2013-04-20
Oleh - Agus Suhermawan

Penyakit Virus Kawasaki

Penyakit Virus Kawasaki
Advertisement:
Penyakit Virus Kawasaki
Kucoba.com - Setelah kemarin mendengar penyakit Kawasaki, saya baru tahu bahwa penyakit ini seperti biasa namunberefek fatal. seorang sahabat saya kemarin anaknya di rawat di Rumah Sakit Hermina Bandung arcamanik, anak beliau di pastikan terkena virus Kawasaki setelah di periksa lebih lanjut.
penyakit yang langka, dan ditemukan pada anak-anak. Penyakit Kawasaki ditemukan oleh Dr. Tomisaku Kawasaki di Jepang pada tahun 1967 dan saat itu dikenal sebagai Mucocutaneous Lymphnode Syndrome.

gejala yang timbul:
Pertama Panas yang Tidak Stabil
yakni pasien yang baru berumur 6 bulan, menderita demam tinggi namun tidak stabil panasnya muncul setiap 6 jam 1x.bisa mencapai 41o C selama lebih dari 1minggu

keduaKulit tangan terkelupas
pasien atau si anak akibat menderita panas yang berlebih akibatnya kulit tangannya terkelupas atau seperti berganti kulit.

KetigaMuncul bintik merah
Munculnya bintik" merah pada seluruh tubuh seperti campak.

Jika dibiarkan, Pasien atau si Balita akan menderita penyakit Pembengkakan Pembuluh Darah dan yang lebih parahnya lagi akan menyebabkan Kerusakan Jantung Kata Dokter RS Hermina,Akhirya pasien pun di rawat :
Dengan cara pengobatan:
-di rawat insentif d ruang HCU
-di Beri obat Imunoglobulin 2 gram/ kg BB secara infus selama 12 jam( harga 2gram = Rp 2.7 juta )
-di periksa jantung sangat penting termasuk EKG dan Ekokardiografi

Imunolobulin adalah obat yang didapat dari plasma donor darah ampuh untuk meredakan gejala Kawasaki Disease maupun menekan resiko kerusakan jantung namun harga yang mahal menjadi kendala. Harga satu gram berkisar Rp 1.3 Jt Penderita Kawasaki Disease membutuhkan imunoglobulin 2 gram per kg berat badannya.sementara berat si pasien 6 kg berarti membutuhkan Imunolobulin 6 x 2.7 = 16.2 juta.

penyakit ini tidak ada yang khas. Biasanya jumlah sel darah putih, laju endapan darah dan C Reactive protein meningkat pada fase akut. Pada fase penyembuhan, trombosit darah meningkat dan ini akan memudahkan terjadinya trombus atau bekuan darah yang menyumbat pembuluh koroner jantung. Penyakit Kawasaki ditemukan pada umur seorang bayi termuda yaitu 1 bulan dan ditemukan di Jepang pada seorang wanita yang berumur 37 tahun.dan anehya lagi penyebab penyakit ini belum diketahui.

demikianlah tentang Penyakit Virus Kawasaki Semoga anak beliau di beri kesembuhan karena setiap penyakit hnya Alloh yang menurunkan dan Dia pula yang menyembuhkan kita manusia hanya sekedar berusaha, dan berdoa. Aamiin

Berlangganan KUCOBA Email Update
Advertisement:
Judul : Penyakit Virus Kawasaki Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle