2012-09-03
Oleh - Agus Suhermawan

Berbaik Sangka itu Kunci Surga

Berbaik Sangka itu Kunci Surga
Advertisement:
Berbaik Sangka itu Kunci Surga
Berbaik Sangka Kunci SurgaApapun yang kita kerjakan lakukanlah yang terbaik. Apapun hasilnya, serahkanlah kepada Allah yang Maha Tahu.  Bila hasilnya baik, kita tidak perlu sombong karena itu adalah anugerah dari-Nya. Bila hasilnya buruk, kitapun tidak perlu sedih berkepanjangan.
Tugas kita selanjutnya setelah melakukan yang terbaik adalah berprasangka baik. Sebab boleh jadi yang kita anggap baik sesungguhnya itu berakibat buruk bagi kita. Sebaliknya, apa yang kita anggap buruk sesungguhnya itu berakibat baik bagi kehidupan kita. Allah Maha Tahu baik yang lahir maupun yang batin, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.
Berbaik sangka kepada Allah itu akan membuat kita terus bergairah tak mengenal lelah. Bukan hanya itu, berbaik sangka ternyata bisa mengantarkan kita ke Surga. Dikisahkan, suatu hari dalam sebuah taklim di hadapan para sahabatnya, Rasulullah saw berkata bahwa sebentar lagi akan masuk seorang yang kelak akan memegang kunci Surga.
Semua sahabat yang hadir terpana, termasuk Umar bin Khattab. Tidak lama kemudian masuklah orang yang dimaksud. Orang ini penampilannya biasa-biasa saja. Tidak ada ciri khusus apapun. Tidak ada pula tanda-tanda bekas sujud di wajahnya. Karena penasaran, Umar bin Khattab meminta izin untuk menginap di rumah orang tersebut. Namun, selama menginap Umar tidak menemukan amalan khusus orang tersebut.
Ketika Umar bertanya kepadanya apa rahasianya sehingga Rasulullah saw mengatakan ia kelak akan memegang kunci surga, lelaki ini menjawab, “Ibadah dan amalanku sebenarnya biasa saja, wahai Umar. Hanya selama hidupku, aku diajari oleh ibuku untuk tidak punya perasaan buruk sangka terhadap apapun dan siapapun. Barangkali itulah amalan yang dimaksud Rasulullah.”
Mari selalu melakukan yang terbaik dan berprasangka baik. Jangan menghabiskan waktu kita hanya untuk menilai seseorang dan mengomentari perilaku orang. Dan, yang tepenting, jangan pernah berburuk sangka kepada Allah atas semua hal yang terjadi dalam hidup kita. Allah tidak selalu memberikan yang kita inginkan tetapi Dia selalu memberi yang terbaik untuk hidup kita…
Advertisement:
Judul : Berbaik Sangka itu Kunci Surga Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle