Mengenal Masalah Bete dan Cara Mengatasi Bete
Advertisement:
Mengenal masalah bete dan cara mengatasinya, Kucoba.com - istilah bête sudah ada sejak tahun 1999-2000, yang artinya below temper mungkin sudah tidak asing bagi para pendengar radio di jaman dahulu hehehe yang menyingkatnya menjadi BT (bête), itu sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia yang suka menyingkat-nyingkat kata kan…. Jadilah lahirnya istilah bête itu dari sana ceritanya hehe

Mengenal Masalah Bete

Namun seiring bergantinya detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, istilah bête juga berevolusi menjadi banyak arti, misalnya di kalangan anak muda jaman sekarang sering diartikan dengan keadaan yang membosankan (Bosan Total). Misalnya : yang sering terjadi itu pada pasangan yang tengah dimabuk cinta ironisnya bagi setiap cowok saat mereka mengantar pasangannya ke mall atau salon, si cowo pastinya selalu dinomor duakan atau dicuekin kan. Tapi kenapa si cewe ga pernah ngerti kalo saat itu meskipun cover muka si cowo selalu senyum selebar daun kelor padahal isi hati kita itu udah gatal-gatal, jamuran, panu, kadas, kurap (hahhaa amit amit ya) gara-gara nganterin kalian, Bosen Total (BT) tapi dilubuk hati yang paling dalam itu selalu ikhlas ko ;) hehehe

Dan ada juga yang mengartikan Bete ( BT ) adalah kata atau singkatan yang biasa digunakan para Junkies ( pecandu/pemakai ) ekstacy, yang berarti “Bad Trip” atau “Batal Triping”.
Namun, jika diperhatikan sungguh-sungguh, orang kadang menggunakan istilah bete untuk hal-hal lain yang mungkin kurang relevan. Misalnya, pernah ada seorang cewek bilang pada temannya, “Sebaiknya kamu bete, deh!” Nah, itu maksudnya apa?

Cewek itu memang berkata bete, hanya saja dalam konteks yang mungkin belum kalian bayangkan. Memang, istilah bete saat ini telah mengalami evolusi dalam pemaknaannya, sehingga artinya pun tidak lagi berpacu pada bosan total, atau bad temper, atau bad tripping.

Nih istilah lainnya di jaman sekarang : Banyak Tekanan; Birahi Tinggi; Belum Tenar; Bajingan Tengik; Butuh Tamparan; Barang Titipan; Butuh Teman; Butuh Tidur; Butuh Teman-tidur; butuh tatih-tayang; Bau keTek; Boleh Tinggal; Bagian Tengah; Bego Tenan; Begitu Tega; Buru-buru Tobat; Berbaju Tertutup.

Banyak sekali yang menjadi penyebab dari bête itu diantaranya:

1. Salah makan
Makanan yang tidak tepat akan berpengaruh tidak hanya pada kondisi fisik (seperti mual dan sakit perut) tapi juga kondisi hati. Jadi mudah marah, kurang fokus, lebih agresif, gugup atau hiperaktif. Jika sahabat semua merasa tersiksa dengan perubahan mood secara terus-menerus, cobalah menjaga asupan makanan dengan mencatat apa yang kalian makan serta dampaknya terhadap suasana hati.

2. Dekorasi rumah
Jika ingin memperbaiki mood, cobalah mengubah dekorasi rumah, karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Warna merah dapat membuat beberapa orang menjadi mudah marah atau bermusuhan, sedangkan kuning dapat memunculkan perasaan bahagia dan biru dapat membantu kita menjadi lebih rileks. Penelitian juga menemukan bahwa dengan menggantung gambar-gambar yang menenangkan seperti lukisan yang indah, mood seseorang dapat berubah secara positif dan berkurang tingkat stres dan kegelisahan.

3. Lampu di samping tempat tidur
Jika sahabat kucoba sering membaca sambil tidur-tiduran atau menonton TV, maka suasana hati akan ikut terdampak. Penelitian mengungkapkan, cahaya pada malam hari dapat menekan produksi hormon melatonin  yang secara rutin diproduksi pada saat suasana gelap. Jadi cobalah untuk mematikan semua lampu pada malam hari untuk memberikan diri kita dorongan kebahagiaan.

4. Kekurangan nutrisi
Depresi dapat disebabkan oleh beberapa hal, dan gejalanya dapat menjadi semakin buruk ataupun membaik berdasarkan asupan makan. Kekurangan vitamin D, B (terutama B6, B12 dan folat) serta lemak Omega-3, dapat menyebabkan depresi dan kegelisahan. Cobalah untuk menambahkan makanan yang kaya akan nutrisi tersebut dalam asupan makan kita.

5. Teman-teman
Kita mungkin sering berpikir bahwa menghabiskan waktu bersama teman-teman merupakan hal yang baik untuk meningkatkan mood. Namun tahukah Anda bahwa semua itu bergantung pada mood mereka? Penelitian menemukan, emosi positif dan negatif dapat menular dengan mudah tanpa disadari. Sebuah status Facebook bahkan dapat memengaruhi orang lain selama tiga hari.

6. Waktu tidur
Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam “Psychiatry and Clinical Neurosciences”, burung hantu hampir tiga kali berpeluang mengalami gejala depresi daripada burung lain yang beraktivitas pada siang hari, jadi, cobalah untuk tidur lebih awal untuk meningkatkan mood.

7. Merokok
Kita semua tahu kalau merokok dapat menimbulkan kanker, penyakit jantung dan penuaan dini, namun ternyata merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Menurut hasil sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Selandia Baru, orang yang merokok dapat meningkatkan risiko mereka terhadap depresi, dan bagi mereka yang kecanduan nikotin, dapat meningkatkan risiko hingga dua kali lipat mengalami gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak kecanduan.

Dapat kita simpulkan bahwa tingkat bête seseorang itu bisa diukur dengan melihat mood seseorang.

Tips mengatasi masalah bête yang melanda :
  1. Bagi umat Islam, jangan lupakan yang namaya wudhu. Karena dengan air wudhu perasaan kita akan merasa tenang, dan mudad-mudahan mengurangi rasa bête
  2. Karena sudah tanggung kita mengambil air wudhu, maka kenapa kita tidak melanjutkannya dengan melaksanakan shalat, dan mengaji. Selain hilang betenya, kita juga dapat pahala yang banyaka kan…
  3. Jika perasaan bête masih ada, maka coba keluar kamar anda dan cari makanan, baik makanan ringan atau makanan berat yang anda suka. Karena menurut penelitian oleh tim dokter orang lagi bete memerlukan nutrisi makanan yang banyak
  4. Jika masih bête juga, lebih baik anda kunci pintu kamar, tutup semua jendela, nyalakan music yang bikin ngantuk, tarik selimut, dan lekas tidur deh. Dijamin saat anda bangun, tidak akan inget lagi kalo sebelum tidur sedang bête hehe namun jika masalahnya keadaan bête itu ga bisa bikin kalian tidur, maka langkah kelima
  5. Minum obat tidur, berdasarkan resep dokter

Demikian beberapa kasus bête dan cara mengatasinya semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua, jika kalian bête membacanya maka langkah bagus untuk mempraktekan cara mengatasinya. Terima kasih.

Advertisement:
Judul : Mengenal Masalah Bete dan Cara Mengatasi Bete Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle