Manfaat Qurban

Senin, 22 Oktober 2012
Manfaat QurbanKucoba.com - Dah pada Qurban beluuuuum..? Banyak lho manfaat Qurban.. Belum tentu umur kita panjang.. Belum tentu ada lagi kesempatan. Bila ada rezeki lebih kenapa tidak? Pada bulan Idul Adha ini atau Bulan Dzulhijah umat muslim d dunia melaksanakan Qurban hewan seperti Domba,Sapi,dan Unta. "Sungguh Kami telah memberimu nikmat yg byk. Maka laksanakanlah Shalat & BERQURBAN lah"(Qs-Al Kautsar: 2)

Bagi seorang muslim atau keluarga muslim yang mampu dan memiliki kemudahan, dia sangat dianjurkan untuk berqurban. Jika tidak melakukannya, menurut pendapat Abu Hanifah, ia berdosa. Dan menurut pendapat jumhur ulama dia tidak mendapatkan keutamaan pahala sunnah."Engkau tidak akan mendapatkan kebajikan yg sempurna sebelum menafkahkan harta yg engkau cintai" (3:92)sebagian kecil Manfaat Qurban:

Pertama,Allah akan mengampuni dosa orang yg berqurban.

Kedua,Yang berqurban akan mendapat limpahan kebaikan2 dari Allah SWT.

Ketiga,Dihari kiamat nanti hewan2 itu akan bersaksi dan menjadi bukti ketaatan kita kpd Allah SWT.adapula manfaat lainnya:
1. Merupakan pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT;
2. Dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya.
3. Mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi; dan
4. Memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.

Masih banyak fadilah tentang Qurban, yang pasti disini kita di ajarkan untuk saling berbagi dan mengajarkan kebersamaan untuk merasakan nikmat sebagai seorang muslim yakni berbagi terhadap sesama. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.”

Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru