2012-12-16
Oleh - Kang Salman

Jenis Jenis Tissue Dan Fungsinya

Jenis Jenis Tissue Dan Fungsinya
Advertisement:
jenis jenis tisuJenis Jenis Tissue dan fungsinya itu beraneka ragam seperti kita ketahui, ada beberapa jenis tisu yang biasa kita gunakan sehari-hari. Seperti tisu muka, tisu makan, dan tisu toilet. Kebanyakan masyarakat di Indonesia menggunakan tisu apa adanya dan cenderung membeli tisu yang harganya murah.

Dan sekarang banyak sekali rumah makan yang menggunakan tisu toilet untuk tisu makan ( itu lho yang bentuk gulungan seperti gambar diatas ).Padahal jika digunakan untuk melap mulut mudah hancur karena terkena cairan / minyak.

Tisu memang dibuat beraneka jenis sesuai dengan fungsinya. Tisu makan didesain banyak bersentuhan dengan makanan maka punya kemampuan menyerap minyak lebih baik ketimbang tisu jenis lainnya.

Jenis Jenis Tissue

1. Tisu Muka, biasanya tissue ini bertekstur lembut dan halus, karena fungsinya bersentuhan langsung dengan bagian tubuh yang halus ( wajah). Berguna untuk membersihkan wajah, mulut dan bagian tubuh lain nya dari kotoran dan keringat

2. Tisu Toilet, teksturnya mudah hancur apabila terkena cairan, dan tidak cocok untuk membersihkan wajah. Fungsinya sebagai kertas pembersih pengganti air setelah membuang air besar ataupun air kecil dari toilet.

3. Tisu Makan, teksturnya mudah menyerap minyak dan air, gunanya untuk membersihkan mulut dan tangan setelah makan.

4. Towel tissue, berdaya serap tinggi, lembut dan kuat. Gunanya untuk mengeringkan tangan sesudah mencuci tangan, membersihkan dapur dari tumpahan noda dan pengganti koran untuk meletakkan gorengan agar dapat menyerap minyak.

5. Multi Purpose tissue, bentuknya mirip tissue wajah, cukup lembut, sehingga bisa di gunakan untuk bermacam fungsi membersihkan.

Tissue yang baik adalah tissue yang terbuat dari 100% serat alami dan bukan dari kertas daur ulang. Serat alami akan menghasilkan tissue bertekstur lembut yang aman untuk di gunakan sehari-hari. Setiap membeli tissue pastikan di kemasan tissue terdapat keterangan bahwa tissue di buat tanpa di tambahkan dengan OBA. OBA atau optical brightening agent adalah suatu zat pemutih yang di gunakan untuk memutihkan kertas atau tissue. OBA ini termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Tissue- tissue dari merk ternama di pasaran biasanya akan mencantumkan keterangan yang berkaitan dengan hal seperti ini.

Sebelum menulis artikel ini, Mami Zidane pernah baca di sebuah media online, sebenarnya ada cara sederhana untuk mengecek apakah sebuah tissue itu mengandung zat pemutih atau tidak. Kita bisa merendam tissue dalam segelas air selama 1 jam, bila air berwarna sangat keruh dan putih bisa di pastikan tissue itu mengandung zat pemutih. Namun, cara seperti itu juga belum seratus persen teruji kebenaran nya.

Untuk lebih amannya sih, lebih baik baca saja kemasan tissue saat kita membelinya. Kalo aku sih, lebih memilih membeli tissue yang cukup punya nama di pasaran, karena di kemasan tissue itu memang keterangan nya lengkap, jadi rasanya lebih tenang aja saat memakai produk itu. Yang tak kalah penting sih pastikan kita membeli tissue yang cocok dengan fungsi dan kegunaanya ya.

Jadi sebagai konsumen sebaiknya kita mesti berhati-hati dan pintar dalam memilih mana jenis tisu yang akan kita gunakan. Saya ucapakan terima kasih pada  (http://omahkecil.blogspot.com) atas referensi lengkap yang diberikan pada kucoba.com dalam memuat Jenis Jenis Tissue dan Fungsinya.
Advertisement:
Judul : Jenis Jenis Tissue Dan Fungsinya Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle