2012-12-10
Oleh - Kang Salman

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita
Advertisement:
cara mengetahui masa subur wanitaKucoba.com - Cara Mengetahui Masa Subur Wanita - Masa subur wanita adalah sebuah siklus menstruasi atau haid, dimana pada saat masa subur tersebut akan terdapat sel matang pada rahim wanita yang siap untuk dibuahi, sehingga apabila seorang wanita melakukan hubungan intim, dan pasangannya mengeluarkan sperma di dalam maka peluang terjadi kehamilan teramat besar.

Keinginan mempunyai momongan dalam kehidupan pasangan suami istri sepertinya menjadi impian dari mereka semua. Tapi, bagaimana jika hingga usia pernikahan Anda yang sudah lama, namun Anda berdua belum dikaruniani buah hati.

Dengan diketahuinya kapan masa subur bagi seorang wanita yang hendak mendapatkan keturunan, maka tentunya dia juga sudah dapat merencanakan kapan waktu tepat melakukan hubungan ranjang dengan suami.

Berikut beberapa Cara Mengetahui Masa Subur Wanita yang dapat Anda lakukan bersama pasangan untuk menyusun program kehamilan.

Cara Mengetahui Masa Subur Dengan Periksa Kesehatan Fisik Pasangan

Pasangan, baik suami atau istri, sebaiknya memeriksakan kesehatan fisik sebelum memutuskan untuk menjalani program kehamilan. Pastikan kedua belah pihak tidak memiliki penyakit menular seksual, infeksi pada daerah kelamin dan reproduksi, atau kondisi lain yang menghalangi kesempatan untuk hamil. Bila Anda telah menikah beberapa tahun dan tak kunjung hamil, minta dokter melakukan pemeriksaan lengkap mengenai penyebabnya.


Cara Mengetahui Masa Subur Dengan Memeriksa Lendir Mulut Rahim atau Cervical Mucous (CM)

Pada hari pertama setelah periode haid CM akan cenderung kering dan rapuh, jika masa ovulasi akan datang CM menjadi lebih lengket dan basah yang menandakan awal masa subur. CM yang terasa seperti putih teluh mentah, menandakan ovulasi yang sangat dekat bisa terjadi dalam waktu beberapa jam saja, dan ini merupakan waktu yang paling subur.


Cara Mengetahui Masa Subur Dengan Tes Urine

Penentuan masa subur juga dapat dilakukan dengan cara tes urine. Cara ini memang menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan akhir-akhir ini. Dengan peralatan yang dibuat sepraktis mungkin seperti halnya test pack untuk kehamilan. Konsumen tinggal memasukkan contoh urine ke dalam alat tersebut untuk mendeteksi hormon luteinising yang memicu ovulasi.


Hubungan Seks Sebelum Ovulasi

Lakukan hubungan seks sebelum ovulasi, sperma bisa berkembang di uterus dan di tuba falopi selama dua hingga tiga hari. Tetapi telur hanya bisa bertahan 12 jam hingga sehari setelah dilepaskan. Berhubungan seks sebelum ovulasi memperbesar kesempatan bertemunya sperma dengan ovulasi.

Itulah beberapa cara mengetahui masa subur wanita yang dapat kucoba.com sampaikan kepada pembaca. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda dalam Cara Mengetahui Masa Subur Wanita. Selamat mencoba..
Advertisement:
Judul : Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle