2013-02-28
Oleh - Agus Suhermawan

Tips Bangun Malam

Tips Bangun Malam
Advertisement:
Kucoba.com - Tidur merupakan sesuatu yang enak utuk dinikmati, terkadang kita tidak bisa lepas dari rasa kantuk yang melanda mata, tapi mungkin buat orang-orang yang mau melaksanakan sholat tahajjud bagus tuh, Setelah kita mengetahui seluk-beluk, manfaat sholat tahajjud sekaranglah saatnya kita memulai kebiasaan sholat malam. Namun, dalam pelaksanaannya kita pun masih susah untuk bisa bangun malam. Mungkin karena malas, terlalu capai, atau tidak bisa bangun malam.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa bangun malam dan melakukan sholat tahajjud :

1. Memiliki azzam (keinginan yang kuat untuk bangun malam.)
Dengan keinginan yang kuat dan niat yang sungguh-sungguh kita akan bisa bangun malam pada waktu yang telah kita tentukan. Itu tergantung pada sugesti kita pada diri-sendiri. Jika kita betul-betul berniat, Insyaallah kita bisa bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajjud.

2. Tidak terlalu banyak makan dan minum sebelum tidur.
Jika terlalu banyak makan dan minum, akan membuat kita merasa malas dan mengantuk. Selain itu, berlebih-lebihan juga sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Allah pun tidak menyukai orang yang boros dan berlebih-lebihan.

3. Menggunakan pengingat.
Gunakanlah pengingat seperti alarm untuk membantu membangunkan anda di malam hari. Bunyi alarm biasanya berisik dan membuat kita terganggu hingga bangun dari tidur, namun biasanya jika kita meletakkannya dekat kepala atau dekat jangkauan maka kita akan segera mematikannya dan kembali tidur. Maka dari itu kita sebaiknya meletakkan jam wekker atau hp agak jauh dari jangkauan, jika misalnya kita terganggu kita akan mencoba bangun dan berjalan lalu mematikannya. Setelah itu jangan kembali tidur, tapi kerjakanlah sholat tahajjud.

4. Tidak terlalu banyak bekerja.
Jika kita sudah bekerja atau masih bersekolah saja, kadang kita merasa capai dan masih memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan. Terkadang bahkan kita harus begadang. Bahkan badan yang lelah terkadang tidak bisa membuat kita tertidur. Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur waktu agar kegiatan kita tidak membuat kita kelelahan dan melupakan ibadah, apalagi ibadah wajib.

5. Tidak melakukan dosa di siang hari.
Ini merupakan rahasia orang yang arif dan bijaksana agar bisa bangun untuk mendirikan sholat tahajjud. Melakukan dosa bisa menjadi penghalang untuk dapat meraih rahmat Allah dan bisa membuat hati menjadi keras.

Nah, semoga sedikit informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat dan bisa memotivasi kita untuk melakukan sholat tahajjud. Karena sesungguhnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sholat tahajjud, pengen tau lebih lanjut baca nie,,,Tips Bangun Malam.

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Tips Bangun Malam Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle