Rasakan Kenyamanan Ekstra dari Barisan Monitor IPS LG

Kamis, 08 November 2012
LG TM2792D dan LG D2343P: 3DJakarta (13 September 2012) – Memberi penutup manis di kuartal ketiga ini, PT. LG Electronics Indonesia menghadirkan deretan monitor Super LED IPS. Bertajuk ‘super’ dikarenakan monitor ini adalah kolaborasi apik antara buah inovasi LG dan benaman teknologi In-Plane Switching (IPS) sebagai panel teknologi terkini di dalamnya. Jajaran monitor Super LED IPS milik LG ini pun dipercaya akan memberikan kenyamanan visual ekstra mendukung kegiatan kerja dan bersantai penggunanya.

“Peluncuran barisan monitor Super LED IPS ini adalah pembuktian kami bahwa LG melangkah lebih maju dengan memimpin inovasi di pasar monitor. Ramuan inovasi LG yang digabung dengan teknologi layar IPS sebagai teknologi layar monitor terbaik di dunia saat ini siap memberikan kenyamanan paripurna kepada penggunanya,” ujar Susanto, Product Manager IT Product – PT. LG Electronics Indonesia.

Pernyataan di atas bukannya tak beralasan. Dipilihnya teknologi layar IPS yang dibenamkan pada koleksi monitor super LG ini, dikatakan Susanto hal ini tak lepas dari kenyamanan visual unggul yang bakal dirasakan pengguna saat menikmati konten pada layar. Bicara mengenai kualitas warna, deretan monitor berpanel IPS milik LG ini adalah jagonya. Dengan tampilan warna cemerlang dan akurat sesuai dengan warna aslinya, menikmati hasil jepretan foto maupun rancangan arsitektur bangunan pun menjadi semakin nikmat.

Apalagi, dengan perpindahan warna sangat lembut yang ditawarkan panel layar IPS ini dapat menunjang kegiatan santai penggunanya. Akibatnya, bermain game penuh adegan laga semacam Point Blank menjadi semakin menyenangkan ditangkap mata secara halus tanpa adanya distorsi seperti gambar tampak kabur. Hal ini dikarenakan sederet monitor berlayar IPS ini memiliki kecepatan waktu respon (response time) istimewa yaitu 5ms (mili second)

Menambah kesenangan pengguna saat bermain game dan bekerja dengan monitor LG berteknologi IPS ini, teknologi ini juga akan menawarkan sudut pandang yang luas mencapai 178°. Akibatnya, pengguna dapat leluasa bermain atau menikmati konten lain pada kesemua monitor LG berbekal IPS ini dalam segala posisi. Sehingga kualitas warna yang mumpuni pada layar dapat dinikmati saat duduk, berdiri hingga dalam posisi berbaring. Hal ini sangat berlawanan dengan monitor LED lain yang mempunyai sapuan sudut pandang lebih sempit.

Usah diragukan lagi soal kenyamanan visual yang ditawarkan oleh monitor LG Super LED IPS ini. Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) telah melakukan uji pengaruh monitor berlayar IPS terhadap kesehatan mata. Riset ini membuktikan bahwa monitor berlayar IPS ini adalah monitor ternyaman untuk kesehatan mata. Sehingga pengguna tak perlu takut lagi merasakan kepala pusing atau mata lelah saat berlama-lama bekerja menggunakan LG Super LED IPS monitor.

“Pencapaian ini adalah suatu pembuktian LG sebagai perusahaan elektronik yang tak hanya fokus berinovasi pada produk, khususnya monitor, namun juga fokus menghadirkan kenyamanan unggul bagi penggunanya,” ujar Susanto.


LG D2343P
LG TM2792D

LG TM2792D dan LG D2343P: 3D Unggul dari Segala Sudut

Seri monitor berpanel IPS ini pun hadir dengan teknologi 3D (tiga dimensi) pada LG TM2792D dan LG D2343P. Keduanya pun masih mengusung teknologi Film Patterned Retarder (FPR) di dalamnya. Hadirnya kembali teknologi buah inovasi LG ini ditujukan untuk menyempurnakan teknologi terdahulu yang digunakan vendor elektronik lainnya. Sistem kerja shutter glasses yang digunakan monitor 3D lainnya mengandalkan kacamata liquid crystal berdaya baterai untuk menangkap sinyal layar monitor ke mata kiri dan kanan secara bergantian. Sistem kerja inilah yang membuat mata lelah dan kepala pusing.

Berbekal teknologi IPS pada layarnya, membuat kedua monitor 3D ini dapat menampilkan kualitas konten 3D yang unggul dari berbagai sudut. Menikmati foto berformat 3D pun menjadi sangat menyenangkan saat berbaring di sofa, bersantai bersama keluarga.

Tak perlu takut kekurangan konten 3D saat menikmati kedua monitor ini. Menyadari benar terbatasnya konten 3D saat ini, LG pun telah membekali keduanya sebuah fitur canggih yang dapat mengubah konten 2D menjadi 3D, yaitu 2D to 3D Conversion.

Kedalaman 3D pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Apalagi, pada TM2792D pengguna dapat mengatur kedalaman 3D hingga 20 level kedalaman. Hal ini pula yang membuat monitor pintar 3D ini lebih unggul dari monitor 3D lainnya yang hanya memiliki 10 level kedalaman.

Keseruan terus bertambah dalam TM2792D, vendor elektronik yang telah memimpin pasar monitor LED selama tiga tahun berturut-turut ini telah mencangkokkan segala kepintaran ke dalam monitor ini. Salah satunya dengan menyematkan teknologi MHL (Mobile High Definition Link) di dalamnya.

Dengannya, pengguna dapat memindahkan konten HD dalam ponsel pintarnya yang juga mendukung MHL ke layar monitor dengan kabel micro HDMI. Alhasil, bermain game android berkualitas HD seperti Riptide GP menjadi semakin nyaman dan seru dimainkan di layar yang lebih besar dengan tampilan gambar yang akurat.

Konten HD pun dapat dinikmati dengan sensasi baru yang dihadirkan pada monitor LG TM2792D. Dengan inovasi yang LG letakkan pada tubuh monitor ini, LG TM2792D hadir dengan desain bingkai layar monitor tertipis di dunia sebesar 1mm (dalam keadaan tidak menyala). Akibatnya, pengguna bakal rasakan sensasi baru menonton film dengan monitor layaknya menonton di bioskop. Tak heran, LG pun menamakan inovasi desainnya ini dengan sebutan Cinema Screen.

Mengimbuhi kesenangan para penggila game, monitor 3D pintar racikan LG ini juga telah membenamkan fitur canggih Dual Play Screen. Jika biasanya pengguna membagi layar dengan lawan saat bermain adu balap yang melibatkan dua pemain, satu-satunya di dunia saat ini, LG memberikan layar penuh bagi tiap pemain saat beradu ketangkasan. Sehingga, bermain game balap Need For Speed akan menjadi semakin menyenangkan.

Untuk urusan berbagi berkas dengan perangkat lain, monitor pintar 3D ini telah dibenamkan fitur SmartShare yang memudahkan pengguna untuk dapat bertukar konten dengan perangkat lainnya melalui media penyimpanan luar, flashsdisc juga ponsel pintar. Usah takut menemukan semerawutnya kabel saat ingin mengakses internet. Dengan memanfaatkan fitur Wi-Fi direct yang dimiliki LG TM2792D, berselancar internet dan berbagi konten pun menjadi semakin mudah secara nirkabel.



Menabalkan kepintarannya, monitor ini pun telah ditanamkan TV Tuner di dalamnya. Alhasil, pengguna juga dapat menikmati tayangan televisi melalui monitor LG TM92D. Lahir dengan segudang kecanggihan di dalamnya, tak lantas membuat LG TM2792D sukar untuk dinikmati. Dinamai Magic Remote Control, sebuah batang kendali ajaib yang membuat monitor ini sangat mudah digunakan. Tinggal menghubungkannya dengan monitor melalui bluetooth, pengguna hanya perlu melakukan pointing pada konten yang ingin dinikmati pada layar monitor.


Kecanggihan tongkat sihir kendali LG tak hanya sampai di situ. Dengan remote ini, pengguna juga dapat sangat mudah memilih menu yang diinginkan dengan menggulir roda yang berada di tengah tubuh rampingnya. Ditemani menu gesture, pengguna juga dapat mengoperasikan monitor 3D ini hanya dengan sapuan tangan. Pengguna hanya perlu merekam terlebih dahulu suatu gerakan sederhana dengan remote untuk memberi perintah menuju menu pilihan. Contohnya, mengayun remote seperti menulis huruf “V” untuk menuju menu Video.

Semua kepintaran LG TM2792D dan LG D2343P ini tak lantas membuatnya lupa dengan estetikanya. Keanggunan LG TM2792D dapat terlihat dari dudukannya yang elegan berbalur warna metalik silver yang menawan. Seluruh kesenangan monitor 3D pintar berdimensi layar 27 inci ini, dapat dirasakan dengan merogoh kocek Rp 7,500,000.Sedangkan untuk LG D2343P, monitor  berlayar 23 inci ini tampil gagah dengan baluran warna hitam memukau siap dimiliki hanya dengan mengeluarkan Rp 3,400,000. Dua unit kacamata 3D pun dapat dikantongi secara cuma-cuma pada tiap pembelian.

Hadir dengan harga terjangkau, khusus monitor Super LED IPS seri D2343P, LG telah membenamkan teknologi Super Energy Saving.Akibatnya, monitor 3D LG ini pun memberikan kehematan dalam penggunaan energi listrik hingga 25% berbanding monitor LED di pasar saat ini. Rendahnya konsumsi listrik tak berarti menurunkan kualitas perwarnaan dari monitor ini seperti dilema yang dihadapi kebanyakan pengguna monitor hemat energi. Dilema penurunan kualitas warna ini biasa terjadi karena pemangkasan daya listrik dilakukan dengan meredupkan pencahayaan lampu LED pada monitor.

Dilema ini takkan lagi ditemui pada LG Super LED IPS Monitor seriD2343P. Hal ini karena setelah monitor memangkas daya listrik dengan meredupkan cahaya LED pendukung, fitur LG Super Energy Savingakan bekerja mendapatkan data pewarnaan dari objek yang akan ditayangkan pada layar. Kerja unik monitor akan memanfaatkan data pewarnaan untuk menciptakan kecerahan layar yang sama mengikuti kualitas pewarnaan objek asli.

Usai proses ini berlangsung, tinggallah kerja kepingan chip hasil inovasi LG, F-engine, menyempurnakan tayangan gambar dengan menjaga pewarnaan sesuai objek asli melalui fungsi Real Color Management. F-engine juga bertugas meningkatkan pewarnaan untuk beradaptasi dengan tingkat kecerahan yang nyaman bagi mata lewat teknologi Adaptive Color Enhancer.


LG IPS237L dan LG IPS224V: Teman Ideal Bekerja dan Bersantai
LG IPS237L

Disamping dua monitor 3D ekstra nyaman, LG juga menghadirkan dua monitor seri IPS bertajuk LG IPS237L dan LG IPS224V. Keduanya pun hadir dengan ukuran layar yang berbeda yaitu 23 inci untuk LG IPS237L dan pada IPS224V LG menawarkan dimensi layar sebesar 22 inci.
Selain berteknologi IPS, kedua monitor ‘super’ ini juga hadir lebih efisien untuk menunjang bekerja dengan bekal fitur Dual Smart Solution yang memiliki tiga keistimewaanPertama, fungsi dual monitor yang memungkinkan bekerja melalui satu PC yang tersambung dengan dukungan dua monitor. Dengan mode ini, tak tiap monitor akan menampilkan program yang berbeda dimana memungkinkan pengguna untuk memantau atau menyelesaikan pekerjaan dalam waktu relatif lebih cepat.  

Fungsi ini sebenarnya dapat ditemui pada monitor konvensional. Namun, pengembangan LG dalam dua monitor IPS ini membebaskan pengguna dari rumitnya melakukan pengaturan dual monitor. Dengan bantuan perangkat lunak khusus dalam paketnya, kedua monitor Super LED IPS ini dapat menampilkan program dari satu monitor ke monitor lainnya hanya dengan satu sentuhan pada shortcut yang disebut Dual Package Hotkey.

Keistimewaan berikutnya dari dual package, ada pada kemampuan LG IPS237L dan LG IPS224V untuk menampilkan lebih dari satu program pada saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua. Hal ini berbeda dengan monitor konvensional yang hanya dapat menampilkan satu program saja saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua.

Efisiensi kerja juga dapat dirasakan dengan adanya fasilitas Dual Web. Dengannya, pengguna dapat menayangkan dua situs bersamaan dalam satu layar berbarengan. Kerja perangkat lunak dual package, membuat tiap situs tetap tertampil proporsional meskipun dalam format setengah layar. “Efisiensi seharusnya menjadi kunci utama pengembangan monitor sebagai perangkat pendukung kerja. Berpijak pada hasrat tersebutlah, LG mengembangkan dua monitor IPS ini. Monitor yang mendukung untuk mempersingkat dan memperlancar segala pekerjaan Anda,” ujarSusanto pula. 

Berlama-lama menyelesaikan pekerjaan, berselancar di internet, menikmati film, atau sekedar bermain game bersama rekan dengan LG IPS237L dan LG IPS224V jadi makin nyaman tanpa risau dengan tagihan listrik yang melambung tinggi. Meskipun kaya inovasi teknologi di dalamnya, monitor keluaran LG ini dipastikan tetap hemat listrik dan ramah lingkungan tanpa mengurangi kualitas kinerjanya. Hal ini dikarenakan LG juga telah membesut fitur Super Energy Saving di dalamnya sehingga monitor ini berkemampuan menghemat listrik 30%(IPS237L = 25% + IPS224V = 30%) lebih rendah daripada monitor LED lain.
Mengimbuhkan kesenangan penggunanya saat berbagi konten, khusus monitor seri IPS237L, LG juga telah membenamkan teknologi MHL di dalamnya. Akibatnya, konten HD dalam ponsel android milik pengguna pun dapat dinikmati di layar monitor yang lebih besar dengan kabel micro HDMI. Konten pun semakin nikmat dengan hadirnya bingkai layar monitor tertipis di dunia sebesar 1,2mm (dalam keadaan tidak menyala), Cinema Screen. Hal ini pula yang membuat layar LG IPS237L tampak lebih besar dan makin cantik berbezel tipis.

Kemolekan tak hanya milik monitor Super LED IPS LG yang berseriIPS237L saja. Pada LG IPS224V, pengguna dapat terus menjaga kerapihan ruang kerja dari kusutnya kabel-kabel monitor di sekitar. Hal ini dikarenakan LG telah menyematkan fitur cable management di bagian belakang leher monitor ini. Kerapihan ruangan dan kecantikannya pun dapat disempurnakan dengan adanya fitur wall mount pada monitor ini yang membuat pengguna dapat pula meletakkan LG IPS224V pada dinding.
Keduanya pun tampil elok dengan warna hitam memukau yang menyelimuti tubuhnya. Siap mendukung kenyamanan sesi bersantai dan kegiatan bekerja penggunanya kenikmatan visual yang mumpuni dan teknologi canggih di dalamnya pun dapat diraih dengan harga Rp 2.600.000 untuk LG IPS237L dan dengan Rp 2.200.000 untuk LG IPS224V.

Serangkaian monitor LG Super LED IPS ini merupakan strategi LG dalam mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar monitor LED di Indonesia. “Tren pertumbuhan permintaan masyarakat akan monitor layar LED yang melonjak tajam beberapa tahun ini menjadi alasan kuat kami untuk fokus mengembangkan teknologi dalam monitor LED. Kami optimis dapat sekaligus memperpanjang prestasi LG sebagai pemuncak dalam pasar monitor melalui lahirnya jajaran LG Super LED IPS,” ujarSusanto.

Susanto menambahkan, tahun lalu LG membukukan 36% pangsa pasar monitor di Indonesia. Hadirnya sekawanan LG Super LED IPS monitor yang menawarkan kenyamanan dari teknologi layar terkini ini diharapkan dapat memberikan kontribusi 5,000 unit per bulan untuk mencapai penguasaan pangsa pasar 40% tahun ini.

Memantapkan posisi juara dalam pasar Information Technology (IT), selain meluncurkan empat monitor Super LED IPS, LG juga menghadirkan media penyimpanan luar (External Hard Disk Drive)berkekuatan super. Bernama LG XE4, tak sekedar menyandang predikat ‘super’, kekuatan hardisk eksternal ini dapat dibuktikan dari kapasitas ruang simpan yang dimiliki. Hadir dengan dua varian, yang membedakannya hanyalah besar ruang simpan yang dimiliki, yaitu 1TBdan 500MB.

Tak cuma daya tampung ekstra besar, LG XE4 pun memiliki kinerja istimewa dalam kecepatan perpindahan data. Hal ini dimungkinkan dengan adanya interface USB 3.0 yang terbenam di tubuhnya. Adanyainterface ini memangkas kebutuhan waktu perpindahan data sampai 10 kali lipat lebih cepat berbanding dengan perangkat sejenis berbekalinterface USB 2.0 yang jamak beredar di pasar.

Hadir dengan dua pilihan warna, selain tampil gagah berbalut hitam elegan, media penyimpanan luar super LG ini juga hadir cantik berbalur warna putih memukau. Keduanya pun tampil kotak bertekstur depan bergelombang yang memberikannya kesan modern dengan bentang garis tengah sepanjang 2,5 inci. Ini membuat dimensinya cukup nyaman dibawa bepergian dalam saku.

Seluruh keistimewaan LG XE4 dapat dimiliki dengan harga Rp 999,000untuk kapasitas ruang 1TB dan untuk ruang yang lebih mungil lagi,pengguna hanya perlu merogoh kocek Rp 699,000 untuk LG XE4berkapasitas 500MB. (ATRIA DEA PRAWESTI)

About LG Electronics, Inc.
LG Electronics, Inc. (KSE: 066570.KS) is a global leader and technology innovator in consumer electronics, mobile communications and home appliances, employing more than 84,000 people working in 115 operations including 84 subsidiaries around the world. 2009 global sales of 55.5 trillion Korean Won (43.4 billion US Dollars)LGcomprises of five business units – Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, Air Conditioning and Business Solutions. LG is one of the world’s leading producers of flat panel TVs, audio and video products, mobile handsets, air conditioners and washing machines. LG has signed a long-term agreement to become both a Global Partner of Formula 1™ and a Technology Partner of Formula 1™. As part of this top-level association, LG acquires exclusive designations and marketing rights as the official consumer electronics, mobile phone and data processor of this global sporting event. For more information, please visit www.LGe.com.

Media Contacts:

Atria Dea Prawesti
LG Electronics Indonesia
+622157973113
+6281286727040
Atria.deaprawesti@lge.com
Artikel Terbaru