2012-11-26
Oleh - Kang Salman

Waspada Penyakit Di Musim Hujan

Waspada Penyakit Di Musim Hujan
Advertisement:
Waspada Penyakit Di Musim Hujan
Waspada Penyakit Di Musim Hujan, Kucoba.com - Memasuki musim hujan pada November, masyarakat diminta mewaspadai berbagai macam penyakit hujan yang timbul bersamaan dengan datangnya hujan.

Menurut Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prasetyo Widhi, bersamaan dengan datangnya musim hujan dan mengantisipasi banjir besar lima tahunan yang mungkin terjadi pada 2012, masyarakat harus mewaspadai timbulnya berbagai penyakit.

''Penyakit yang harus diwaspadai pada musim hujan antara lain Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), influenza dan batuk yang bisa menyerang siapa saja,'' ujarnya. Selain itu, kata dia, masyarakat yang terkena banjir perlu mewaspadai timbulnya penyakit Leptospira atau yang dikenal sebagai penyakit kencing tikus.

Sementara itu, Direktur Pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Rita Kusriastuti, mengatakan penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan antara lain, seperti influenza, tidak enak badan, dan flu musiman. Sedangkan penyakit yang harus diwaspadai pasca-hujan adalah penyakit demam berdarah yang mungkin ditimbulkan akibat nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang dari sisa-sisa genangan air hujan.

Karenanya masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan dari genangan dan yang terutama adalah menjaga kesehatan diri sendiri dengan menjaga pola makan yang sehat.

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Waspada Penyakit Di Musim Hujan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle