Mitos Makanan Yang Boleh Dan Tidak di Makan Saat Hamil (Part 2)
Advertisement:
Kucoba.com - shearing kita mulai lg dengan benarkah Mitos Makanan Yang Boleh Dan Tidak di Makan Saat Hamil (Part 2),semoga bermanfaat.berikut lanjutan dari kemarin:
Mitos Makanan Yang Boleh Dan Tidak di Makan Saat Hamil (Part 2)

1.Hamil
makan harus 2 kali lipat,Mitos ini tidak benar. Saat hamil, yang benar ibu harus makan dengan asupan gizi seimbang sesuai pedoman gizi untuk ibu hamil. Rata-rata kebutuhan di kala hamil trimester pertama kebutuhan energi memerlukan tambahan 180 kkal dan trimester kedua dan ketiga tambahannya 300 kkal. Jadi anggapan yang keliru jika ibu hamil harus makan porsinya dua kali lipat dari sebelum hamil. Justru ini akan menyebabkan berat badan ibu membengkan, janin pun membesar lebih dari normal, dan kondisi ini dapat menyulitkan persalinan.

2.Makan Daging
Perut Panas dan Berisiko Keguguran,Mitos ini tidak benar. Jika ibu tidak mempunyai riwayat penyakit kolesterol dan jantung, maka ibu boleh mengonsumsi daging kambing tetapi tetap tidak boleh berlebihan. Hal ini karena kandungan lemak jenuh (lemak jahat bagi tubuh) pada daging kambing sangat tinggi dan tidak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh ibu.

3.Sering Minum Air Es
Bayinya Besar,Mitos ini tidak benar. Sebanyak apapun ibu minum air es tidak akan membuat gemuk karena tidak ada kandungan energi dan zat gizi lainnya dalam air es. Justru yang harus dihindari ibu hamil yaitu minum air es dicampur sirup, gula, krim, susu full krim secara berlebihan. Hal-hal itulah yang dapat membuat ibu hamil gemuk dan berisiko terkena diabetes. Tak hanya itu, bayi yang dilahirkan pun bisa menjadi gemuk dengan berat badan tidak normal. Kondisi ini berisiko pada persalinan.

4.Minum Jamu
Lebih Aman dan Membuat Sehat,Mitos ini tidak benar. Tidak semua jamu aman diminum. Dalam bahan jamu (sekalipun itu bahan alami), ada jenis empon-empon dan bahan-bahan jamu tertentu yang mengandung alkohol sehingga mempengaruhi rahim dan membahayakan janin. Jika ingin mengonsumsi jamu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dan tetap dalam pengawasan dokter.

5.Makan Durian
Menyebabkan keguguran,Mitos ini benar. Terlalu berlebihan mengonsumsi durian saat hamil dampaknya tidak baik bagi tubuh. Di dalam buah durian terdapat dua kandungan zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek terhadap kehamilan. Dua zat itu adalah alkohol dan asam arachidonat. Alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin sehingga bayi lahir dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Sedangkan asam arachidonat merupakan suatu senyama prekusor yaitu pencetus pembentuk prostaglandin. Prostaglandin ini adalah senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim.

6.Ngidam Tidak Dituruti
Bayi jadi ileran,Mitos ini tidak benar. Ngidam sebenarnya sebuah tanda tubuh ibu hamil membutuhkan suatu zat gizi tertentu. Misalnya ibu hamil ingin makan cokelat artinya tubuh memberikan sinyal butuh tambahan gula. Jika ibu ngidam keripik kentang, berarti tubuh sedang membutuhkan asupan garam.

motos makanan saat haid
Demikianlah beberapa mitos yang ada di kehidupan kita sehari hari yang dapat saya Agus Suhermawan tulis di Kucoba.com - Mitos Makanan Yang Boleh Dan Tidak di Makan Saat Hamil
rating 4,5 - 11 reviews
Advertisement:
Judul : Mitos Makanan Yang Boleh Dan Tidak di Makan Saat Hamil (Part 2) Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle