2012-11-28
Oleh - Agus Suhermawan

Hal Yang Perlu Dalam Mendidik Anak (2)

Hal Yang Perlu Dalam Mendidik Anak (2)
Advertisement:
Kucoba.com - saya melanjutkan tulisan sebelumnya tentang bagaimana mendidik anak. Berikut lanjutan dari tulisan kemarin: 3 Hal yang perlu dalam mendidik anak

Nilai-nilai di rumah penting dibuat dan disosialisasikan kepada seluruh anggota keluarga. Biasakanlah anak-anak menjalankan nilai-nilai yang disepakati agar setelah ia remaja dan dewasa tidak menjadi beban hidup yang memberatkan bagi orang tua.

Kedua, tetapkan siapa rujukan utama bagi anak. Di dalam masa pertumbuhan, anak-anak sering menghadapi berbagai kebingungan, mereka juga sedang mencari jati diri. Dalam kondisi ini, anak tidak boleh terlalu lama dibiarkan menunggu jawaban atau perhatian. Bila terlalu lama tidak memperoleh jawaban, mereka akan mencari pelampiasan dalam bentuk yang lain. Jangan salahkan anak bila mereka akhirnya ketagihan main game, menonton televisi, menonton video porno atau bermain terlalu lama di luar rumah.

Anak harus segera menemukan jawaban dan perhatian saat mereka mengalami kegalauan, tidak boleh ditunda-tunda. Di rumah tangga, rujukan utama bagi anak-anak adalah istri. Istri selalu ada jika anak membutuhkan. Untuk hal-hal yang penting dan strategis istri selalu berdiskusi. Pendapat kami satu dihadapan anak-anak yaitu yang keluar dari mulut istri. Selain anak selalu segera mendapat solusi, cara ini juga menjadikan anak tidak bingung terhadap pilihan hidup yang harus dijalaninya.

Ketiga, lakukan perbaikan terus menerus. Saya mengadopsi manajemen gaya Jepang, Kaizen. Secara intensif, konsep ini diterapkan bagi anak saya yang sudah SMA. Konsep yang saya terapkan adalah PDCA (Plan, Do, Check, Action).

Plan berarti setiap anak harus punya proposal hidup yang dipresentasikan dihadapan seluruh anggota keluarga. Do bermakna anak-anak menjalankan rencana hidupnya. Apapun yang dilakukan anak-anak diupayakan sejalan dengan proposal hidup yang telah dibuat. Secara periodik dilakukan Check dan re-check terhadap semua aktivitas yang dilakukannya. Dari hasil check (evaluasi) ini dihasilkan Action baru yang lebih berkualitas.

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Hal Yang Perlu Dalam Mendidik Anak (2) Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle