Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Pergantian Musim
Advertisement:
Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Pergantian Musim
Kucoba.com - Cuaca Sekarang bisa mempengaruhi kondisi tubuh kita, Perubahan suhu dan kelembaban yang mengiringi pergantian musim memang memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan ekstra keras. Hal ini bila tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat tentunya dapat menjadikan tubuh rentan terserang penyakit.

Berikut ada beberapa solusi untuk tetap dapat menjaga kondisi tubuh agar selalu fit menghadapi pergantian cuaca; Konsumsi makanan bergizi, Istirahat dengan cukup, Olahraga secara teratur, Perbanyak minum air.
Selain itu juga jaga kebersihan lingkungan sekitar. Tentunya juga waspadai orang-orang di sekitar Anda yang sudah terkena penyakit, apalagi bila penyakit itu mudah sekali penularannya.

Kondisi cuaca bersuhu panas tetapi terkadang diselingi hujan lebat berangin ini dapat memicu beragam penyakit. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas di musim yang sudah masuk pada kemarau menjadi hujan lebat kadang disertai petir dan angin ribut dengan udara yang tiba-tiba dingin. Demikian sebaliknya.. Suhu udara jadi sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas. Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca. Untuk itu dibutuhkan stamina yang prima atau fit. Jika tidak, tubuh menjadi kurang dapat beradaptasi. Inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering bekerja keras dan kurang beristirahat.

Saat pergantian musim terjadi tubuh beradaptasi ekstra keras menghadapi perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan. Udara yang semula panas-kering, tiba-tiba menjadi dingin-lembab. Kondisi ini, menimbulkan ketidaknyamanan, juga membuat tubuh mudah terserang penyakit. Seperti, demam, flu, radang tenggorokan, dan penyakit diare.

Berikut solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat :

1. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selam 30 menit.

2. Menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan sesudah buang air besar atau menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, semut.

3. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak,protein,vitamin,dan mineral. Istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam sehari. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.

4. Kelola Stress dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

5. Konsumsi minuman sulpemen yang tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen penambah stamina diperlukan terutama di musim pancaroba. Pilih minuman penambah stamina yang benar-benar mengandung vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12.. Selain itu, makanan/minuman energi tersebut dalam kemasannya harus mencantumkan kandungan zat, aturan pakai, masa kadaluarsa dan nomor registrasi badan pengawasan obat makanan (BPOM).

6. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter.

7. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Nah guyss buat kalian jaga tuh kesehatanya dan baca Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Pergantian Musim, Semoga bermanfaat.

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Pergantian Musim Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle