2013-04-21
Oleh - Agus Suhermawan

Adab Memasuki Pasar Menurut Islam

Adab Memasuki Pasar Menurut Islam
Advertisement:
Kucoba.com - Pagi hari yang cerah apalagi di hari minngu banyak orang termasuk saya pun pergi ke pasar terdekat, Namun tahu ga, bahwa masuk pasar itu ada adabnya.

Karena pasar menurut islam merupakan masjidnya Syaitan,karena di pasar banyak terjadi penipuan,pengurangan bahkan pencurian.dimana bendera putih tidak akan di kibarkan oleh syaitan sebelum orang terjerumus perangkapnya. nah Sahabat Kucoba saya mau ngasih tau nih. beberapa Adab Memasuki Pasar Menurut Islam

Adab Memasuki Pasar Menurut Islam

Pertama,Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda "apabila kamu hendak memasuki pasar berdzikirlah, dan mengucap":

لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ ، وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ


“(Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah kerajaan, dan kepunyaan-Nyalah segala pujian, Dia yang menghidupkan dan yang mematikan, dan Dia Maha Hidup tidak akan mati; di tangan-Nyalah segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu), maka Allah mencatat sejuta kebajikan baginya, dan menghapus sejuta dosa darinya, dan Dia tinggikan baginya sejuta derajat dan Dia bangunkan satu istana baginya di dalam surga”.

Kedua,Menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta kesepakatan-kesepakatan di antara dua belah fihak (pembeli dan penjual). Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu”. (Al-Ma’idah : 1)

Ketiga,jagalah kebersihan pasar. Pasar tidak boleh dicemari dengan kotoran dan sampah, karena hal tersebut dapat melumpuhkan arus jalanan dan menjadi sumber bau busuk yang mengganggu.

Keempat,Bersikaplah ramah dan memberikan kemudahan di dalam proses jual beli. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda: “Allah akan belas kasih kepada seorang hamba yang ramah apabila menjual, ramah apabila membeli dan ramah apabila memberikan keputusan”. (HR. Al-Bukhari).

Subhannallah begitu banyak ajaran islam dalam kehidupan hendaknya di amalkan dalm kehidupan kita, semoga bermanfaat kawan...Aamiin

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Adab Memasuki Pasar Menurut Islam Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle