam memilih lampu HID untuk diaplikasikan pada kendaraan, terutama buat pengguna mobil.

Untuk jenis/tipe lampu HID yang beredar dipasaran, umumnya terdiri dari lampu-lampu model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya ada pada kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu.

Tingkat keterangan warna
Lampu HID punya banyak tingkat keterangan yang ditentukan berdasarkan satuan derajat Kelvin (K) dan setiap nilai memiliki warna sinar lampu yang berbeda-beda. Berikut adalah macam warna berdasarkan tingkat derajat Kelvin (K)

* 4300K Kuning
* 5500K Putih agak kuning
* 6500K Putih
* 8500K Putih-biru
* 10000K Biru agak ungu
* 12700K Ungu
* 15000K Pink

Memilih Lampu HID
Untuk memilih lampu HID secara benar sangat mudah. “Yang harus dicermati, apabila pada lampu terdapat ballast sudah dipastikan memakai lampu HID” ungkap Didi, juragan dari Circuit, salah satu distributor dari lampu HID dibilangan Pasar Mobil Kemayoran ini. Selain itu juga “Untuk memilih lampu HID yang tepat sebaiknya lebih memperhatikan faktor fungsional kegunaan dari lampu HID tersebut baru faktor fashion” imbuhnya.

Lampu HID terkenal dapat tahan lama dan biasanya apabila ada kerusakan yang diganti hanya pada pada bagian yang mengalami kerusakan saja jadi tidak perlu untuk mengganti seluruh komponennya. Tapi tentu saja harus dicek terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan. Untuk kisaran harga di Circuit yang bertindak sebagai salah satu distributor lampu Xenon HID merk Provision, Didi mematok harga ±2.7 juta untuk model Hi/Lo HID-Halogen dan ±3 juta untuk Hi/Lo HID dengan jaminan penuh selama 2 tahun dengan lama waktu pemasangan kisaran 45 menit.

Demo:
Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan

Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan

CIRCUIT
Pasar Mobil Kemayoran Tahap III Blok H No.3
Jakarta Pusat
telp. 021-6540954

Tulisan: Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan
Oleh: situsotomotif.com
Toko: www.juragan-lampu.com/

Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru

2 Responses to "Review Lampu HID - Kelebihan dan Kekurangan"

nabil balwell mengatakan...

kang serius seterang itu, Kalo boleh tau itu demo nya dari motor kang salman sendiri ya...

kang minta di buatin jadwal kopdar Kucoba[dot]com CS dong..

Penasarin ni mau lihat kang salman dan teman-teman lain.. sekalian minta seminar dan kulia nya kang..

ok kang terima kasih info nya

Kang Salman mengatakan...

Ia seterang itu, bahkan kalau pakai lampu jauh untuk warna pink, lebih terang.
Kelebihan lampu ini walaupun terang tapi tidak membuat pengendara sepeda motor lain silau. Berbeda dengan lampu motor pabrikan yang mengusung holagen, umumnya suka buat orang silau.

Motor itu bukan milik saya :)
Saya di Bandung. Boleh, main aja ke Bandung