2012-12-10
Oleh - Agus Suhermawan

Manfaat Teh Tak Hanya Bisa Kurangi Keriput

Manfaat Teh Tak Hanya Bisa Kurangi Keriput
Advertisement:
Manfaat Teh Tak Hanya Bisa Kurangi KeriputKucoba.com - Teh adalah salah satu minuman yang banyak digemari. Sambil mengobrol, teh menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan teman. Beberapa manfaat diberikan oleh minuman yang satu ini. Namun dalam sejarah teh, mitos-mitos pun bermunculan.

ada 9 hal lain yang perlu Anda ketahui tentang teh:

1. Teh Hitam dan Teh Putih Berasal dari Tanaman yang Beda?

Teh hitam dan teh putih berasal dari tanaman yang sama yaitu daun teh atau Camellia sinensis. Perbedaannya hanya terletak dari cara pemrosesannya. Teh hitam diproses melalui mekanisme pelayuan, penggilingan, fermentasi (oksidasi) dan pengeringan.

Sedangkan teh putih diolah tanpa mengalami oksidasi. Teh ini dibuat dari pucuk-pucuk daun muda yang dihindarkan dari sinar matahari demi mencegah pembentukan klorofil. Kemudian daun ini dikukus dan dikeringkan dengan cara alami dengan sinar matahari.

2. Teh Putih Lebih Sehat Ketimbang Teh Hijau?

Semua teh sebenarnya sehat. Namun demikian teh putih lebih sehat karena memiliki kandungan antioksidan yang lebih daripada teh hijau atau teh jenis lainnya. Teh putih juga memiliki kandungan kafein yang paling rendah.

3. Menambahkan Susu Membuat Manfaat Sehat Teh Hilang?

Menambahkan susu ke dalam secangkir teh bisa menghilangkan efek menguntungkan teh yang bisa diberikan kepada tubuh. Laporan baru-baru ini yang dipublikasikan di European Heart Journal memperlihatkan kasein (protein susu) akan menghambat kerja polifenol katekin yang terkandung dalam teh. Menambahkan susu ke dalam secangkir teh dapat menghilangkan kemampuannya melindungi terhadap penyakit jantung.

4. Kafein Teh Lebih Tinggi Ketimbang Kopi?

Secangkir teh bisa saja memiliki kandungan kafein tiga kali lebih rendah ketimbang kopi, demikian disampaikan US Food and Drug Administration. Kafein pada teh jauh lebih sedikit dibanding kopi jika satu gram teh dan satu gram kopi diperbandingkan, serta bila teh dan kopi itu sama-sama diminum dan tidak dimakan.

Apapun yang berlebihan itu buruk. Teh memiliki kandungan cukup kafein, yang tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, kecuali bagi orang yang intoleran pada kafein.

5. Kebanyakan Minum Teh Bikin Dehidrasi?

Teh memang bersifat diuretik karena kandungan kafeinnya, sehingga orang yang meminumnya akan lebih mudah biang air kecil. Namun teh juga mengandung 99 persen air sehingga mampu menyediakan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Dibanding semua jenis teh, teh putihlah yang paling meningkatkan tingkat hidrasi.

6. Teh Bikin Gigi Rusak?

Teh adalah sumber alami fluorida, dan fluorida dikenal bermanfaat untuk memperkuat enamel gigi, sehingga lebih tahan terhadap pembusukan. Hal ini juga membantu untuk mengurangi pembentukan asam yang disebabkan oleh interaksi plak dan gula dalam mulut.

7. Teh Menyebabkan Keasaman?

Jangan percaya jika ada yang mengatakan teh akan menyebabkan keasaman sehingga tidak cocok dikonsumsi orang yang memiliki sakit maag. Sebab teh bersifat basa. Bahkan teh hitam memiliki anti-ulkus karena kandungan air di dalamnya.

8. Agar Enak Teh Harus Direbus?

Jangan pernah merebus teh karena akan membuat teh terasa lebih pahit. Jadi cukup seduh teh dalam air panas untuk mendapat kenikmatannya.

9. Teh Memperburuk Kualitas Tidur?

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa kandungan L-theanine (asam amino dan komponen alami teh) sebenarnya memiliki efek positif pada kualitas tidur.Nah itulah Manfaat Teh Tak Hanya Bisa Kurangi Keriput

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Manfaat Teh Tak Hanya Bisa Kurangi Keriput Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle