2013-03-09
Oleh - Fahnurul Atasih

Tips Mengerjakan dan Mengahadapi SKRIPSI

Tips Mengerjakan dan Mengahadapi SKRIPSI
Advertisement:
Tips Mengerjakan dan Mengahadapi SKRIPSITips Mengerjakan dan Mengahadapi SKRIPSI - Kucoba.com - Bagi setiap mahasiswa yang pingin meraih gelar sarjananya,tentu harus melwatkan satu moment penting dan bersejarah dalam hidupnya yaitu membuat dan mengerjakan yang namanya " SKRIPSI " lalu kemudian sidang. Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa di semester akhir sebagai prasyarat untuk meraih gelar sarjanannya.Nah bagi sebagian besar mahasiswa tingkat akhir ( seperti saya juga ) pasti mengalami yang namanya syndrom skripsi sampai-sampai tidak ada ruang otak kita yang tersisa untuk hal-hal yang tak penting,karena digantikan oleh nya.Setiap aktivitas kita dibayang-bayangi oleh yang namanya skripsi,ketika makan,mandi,tidur selalu terbayangi olehnya( kaya jatuh cinta bukan ? ) Nah buat kalian yang pingin lulus di waktu yang tepat, yang pingin nama lengkapnya dipanggil di panggung ketika acara wisuda sama temen-temen dan sahabat kalian,dan yang pasti yang pingin bikin ortu kalian bangga dengan kalian karena gelar kalian ( walau kebanggaan ortu gak dinilai dengan gelar semata ) kucoba.com mencoba berbagi tentang tips bagaiman mengerjakan dan menghadapi skripsi

  1. Buatlah Time line. Bagi Anda yang sedang menyusun skrispi sebaiknya buatlah time series/time line tentang waktu penelitian kalian.Tulis dalam catatan fisik dan memori kita tanggal,bulan,dan tahun kapan kita mulai bimbingan dengan dosen wali,menemukan tempat penelitian beserta topik dan judul,kapan kita harus mulai penenlitian dan mengumpulkan data dan kapan kita harus seminar serta sidang/yudisium.Time line ini penting untuk mengingatkan tujuan awal kalian bahwa kita  sedang menyusun skripsi.Kalau perlu pasang time line kita pada dinding kamar atau bagian rumah yang sering kita tongkrongin.
  2. Fokus dan tekadkan tujuan kita. Bagaimanapun kita adalah seorang siswa,seseorang yang dianggap MAHA nya para siswa,tentu pola pikir kita harus berbeda dong dengan siswa yang lain.Kita perlu mempunyai tekad yang kuat untuk bisa menyelesaikan skripsi dan lulus di waktu yang tepat. Sebaiknya untuk membantu kita fokus adalah dengan mengingat orang-orang yang berjasa besar atas hidup kita,,seperti tentunya ORANG TUA kita ( siapa sih orang di dunia ini yang mau mengecewakan dua makhluk berhati tulus itu ? )Nah saran saya penyemangat terbesar kita itu ya beliau berdua maka fokus dan tekadkan usaha kita karena orang tua,keluarga,sahabat atau boleh jugalah karena pacar.seperti kata dalam film dan novel " 5 cm " yang bilang " Ketika Kalian punya sebuah mimpi camkan mimpi kalian 5 cm di depan kening kalian " itu tandanya kita harus fokus pada mimpi dan harapan kita
  3. Banyak berdoa dan berbuat baik.Perbanyak berdoa dan meminta doa restu orang tua agar dimudahkan selama menjalankan skripsi. Berbuat baik dengan orang lain juga bisa memperlancar rezeki kita loh. Rezeki tidak hanya dari materi, tapi rezeki untuk dimudahkan dalam menyelesaikan skripsi.
  4. Jangan bergantung sepenuhnya pada dosen pembimbing. Dosen itu sibuk dan tidak hanya mengurusi skripsi kita saja. Jadi sebaiknya kita yang menjemput bola terlebih dahulu dan jangan menunggu perintah dari dosen. Sesuaikan jadwal konsultasi rutin antara dosen pembimbing dengan jadwal kita. Sebelum berkonsultasi sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu. Jika masih tidak mengerti, baru kemudian bertanya. Jangan berkonsultasi dengan pondasi kosong ketika kita bertanya. Jika kitamampu menyelesaikan skripsi dengan cepat dan tepat, maka akan meringankan beban dosen pembimbing. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap sikapnya, bukan hanya pada kita, tetapi juga terhadap penilaian skripsi kita.
  5. Mencari teman senasib dan saling sharing. Percaya tidak percaya, mood dan motivasi kita dalam mengerjakan skripsi selalu naik atau turun. Oleh karena itu, bergaulah dengan teman-teman yang optimis dan senasib TA. Cara ini bisa dilakukan dengan menyewa satu desk dalam satu ruangan lab TA bersama teman-teman lain. Alangkah baiknya lebih sering mengerjakan di kampus daripada sendirian di rumah/kosan, tetapi ini kembali ke masing-masing orang sih.
  6. Rajin mencari informasi Jangan malu untuk dicap sebagai mahasiswa rajin. Semakin rajin, semakin pintar, semakin luas wawasan kita, semakin mudah mendapatkan ide, dan semakin cepat selesai. Semakin luasnya wawasan kita, maka akan menambah rasa percaya diri kita ketika sidang. Mencari informasi bisa dilakukan dengan melihat penelitian sebelumnya di perpustakaan, melalui jurnal-jurnal ilmiah, bertanya kepada dosen pembimbing, searching internet, melalui buku,dll.
  7. Persiapkan seminar dan sidang dengan baik Buatlah tampilan slide presentasi yang menarik, interaktif dan komunikatif. Presentasi yang baik dihadapan dosen penguji, dosen pembimbing, dan penonton membuat mereka tidak cepat bosan dan mengerti apa yang kalian sampaikan. Berpenampilanlah yang baik dengan sepatu dan pakaian yang rapi. Sidang skripsi itu sekali seumur hidup. Pakailah pakaian yang formal disertai jas. Dengan penampilan, presentasi menarik, dan persiapan yang matang akan menambah rasa percaya diri kalian di hadapan pada penguji. Jika kita salah dalam memberikan jawaban, sebaiknya mengaku salah dan jangan beradu mulut karena akan mempengaruhi penilaian. Tetapi jika kalian kita dengan pernyataan kalian, sampaikan dengan jelas dan bijak tanpa harus menjatuhkan penguji.
Nah itulah beberapa tips yang Kucoba.com bisa bagi semoga bagi kita yang berada di tingkat akhir bisa menyelesaikan skripsi dengan lancar.Aminnnnn ya Allah,dan bisa lulud di waktu yang tepat.SEMANGAT..
Advertisement:
Judul : Tips Mengerjakan dan Mengahadapi SKRIPSI Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle