2013-04-13
Oleh - Agus Suhermawan

Kesombongan Yang Menghancurkan Sukses

Kesombongan Yang Menghancurkan Sukses
Advertisement:
Kucoba.com - Kesombongan yang membawa kehancuranrahasia hidup sukses

di masa sebelum Alloh swt menciptakan makhluk berjenis manusia,ada satu jenis makhluk Alloh swt dari bangsa malaikat yang bernama iblis.ia telah mendapatkan tempat yang utama di sisi Alloh swt.kedudukan ini di peroleh karena 185.000 tahun,ia pergunakan untuk berbakti ke hadirat Alloh swt. Dirinya benar-benar mencapai tingkat tawadhu tinggi kepada Alloh SWT. Tanpa sedikitpun menyombongkan diri,dia tunduk,khusyu,pasrah atas tata aturanNYA. Segala potensi ia kerahkan untuk mujahadah bertaqorrub kepada Alloh swt
Kesombongan Yang Menghancurkan Sukses

prestasi ibadahnya sungguh luar biasa,ia merupakan malaikat dengan prestasi yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan seluruh bangsa malaikat lainnya.bahkan karena kualitas mujahadahnya,ia dipercaya Alloh swt selama 40.000 tahun untuk menjadi juru kunci surga,80.000 tahun beribadah bersama-sama malaikat, 20.000 tahun menjadi dosen para malaikat,30.000 tahun menjadi rajanya malaikat karubiyyin,14000 tahun berthowaf mengelilingi arasy,1000 tahun menjadi pemimpin segala ruh.
Kualitas iblis dalam ketawadhuan belumlah mencapai puncak.hingga Alloh swt menguji kehebatan pengabdiannya.saat itu Alloh swt memerintahkan bangsa malaikat untuk bersujud kepada adam a.s, makhluk yang baru saja Alloh swt ciptakan.maka semuanya pun bersujud,kecuali iblis. iblis enggan untuk melakukannya karena tidak bisa menerima kenyataan tersebut. Iblis yang merasa sebagai makhluk senior menganggap dirinyalah yang harus dihormati,bukan sebaliknya.keengganan ini bukan tanpa sebab ,iblis merasa lebih mulia daripada adam a.s. ia merasa punya kelebihan dalam hal asal mula ia di ciptakan . itulah pengakuannya ketika di Tanya oleh Alloh swt, mengapa dia menolak sujud kepada adam a.s .seperti yang tercantum dalam al-qu’an yang artinya,”aku di ciptakan dari api sedangkan adam dari tanah.”(q.s al-a’raf:12).

Dosa yang disebabkan karena pembangkangan diri iblis ini merupakan dosa yang pertama kali dilakukan makhluk kepada kholiknya.itu pulalah yang menjadi sumber dan benih penyakit yang kemudian menular atau ditularkan kepada manusia.penyakit itu menjalar begitu cepat,sehingga pada generasi manusia yang kedua saja dosa serupa sudah terulang.sejak saat itu pula iblis terusir dari kebersamaannya dengan Alloh swt dan setiap saat bergentayangan mencari manusia untuk di jerumuskan.

Kekayaan,kekuasaan,kedudukan atau jabatan umumnya menjadi sumber timbulnya kesombongan.selain itu anugerah berupa kepandaian atau kecantikan dapat pula menjadi penyebab terjangkitnya seseorang dengan kesombongan. Siapakah gerangan orang yang sombong itu?orang yang sombong adalah mereka yang menolak kebenaran,merendahkan orang lain,merasa tinggi dari orang lain,mengingkari hak-hak orang lain dan bertindak sewenang-wenang dengan menganiaya orang lain.

Kesombongan membuat orang yang telah Alloh muliakan menjadi hina ,yang telah Alloh anugerahkan kelebihan,derajat yang tinggi,itu semua menjadi tidak berkah dan malah menghancurkan kemulian itu sendiri,kesombongan membuat kita di jauhi oleh semua orang dan yang lebih berbahaya lagi di murkai oleh Alloh swt.

ya Alloh semoga kami terhindar dari penyakit kesombongan dan di jauhkan dari penyakit ini. Aamin. ..

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Kesombongan Yang Menghancurkan Sukses Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle