2013-02-25
Oleh - Agus Suhermawan

Berdebat

Berdebat
Advertisement:
BerdebatKucoba.com - ROSULULOH BERSABDA; “Tidaklah sebuah kaum menjadi sesat setelah mereka dulunya berada di atas hidayah kecuali yang suka berdebat, kemudian beliau membaca (ayat) “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja(atirmidzi)

bersabda;
“Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.”
(HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167.)

Ibnu Abbas radhiyallahu
‘anhumaa
“Cukuplah engkau sebagai orang zhalim bila engkau selalu mendebat. Dan cukuplah dosamu jika kamu selalu menentang, dan cukuplah dosamu bila kamu selalu berbicara dengan selain dzikir kepada Allah.”
(al-Fakihi dalam Akhbar Makkah)

Abud Darda radhiyallahu
‘anhu
“Engkau tidak menjadi alim sehingga engkau belajar, dan engkau tidak disebut mengerti ilmu sampai engkau mengamalkannya. Cukuplah dosamu bila kamu selalu mendebat, dan cukuplah dosamu bila kamu selalu menentang. Cukuplah dustamu bila kamu selalu berbicara bukan dalam dzikir tentang Allah.”(Darimi: 299)

Muslim Ibn Yasar rahimahullah
“Jauhilah perdebatan, karena ia adalah saat bodohnya seorang alim, di dalamnya setan menginginkan ketergelincirannya.”
(Ibnu Baththah, al- Ibanah al-Kubra: Darimi: 404)

Nah buat barudak Kucoba tinggalkanlah Berdebat karena disini bisa menjadi yang tadinya bersahabat bisa menjadi musuh,dan tadinya saling mencinta jadi saling membenci tidak ada manfaat dalam berdebat kecuali berdzikir kepada Alloh SWT,mendingan kita perbanyak Sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW...

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Berdebat Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle