2013-04-07
Oleh - Kang Salman

Cara Menghilangkan Selulit Paha

Cara Menghilangkan Selulit Paha
Advertisement:
cara menghilangkan selulit , menghilangkan selulit di paha , cara menghilangkan selulit secara alami
Cara menghilangkan selulit, kucoba.com - hampir setiap orang dewasa terkena yang namanya selulit, terutama wanita. Karena kebanyakan selulit muncul pada seseorang yang sedang mengandung atau hamil, pada orang yang memiliki berat badan lebih, pada wanita yang sedang menstruasi (makanya hati-hati bagi wanita yang lagi datang bulan, jangan suka garuk-garuk hehe), dll. Selulit mungkin bukan suatu penyakit, jika dilihat dari penyebabnya yaitu penimbunan lemak yang menonjol sehingga terlihat di dasar kulit seperti kerutan (seperti kulit jeruk) sebagai akibat dari penyempitan jaringan ikat. Jadi pada umumnya selulit disebabkan oleh kandungan lemak berlebih, dan biasanya nampak atau rentan muncul di daerah paha, pinggul, pantat, dan perut. Sehingga cara menghilangkan selulit salah satunya dengan menjaga pola makan, dan tentunya dengan cara hidup sehat juga seperti olahraga.

Dari beberapa referensi mengenai pola makan yang sesuai sebagai cara menghilangkan selulit dapat diakukan seperti ini :

1. Makan lima porsi buah dan sayur setiap hari
Satu porsi sekitar 250 g setara dengan satu potong buah berukuran besar seperti semangka, satu buah ukuran sedang seperti apel atau jeruk, atau dua sendok makan sayur.

2. Makan beberapa jenis sumber protein, minimal tiga kali sehari
Makanan berprotein yang dianjurkan seperti : daging ayam tanpa kulit, ikan, buncis, atau daging merah yang sudah dihilangkan lemaknya. Fungsinya yaitu membantu menstabilkan kadar gula darah lebih lama daripada hanya mengkonsumsi karbohidrat. Dan menghindari dari kebiasaan ngemil makanan yang manis, yang dapat menyebabkan timbulnya selulit.

3. Makan lima atau enam kali sehari
Makan besar tiga kali sehari justru akan menimbulkan rasa lapar secara psikologis. Lebih baik Anda makan dalam frekuensi yang lebih sering, tetapi dengan porsi yang lebih kecil. Jika masih merasa lapar setelahnya, ingatlah bahwa Anda akan makan dua jam kemudian.

4. Banyaklah minum hindari kafein berlebih
Setiap hari minumlah delapan gelas atau satu liter air putih. Jika sedang ingin ngopi, maka sebaiknya dibatasi hanya secangkir setiap hari, mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedikit bisa membantu memperlancar sirkulasi dan metabolism dalam tubuh.

Selain menjaga pola makan yang sehat, cara menghilangkan selulit paha secara alami bisa dilakukan sebagai berikut :

1. Pengelupasan Kulit
Campurkan segengam serpihan garam batu kasar dengan 2 sendok makan minyak zaitun, balurkan pada tubuh dan gosok dengan arah melingkar.
Manfaat pengelupasan kulit :
mengikis sel kulit mati, mendorong pembuangan racun dari tubuh, menolong memecah selulit/mencegah selulit.

2. Penyikatan Kulit
Gunakan spon mandi atau sikat tubuh dengan bulu alami bukan bulu sintetik, lakukan kira kira selama 5 menit untuk seluruh tubuh dari ujung kaki hingga pangkal lengan.

3. Pemijatan
Memijat di daerah yang berselulit sekali atau 2 kali setiap hari akan meningkatkan sirkulasi darah dan limfe, sehingga meminimalkan timbulnya selulit atau menyamarkan selulit.

4. Berolahraga
Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi dan menyingkirkan racun serta mengencangkan otot otot tubuh yang kendur. Lakukan beberapa gerakan olahraga yang dapat menghilangkan selulit di paha dan bokong.
Ada yang menyebutkan bahwa dengan ampas kopi juga bisa menghilangkan selulit, dan ternyata memang banyak referensi mengenai cara menghilangkan selulit dengan ampas kopi, dikatakan sebagai cara yang lebih tradisional.

Cara yang pertama yaitu dengan mencampurkan 1 cangkir ampas kopi yang masih baru dengan 1 putih telur dan 1 sendok makan minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian yang berselulit serta pijat dengan gerakan memutar, lalu bilas. Atau bisa juga setelah dioleskan, bungkus dengan plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Coba lakukan seminggu 3 kali.

Cara yang kedua yaitu cmapurkan ¼ cangkir ampas kopi hangat dengan minyak zaitun, kemudian balurkan pada kain atau handuk, setelah itu pijat pada bagian yang berselulit. Lakukan 2 kali seminggu.
Cara yang ketiga adalah campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau body lotion. Balurkan pada bagian tubuh yang berselulit, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari.

Sahabat kucoba bisa langsung mencoba beberapa cara menghilangkan selulit seperti yang telah saya sebutkan di atas, oh iya… jika cara-cara tersebut terlalu merepotkan untuk dicoba, sekarang tersedia krim penghilang selulit yang bisa kalian cari di pasar, atau toko-toko obat lainnya, namun saya anjurkan untuk membeli krim yang ada campuran kafeinnya.

Jika setelah beberapa lama selulit tidak hilang, baik dengan cara alami, tradisional ataupun menggunakan krim, mungkin itu karena yang sedang dialami bukan selulit tapi bisa jadi stretch mark, yaitu adalah tanda parut berupa gurat-gurat putih yang muncul akibat peregangan kulit. Maka untuk menyembuhkannya harus dengan krim penghilang stretch mark, atau dengan langkah-langkah pengobatan penghilang stretch mark.

Selulit berbeda dengan stretch mark, mungkin seperti saudara kembar.. Untuk lebih jelasnya sahabat kucoba bisa mencari tahu lebih dalam tentang stretch mark melalui artikel di artikel berikutnya.

Demikianlah Informasi yang dapat redaksi kucoba.com berikan semoga bermanfaat. Cara Mengilangkan Selulit Paha.
Advertisement:
Judul : Cara Menghilangkan Selulit Paha Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle