Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM

Minggu, 11 Maret 2012
tips sederhana menghemat bbm
Baca Juga:
Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM. Sebentar lagi harga bensin pasti naik, wancana yang di agendakan pemerintah bulan April bahan bakar bersubsidi (Premium) bakal mengalami kenaikan sebesar Rp 1500, yang artinya Bensin Jenis Premium akan naik jadi Rp 6000 per liter. Kemarin sore saya lihat orang-orang berbondong-bondong membeli bensin sebanyak-banyaknya, saya pikir nampaknya mereka mempersiapkan betul harga bbm yang belum naik.

Nah selain cara tersebut sebaiknya kita juga mempersiapkan beberapa amunisi guna menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Oleh karena itu mari kita sharing bersama dengan saya, disini di kucoba.com.

Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM
Langsung aja deh liat dibawah ini :

1. Cek tekananan.
Tekanan ban juga harus diperhatikan bro,..tekanan ban yang kurang mengakibakan motor/mobil kita larinya berat sehingga cukup membuat bensin kita boros.

2. Cek kondisi roda.
Kondisi roda motor dan mobil juga harus baik dan tidak ada hambatan, pergerakan roda yang berat biasanya dikarnakan pelk tidak center,bearing roda aus atau kurang pelumas dll.

3. Atur jarak rem.
Rem yang menempel dapat membuat roda kita berat nih bro saat berjalan, atur rem jangan terlalu rapat.

4. Pelumas.
Pelumas yang baik akan mampu membuat mesin lebih optimal sehingga lari motor lebih cepat namun hemat bensin, ganti pelumas secara rutin jangan melebihi batas service yang dianjurkan sehingga mesin terjaga dan putaran mesin tetap top.

5. Busi.
Perhaatikan juga busi,jangan sampai diselimuti kerak, pada umumnya pemakaian busi efektif sekitar 6000-7000km jika sudah memenuhi syarat penggantian segera ganti aja sesuai spesifikasi yang di anjurkan.

6. Service dan setel kalbulator.
Service kalbulator untuk membersihkan kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin,setel ketinggian pelampung,skrup udara atau pilot air screw kalau dilakukan tepat maka konsumsi bensin menjadi irit.

7. Filter kalburator.
Selalu bersihkan filter kalburator,untuk filter jenis viscous element jika debu sudah cukup tebal ganti aja karna filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debunya.

Nah itu tips sederhana menghemat bbm, pada inti nya bikin motor kita seringan mungkin hindari pemakain aksesoris berlebihan dan tidak lupa jangan hanya motornya aja pengendaranya juga harus diperhatikan, cara berkendara yang tidak benar selain merusak motor juga bikin boros bensin,jadi santai aja bro jangan kebut-kebuatan, kendaraan terawat BBM irit.

Penulis: Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM
Agus Sehermawan


Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru

7 Responses to "Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM"

Ambalan Krsna Radha mengatakan...

Setuju nih kang sama artikelnya...
kalau emang jadi bbm naik tentu ini akan menambah beban pengeluaran untuk membeli bbm.
oh ea kok lucu juga ea gambar pertaminanya hehehe :D

Jelajah Nesia mengatakan...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

endanesia mengatakan...

oh iya bro.. kalo boleh nambah satu tips lagi dan mudah2an nggak salah. cek juga kondisi rantai spd motor jangan sampai terlalu kendor. karena itu akan memberatka tarikan awal mesin sehingga jadi lebih boros. thxs

Anonim mengatakan...

EEEE GGGGG PPPPP, PEMERINTAH AJA YG NGABISISN DUIT YG MIKIRIN

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

ada lagi yang nggak kalah penting..

1. jangan sering menggunakan engine brake..

2. berkendara dengan putaran gas yang langsam, nggak usah kebut-kebutan apalagi ugal-ugalan. selain boros bbm juga bisa broo boros nyawa :D

Kang Hilman mengatakan...

Wah, nice info gan :)
Sukses selalu ya gan, amin..

Try Yudhi mengatakan...

kalo pake matic gimana yah?

engine brakenya kan mayan nyedot bensin
aku pernah nanya bisa irit tapi mesin cepet panas
makanya aku stel aja di agak boros

makasih pencerahannya hehe