Cara Mengatasi Sebuah Kekecewaan

Senin, 01 April 2013
Cara Mengatasi Sebuah KekecewaanCara Mengatasi Sebuah Kekecewaan - Kucoba.com - Setiap orang di dunia ini pasti pernah merasakan suatu perasaan yang disebut kecewa. Kecewa dapat diartikan suatu perasaan ketika mengetahui bahwa apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataanya, tentu di antara Anda semua pernah yang mengalami perasaan ini bukan ? entah Anda kecewa dengan usaha Anda, seseorang atau pun terhadap sikap Anda sendiri.Mungkin ketika Anda merasakan sebuah kekecewaan, tentu Anda merasa bahwa hidup Anda terlalu menyedihkan atau menyakitkan, sehingga Anda berpikir untuk mundur atau pun putus asa dari apa yang Anda perjuangkan dan harapkan. Hal ini bukanlah solusi terbaik bagi Anda yang sedang mengalami kekecewaan, Kucoba.com mempunyai beberapa cara agar Anda mampu mengatasi rasa kecewa Anda agar hidup Anda menjadi lebih baik yaitu :
 
  1. Cobalah untuk melakukan kegiatan/aktivitas lain yang lebih bermanfaat agar pikiran Anda tidak hanya terfokus pada kekecewaan Anda. Melakukan kegiatan/ aktivitas yang biasanya tidak kita lakukan tentu akan membantu mengurangi rasa kecewa kita, hal ini dikarenakan perhatian kita akan teralihkan pada kegiatan tersebut,sehingga perasaan kecewa kita menjadi sedikit terobati.
  2. Jangan Simpan Perasaan Kecewa Anda dan coba luapkanlah!sebuah perasaan kecewa perlu Anda luapkan. Kajian sains menunjukkan bahwa perasaan tekanan yang disimpan dalam diri akan membentuk toksin. Oleh itu perasaan tersebut perlulah diluapkan. Setiap  orang menggunakan cara yang tersendiri untuk meluapkan perasaannya seperti menghempuk meja, menangis, menjerit kuat-kuat, mencoretkan rasa hatinya dalam diari kesayangannya. Walau apa pun yang dilakukan, perasaan tekanan itu akan sedikit berkurangan setelah diluapkan. Namun cara yang terbaik untuk meluapkan perasaan adalah dengan menceritakannya kepada orang yang dapat memahaminya dan dapat pula memberi Anda jalan keluar kepada masalah tersebut. 
  3. Cobalah untuk menenangkan perasaan dengan pikiran kita. Anda perlu menenangkan perasaan kecewa tersebut sehingga perasaan yang menguasai diri kita mula diatasi oleh pemikiran. Apabila pemikiran (otak) mula mengatasi perasaan (hati) maka mudahlah untuk kita mula melihat jalan yang lebih lurus. Malah kalau Anda beruntung, Anda tidak perlu mencari jalan untuk mengatasinya lagi karena pemikiran rasional Anda telah mengatasi rasa kecewa itu. 
  4. Bertawakalah pada Sang Pencipta. Tawakal yaitu bermakna menyerahkan segalanya kepada Allah setelah kita melakukan apa yang kita bisa lakukan. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa untuk menghindari kekecewaan ini, kita menyerahkan segalanya hanya setelah kita melakukan segala usaha yang kita rasa mencukupi. Apabila kita yakin dengan tawakal kita itu, maka kita tidak akan kecewa lagi apabila mengalami kegagalan. Ini karena kita yakin bahwa semuanya itu adalah ketentuan Allah dan adalah hikmahnya.
  5. Milikilah sebuah keyakinan diri.Kekecewaan sering timbul dan berlarutan apabila kira kurang mempunyai keyakinan diri. Apabila kita kalah misalnya, kurang keyakinan diri menyebabkan timbulnya sugesti atau keyakinan bahwa kita akan kalah lagi. Ini menyebabkan kekecewaan kita senantiasa meningkat.
 Itulah beberapa tips yang dapat Kucoba.com bagi kepada Anda, apapun cara Anda untuk mengatasi rasa kecewa Anda lakukanlah dengan sebuah doa dan keyakinan, renungkanlah bahwa setiap kekecewaan yang Anda alami pasti akan membawa sebuah hikah yang baik untuk Anda.

Artikel Terbaru