10 Penyebab Perut Buncit

Selasa, 09 Oktober 2012
penyebab perut buncit , akibat perut buncit , perut buncit pada wanita
KUCOBA.com - Penyebab perut buncit pada wanita atau pria umumnya terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penumpukkan lemak pada perut, atau karena pola makan  yang salah. Apa saja faktor penyebab perut buncit?

1. Keturunan
Faktor keturunan dari orangtua umumnya sulit untuk dihilangkan. Pada perempuan biasanya menyebabkan penumpukkan lemak pada perut, namun hal ini bisa diatasi yaitu melalui latihan aerobik dan olahraga pengencangan otot dan mengurangi lemak perut.

2. Penuaan
Dengan bertambahnya usia, produksi hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) mulai menurun. Studi dari Harvard Women's Health Watch menemukan hubungan penurunan hormon ini dengan peningkatan akumulasi lemak di perut.

3. Alkohol
Gula dan alkohol, terutama yang terkandung dalam bir, dapat membuat otot anda kendur. Dari pandangan ilmu gizi, alkohol sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung kalori yang tinggi, sama seperti jumlah kalori pada makanan berlemak. Terlepas dari hal itu, ketika anda meminum alkohol, hati anda akan bekerja dengan sangat keras untuk menghilangkan alkohol, dan menunda untuk menyaring gula. Gula tersebut kemudian akan disimpan tubuh sebagai lemak. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan nafsu makan.

4. Tembakau
Tembakau dapat merusak kerja pencernaan. Jika Anda merokok setelah makan, Anda pasti akan merasa kembung setelahnya. Berhentilah merokok, dan Anda akan mendapatkan manfaat lebih dari sekedar turunnya berat badan.

5. Stres
Stres dapat mengganggu kerja tubuh dan pencernaan. Stres juga dapat membuat anda merasa kenyang dan menimbulkan masalah pada kemampuan tubuh dalam menyimpan lemak. Hasilnya perut anda akan terlihat lebih mengembang. Untuk mengatasi hal tersebut, belajarlah untuk lebih rileks dan bernafas secara perlahan dan dalam.
Perempuan yang lebih rentan terhadap stres cenderung memiliki lemak perut berlebih meskipun ia tidak kelebihan berat badan. Hal ini kemungkinan akibat efek dari hormon stres kortisol yang membuat terjadinya akumulasi lemak di sekitar organ perut.

6. Perubahan Horman
Perubahan hormon yang terkait dengan menopause menjadi penyebab umum lemak berlebih di perut. Menopause menyebabkan penurunan dalam produksi hormon seks estrogen yang mengarah pada peningkatan lemak perut. kembali ke nomer 2.

7. Makanan Cepat Saji
Jumlah kalori dan lemak dalam makanan cepat saji sangat tinggi.

8. Tiduran Sehabis Makan
Hindari untuk tiduran atau sloyoran sehabis makan. Tiduran sehabis makan menyebabkan proses pencernaan  lambung tidak dapat bekerja dengan baik, akibatnya perut menjadi buncit.
9. Susu
Susu sebenarnya baik untuk kesehatan, tetapi bila mengkonsumsi susu tinggi kalori akibatnya bisa membuat perut anda bunci. Ganti susu anda dengan susu rendah kalori.

10. Permen Karet
Udara yang anda hirup saat mengunyah permen karet dapat menyebabkan perut kembung. Agar perut tetap langsing, pastikan Anda tidak mengunyah permen karet sepanjang hari.

Semoga 10 Penyebab Perut Buncit di atas dapat menambah wawasan anda sehingga dapat terhindari dari penyebab perut buncit di atas.

penyebab perut buncit

Lihat Juga:

Berlangganan KUCOBA Email Update
Artikel Terbaru

No Responses to "10 Penyebab Perut Buncit"

Poskan Komentar