2013-04-04
Oleh - Kang Salman

Perbandingan LINE, Whatsapp, Wechat, BBM 10

Perbandingan LINE, Whatsapp, Wechat, BBM 10
Advertisement:
aplikasi chatting
Aplikasi chatting, Kucoba.com - sekarang ini adalah jamannya komunikasi yang tak terbatas, dahulu dari yang bentuknya telepon rumah diputer-puter (kalo misalkan mau masukin nomornya tuh kan), hingga telepon rumah yang hanya sekali pencet bisa otomatis nelpon nomor yang dituju. Dan kemudian beralih ke handphone, sebagai inovasi untuk mempermudah komunikasi. Dari yang awalnya handphone pake antena yang tebalnya lumayan jika dilempar terus kena jidat (bikin benjol pastinya hehe). masih belum puas dengan inovasi yang ada, handphone baru lahir dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan paling simple lagi untuk komunikasi, lahirlah aplikasi chatting.

Tidak hanya satu aplikasi chatting yang muncul, tentu saja selalu ada pesaing yang terus berinovasi saling membanting, berpacu, menjadi nomor satu tentunya bagi semua konsumen. Bukan hanya untuk handphone, untuk PC ataupun laptop saja tersedia layanan aplikasi chatting jika terkoneksi dengan internet. Memang terkadang mengerikan membayangkan manusia yang semakin pintar dan semakin pintar, mungkin saja di masa depan aplikasi chatting atau alat komunikasi lainnya bisa membuat orang saling bersentuhan meskipun berbeda tempat, tidak perlu berkunjung kemana-mana, berat badan akhirnya meningkat, organ tubuh kurang digerakkan, dan mungkin saja kita menjadi alien yang memiliki kepala paling besar dibanding organ tubuh lain (loh jadi keenakan berkhayal ini hehe).

Maaf sahabat kucoba jadi melenceng sedikit dari topik, kembali ke… topik tentunya hehe pemirsa, (pe-e-pe mi-mir …ah kepanjangan hehe) diantara banyaknya aplikasi chatting yang ada, manusia pasti mencari yang paling irit, hemat, bersubsidi, terakreditasi, yang intinya paling murah dan canggih hehe (tak apa lah itu sudah kodrat dari Yang Maha Pencipta kan)

Untuk mengetahui mana yang paling nyaman dengan keadaan atau kondisi pribadi kalian, perlu sahabat kucoba ketahui keunggulan maupun kelemahan dari aplikasi chatting yang ada, berikut yang akan saya share informasinya mengenai perbandingan LINE, Whatsapp, Wechat, BBM 10.

1. LINE
LINE merupakan produk asal Jepang, fungsinya sama seperti aplikasi chatting lainnya yaitu untuk chatting atau ngobrol, namun memiliki fitur-fitur baru yang tidak dimiliki aplikasi chatting lain, seperti :
  • Layanan free call, artinya sahabat kucoba bisa menelpon orang tua, pacar, teman, musuh (eh jangan punya musuh mendingan ya..) dengan gratis berarti pulsa kita tetap utuh, hanya perlu menggunakan data internet sebagai gantinya.
  • LINE mempunyai nomor telphone sebagai Account ID seperti Whatsapp,tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang meng-invite ID kita dan menyembunyikan nomor telphone kita jika itu privacy
  • Grup Messenger bisa sampai 100 anggota
  • Selain itu LINE juga menyediakan Add friend melalui QR code dapat dibuat gratis melalui LINE,sesuatu yang jarang di aplikasi serupa.
  • Emoticons yang laris sebagai fitur unik di aplikasi chatting, tidak luput juga di aplikasi LINE, bahkan LINE menyediakan emoticons baru yang dinamakan stickers. Emoticons berbentuk sketsa orang (tidak hanya kepala, berikut dengan tangan dan badan) dengan beberapa ekspresi.
  • LINE juga menyediakan fitur block/black list kontak yang tidak kita inginkan
  • Fitur privacy, percakapan bisa terjaga jika tidak ingin ada yang tahu bisa menggunakan keamanan password
  • LINE memungkinkan digunakan di OS Windows/MacOS, jd yang belum mempunya Smartphone Ber OS IOS (Iphone) atau Android bisa Coba lewat PC

2. WHATSAPP
Whatsapp hanya dapat daplikasikan pada pengguna iphone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Dalam iteraksinya menggunakan nomor telepon ponsel.
Aplikasi chatting yang satu ini juga tidak kalah saing dengan yang lain, kita bisa bertukar pesan, gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps, tentu saja tanpa mengurangi biaya prabayar sms karena aplikasi ini menggunakan koneksi 3G atau wifi. Manfaat lainnya yang terdapat di fitur whataap :
  • View Contact : Anda dapat melihat contact di phonebook
  • Avatar : WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar Facebook.
  • Email Conversation : Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.
  • Smile icon : icon-icon ekspresi, dan lainnya seperti cuaca, bianatang, tanaman, buku, alat music, dll.
  • Call : karena pin WhatsApp ini sama dengan no telp/hp teman, Anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.
  • Block : bisa memblokir kontek yang kitak tidak suka
  • Status : namun berbeda dengan BBM, whatsapp telah menyediakan status seperti available, busy, dll.
  • Broadcats dan Group chat: Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.

3. WECHAT
Aplikasi chatting yang satu ini berasal dari china bisa digunakan untuk android ,iOs ,iPhone iPad ,windows Phone dan symbian. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini meliputi Location-based Services atau LBS, ‘Moments’ : fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi saat-saat spesial mereka dengan kerabat, serta fitur yang mengutamakan audio-video seperti ‘Video Calling’ dan voice messaging. Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan GPS ,perekam suara, serta kamera dan perekam video.

4. BBM 10
Siapa yang tidak tahu produk satu ini? Di mana-mana dari anak nongkrong sampe anak pejabat bersahabat sekali dengan yang namanya BBM, adalah merupakan aplikasi yang tersedia pada handphone BlackBerry. Aplikasi chatting BBM terus melakukan transformasi, hingga yang terbaru adalah BBM 10, tidak berbeda dengan BBM 7 dan lainnya hanya ditambah dengan beberapa fitur baru. Check it out :
  • Video chat : ngobrol dengan saling bertatap muka. Fitur ini bisa lewat akses wifi atau jaringan operator.
  • Screen share : inti dari fitur ini bahwa tampilan BBM kita bisa diutak-atik pengguna lain tentunya atas seijin pemilik dari perangkat BlackBerry-nya.
  • Penambahan emoticons-emoticons baru.

Masih banyak lagi fitur-fitur dari masing-masing aplikasi chatting tersebut, namun yang saya informasikan yang lebih familiar kita gunakan. Dengan melihat beberapa fitur di atas sahabat kucoba sudah bisa membandingkan, dan memilih aplikasi chatting yang sesuai dengan kriteria sendiri kan.

Demikianlah pendapat kami mengenai Perbandingan Aplikasi Chatting LINE, Whatsapp, Wechat, BBM 10.
Advertisement:
Judul : Perbandingan LINE, Whatsapp, Wechat, BBM 10 Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle