2013-04-11
Oleh - Agus Suhermawan

Keutamaan Anak Sholeh

Keutamaan Anak Sholeh
Advertisement:
Keutamaan Anak SolehKucoba.com - Dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw bersabda: "Sungguh manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) semua itu?, maka dikatakan padanya: (Ini semua) disebabkan istighfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu."

Hadits yg agung ini menunjukkan keutamaan memiliki anak yang sholeh serta keutamaan menikah untuk tujuan mendapatkan keturunan yang sholeh.

Imam al-Munawi berkata: "Seandainya tidak ada keutamaan menikah kecuali hadits ini saja, maka cukuplah (menunjukkan besarnya keutamaannya).

Faidah-Faidah hadits ini:
Pertama,Keutamaan dalam hadits ini berlaku bagi hamba Allah yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan.
Kedua,Anak yang sholeh termasuk sebaik-baik usaha yang dilakukan olehseorang mukmin dalam hidupnya, karena semua amal kebaikan yang dilakukan oleh anak yang sholeh pahalanya akan sampai kepada orang tuanya, secara otomatis dan tanpa perlu diniatkan, karena anak termasuk bagian dari usaha orang tuanya.

Rasulullah saw Bersabda : "Jika seorang manusia mati, maka terputuslah (pahala) amalnya kecuali dari 3 perkara: Sedekah yang terus mengalir (pahalanya karena diwakafkan), ilmu yang terus diambil manfaatnya (diamalkan sepeninggalnya), dan anak sholeh yang selalu mendo'akannya." (HR. Muslim).

Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani Rahimahullah berkata:
"(Semua pahala) amal kebaikan yang dilakukan oleh anak yang sholeh, juga akan diperuntukkan kepada orang tuanya, tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala anak tersebut, karena anak adalah bagian dari usaha dan upaya kedua orang tuanya."

Firman Allah swt: "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya." (QS. An-Najm 39).

Rasulullah saw bersabda: "Sungguh sebaik-baik (rezeki) yang dimakan oleh seorang manusia adalah dari usahanya sendiri, dan sungguh anaknya termasuk (bagian) dari usahanya."

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Keutamaan Anak Sholeh,
semoga ada manfaatnya..
Aamiin..

Berlangganan KUCOBA Email Update

Advertisement:
Judul : Keutamaan Anak Sholeh Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle