Cara Ternak Kenari Lokal

Jumat, 12 April 2013
cara ternak kenari lokal , berternak kenari lokal
Ternak kenari lokal, kucoba.com - bagi sahabat kucoba yang senang akan memelihara burung, dan bagi sebagian lain yang ingin berbisnis di dunia unggas yaitu burung-burung hias, maka saya menyarankan untuk memilih burung kenari, karena suaranya yang merdu menjadi asset yang berharga bagi burung itu sendiri sekaligus bagi pemilik burung karena menentukan harga jual dari burung tersebut. Tidak hanya itu biasanya selalu diadakan kontes atau lomba suara burung kenari, Siapa yang suaranya yang paling keras dengan nafas yang panjang burung itu lah yang menjadi juaranya, mungkin seperti itu maklum saya terakhir memelihara burung beberapa tahun silam. Untuk itu saya hanya bisa berbagi info saja yang didapat dari beberapa sumber lain mengenai cara ternak kenari lokal, bagi yang berminat pantengin aja terus tulisannya ya.

1. Modal
Untuk ternak kenari lokal modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Apalagi jika menyangkut hobi, faktor materi tidaklah menjadi suatu hal yang perlu dipikirkan dua kali bukan. Bisa dibilang juga cukup menghemat kantong untuk urusan indukan unggul yang diperlukan dalam ternak kenari lokal. Berdasarkan informan yang saya temukan bahwa untuk indukan unggul harganya sekitar Rp 350 rb, dan untuk indukan betina yang siap kawin harganya sekitar Rp 200 rb. Sehingga hanya perlu Rp 550 rb untuk sahabat kucoba mencoba ternak kenari lokal. Apalagi jika berniat membelinya dari teman atau saudara, bisa dapat diskon gede-gedean atau bahkan sampai gratis… hahaha.

Sedangkan untuk kandang yang dibutuhkan dengan berbahan alumunium memang lumayan cukup menghela nafas, karena agak sedikit mahal. Kenapa harus memakai alumunium ? tidak menggunakan bahan kayu. Itu karena untuk menjaga keamanan dari hewan pengerat yaitu tikus yang biasanya mencuri pakan dari kenari atau bahkan bisa sampai menerkam kenarinya juga (ngeri kan…). Tapi jika kalian kreatif bisa mengganti bahan alumunium dengan tingkat keamanan yang sama yaitu dengan bahan besi. Biayanya pasti akan lebih murah, tinggal minta jasa tukang las saja. Namun kekurangannya mungkin kandang akan menjadi lebih berat, tapi kita bisa mencoba dengan menumpuk kandang-kandang tersebut dan kemudian dipasangi roda sehingga efektif.

2. Usia kenari
Kesiapan untuk ternak kenari lokal minimal usia 6 bulan bagi kenari betina, dan 8 bulan untuk kenari jantan.

3. Proses penjodohan
Jika kenari telah siap untuk dikawinkan / dijodohkan, maka langkah yang benar adalah menempelkan / mendekatkan kedua sangkar betina dan jantan. Jangan langsung disatukan dalam satu kandang, karena mungkin kenari juga memilih-milih pasangan, jika dengan pasangan yang tidak disukai langsung saja di satu kandangkan, yang terjadi malah ribut. Apabila salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betina lagi. (itulah trauma yang terjadi pada kenari, tapi semoga jangan sampai jadi penyuka sesama jenis aja kenarinya hehehe)

Tapi sahabat semua tenang saja, jika sang kenari jantan belum berani untuk mendekati sang betina lagi, kita bisa memaksanya dengan meningkatkan birahinya (bahasa kerennya dirangsang hehe) yaitu dengan diberi pakan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh atau multivitamin. Selain itu dijemur setiap pagi, pada saat menjemur kembali lakukan proses penjodohan yaitu sangkar jantan dan betina digandengkan, jika perlu sekali-kali coba dipanas-panasin dengan kenari jantan yang lain (semoga sang betina tidak berpaling hehe).

4. Proses penjodohan part 2
Dalam tahap inilah kedua kenari siap untuk disatukan. Untuk mengetahui kesiapan dari sepasang kenari, berikut cirri-cirinya :
  • Pada saat jantan didekatkan dengan betina si jantan akan mengejar / menabrak sangkar dengan bunyi yang kencang dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
  • Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
  • Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
ternak kenari lokal
Cara Terknak Kenari Lokal

Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak. Tapi untuk sekedar jaga-jaga, rutinlah kita mengawasi keduanya, takutnya salah satu dari mereka berubah pikiran dan malah kembali ribut hehe…
Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus kedalam sangkar bisa dimasukkan kapas secukupnya.

5. Proses pengeraman
dalam proses ternak kenari lokal, jika sepasang kenari sudah berjodoh dan sang betina telah siap untuk bertelur, maka waktu yang dibutuhkan kenari betina untuk mengerami sekitar 21 hari. Ketika proses mengerami, diutamakan diberi pakan yang bergizi seperti sawi, atau telur puyuh. Karena akan memengaruhi ukuran telur, jiga nutrisi yang didapat cukup.

Demikianlah Ulasan kami mengenai Cara Ternak Kenari Lokal, semoga bermanfaat.
Artikel Terbaru