2012-10-01
Oleh - Ade Setiadi Truna

Mendulang Intan di Martapura

Mendulang Intan di Martapura
Advertisement:
Demikian judul asli yang diberitakan oleh harian Kompas yang isi artikelnya tentang kekayaan alam Indonesia. Perlu dibanggakan, bahwa Indonesia negeri yang kaya raya akan hasil bumi. Salah satu kekayaan yang memberikan rejeki bagi warganya adalah hasil intan; berlian.
Mendulang Intan di Martapura
Bagi Anda pecinta batu permata, berkunjunglah ke Kalimantan Selatan. Sebab di sana ada tempat bernama Martapura, sebuah kawasan sumber batu permata. Sudah menjadi berita umum kalau Martapura terkenal dengan intan permatanya. Martapura yang merupakan ibukota kabupaten Banjar, daerah penghasil batu aji dan batu mulia.

Yang menarik dari Martapura, dalam mendulang batu-batu berlian ditambang dengan secara tradisional. Caranya, pertama, penambang menggali lubang pendulangan sedalam 1 sampai dengan 3 meter, setelh digali kemudian batu pendulangan dinaikkan ke atas lalu ditumpuk yang tidak jauh dari lubang pendulangan. Selanjutnya batu-batu dicuci dengan sebuah alat yang bernama Linggangan; bentuknya kerucut terbuat dari pohon kayu besar. Selanjutnya....
Advertisement:
Judul : Mendulang Intan di Martapura Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle