2013-03-17
Oleh - Agus Suhermawan

Fakta Unik Tentang Bulan

Fakta Unik Tentang Bulan
Advertisement:
Fakta Unik Tentang BulanKucoba.com - Bulan merupakan salah satu ciptaan alamiah, Sampai sekarang bulan mempunyai daya tarik bagi para peneliti. Bulan menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Bahkan masih banyak deretan pertanyaan yang dikantongi para ilmuwan daripada jawaban yang tersedia tentang “kekasih” bumi ini. Sebelum mengulas bulan lebih jauh, simak tujuh fakta mengenai bulan yang dilansir allwomentalk.

1. Apa sih bulan itu?
Bulan bukanlah sebuah planet. Karena bulan mengitari Bumi maka disebut satelit, bukan planet. Untuk menjadi planet, maka harus mengitari matahari.

2. Bulan terbuat dari apa?
Pada dasarnya, bulan terbuat dari batu – mirip bumi. Bulan memiliki jenis struktur yang sama seperti bumi. Bulan mempunyai inti, lapisan dan kerak. Lapisan permukaan tanah terdiri dari oksigen 42%, silikon 21%, besi 13%, kalsium 8%, aluminium 7%, magnesium 6% dan elemen lainnya 3%.

3. Apakah ada laut di bulan?
Di bulan tidak ada laut. Meskipun manusia mencari air di bulan, sampai sekarang belum ditemukan. Di bulan hanya ada mare, yakni dataran basalt yang luas dan gelap di Bulan, dibentuk oleh pembekuan dari banjir magma karena proses erupsi vulkanik purba beberapa miliar tahun yang lalu. Dataran basalt mencakup 16% dari permukaan bulan, dan sebagian besar dari mereka berada di sisi bulan yang terlihat dari bumi.

4. Apa ada Gunung tertinggi di Bulan?
Ini merupakan salah satu fakta tentang bulan yang masih diperdebatkan. Di bumi, kita mengetahui ketinggian gunung dengan cara mengukur dari permukaan laut. Karena tidak ada air di bulan, metode yang sama tidak dapat diterapkan. Apapun metode yang digunakan, kebanyakan ilmuwan setuju bahwa gunung tertinggi ukurannya di atas 5.000 meter. Umumnya, Mons Huygens dianggap gunung tertinggi di bulan.

5. Bulan tidak punya gravitasi
Salah! Ini adalah fakta lain tentang bulan yang disalahpahami. Memang ada gravitasi di bulan, jumlahnya hanya sekitar 17% dari gaya gravitasi bumi. Jika Anda memiliki berat badan 45 kg di Bumi, maka berat Anda di bulan hanya 7,6 kg di bulan. Artinya, jika Anda bisa melompat sejauh 3 meter di bumi, Anda justru bisa melompat sejauh 18 meter di bulan.

6. Berapa ukuran bulan?
Besarnya bulan adalah seperempat ukuran bumi, artinya bulan memiliki ukuran yang cukup besar. Panjang keliling bulan adalah 10.921 km, sedangkan bumi 40.075 km. Luas permukaan bulan adalah 37.9 juta kilometer persegi, sama ukurannya dengan kombinasi Rusia, Kanada dan Amerika Serikat.

7. Sisi gelap bulan
Dari bumi, hanya sekitar 59% bagian bulan terlihat oleh kita. Sebenarnya bulan berotasi, dan setiap sisi bulan giliran mendapat cahaya matahari. Hanya saja tidak semua bagian bulan yang mendapat cahaya matahari dapat diamati dari bumi karena bulan berevolusi mengelilingi bumi.

Nah guys kalo kalian ingin tau tentang bulan baca nie, Fakta Unik Tentang Bulan, Semoga bermanfaat.

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Fakta Unik Tentang Bulan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle