Cara Memilih Asisten Rumah Tangga / Pengasuh Anak

Senin, 24 September 2012
cara memilih pembantu rumah tangga , cara memilih pengusuh anakCara Memilih Asisten Rumah Tangga - Dalam kehidupan modern dimana wanita karir mempunyai kegiatan yang cukup padat di kantor sehingga waktu untuk mengurus rumah menjadi kurang oleh karena itu di butuhka pebantu / asisten rumah tangga / pengasuh. Namun tak mudah memilih seorang asisten rumah tangga yang bisa dipercaya.

Ketika anda memutuskan untuk memilih asisten rumah tangga, Anda mungkin ingin mempertimbangkan isu-isu berikut. Kemampuan dan masalah praktis lain: Cobalah memperjelas soal aturan hidup asisten rumah tangga  dan jadwal mingguan yang akan diberikan. Apakah Anda ingin mereka  tinggal di dalam atau di luar? Jika tinggal di dalam, apakah Anda dapat memberikan pengasuh cukup ruang untuk dirinya sendiri?

Haruskah asisten rumah menggunakan transportasi umum? Apakah Anda memerlukan Surat Ijin Mengemudi sang pengasuh, agar dapat membawa anak berkegiatan di luar rumah (kelas, kelompok prasekolah, atau kelompok bermain)?

4 hal yang harus di perhatikan dalam memilih pembantu rumah tangga:

Pengalaman
Pertimbangkan berapa lama pengasuh telah bekerja di penitipan anak? Dalam jenis situasi apa saja dirinya pernah dipercaya? Apakah pengasuh pernah bekerja dengan anak-anak seusia anak Anda? Selain itu, ketahuilah berapa banyak anak yang diasuh sang pengasuh dalam satu waktu.
Hubungan dengan anak-anak : Bagaimana pengasuh berinteraksi dengan anak? Banyak lembaga penyalur memberikan masa percobaan pertama pada pengasuh (biasanya selama satu atau dua minggu). Dalam masa ini Anda dapat menilai bagaimana pengasuh dapat mengatasi anak-anak, sebelum membuat kontrak kerja jangka panjang.

Kualifikasi
Semua pengasuh harus memiliki sertifikat mampu memberikan pertolongan pertama. Anda perlu pengasuh yang berkualifikasi di penitipan anak atau pengajaran.

Pembayaran
Tingkat upah untuk pengasuh bervariasi, tergantung pada kualifikasi dan pengalaman seseorang. Jika Anda tak memiliki gambaran berapa nilai upah yang harus diberikan, cobalah mencari tahu dari orang yang lainnya. Orangtua lain dapat memberikan gambaran tentang tarif untuk pengasuh, atau Anda dapat menghubungi agen untuk penawaran.

Referensi
Kepercayaan adalah hal yang mutlak dimiliki dalam memilih pengasuh. Pastikan pengasuh memiliki cukup referensi yang bisa dipercaya. Dan, pastikan Anda memeriksa mereka secara menyeluruh. Lalu perhatikan juga izin usaha penyalur mereka apakah legal atau tidak.

Semoga Cara Memilih Asisten Rumah Tangga ini bermanfaat ya..

Artikel Terbaru