2013-04-03
Oleh - Fahnurul Atasih

Tata Cara dan Bacaan Sholat Hajat

Tata Cara dan Bacaan Sholat Hajat
Advertisement:
Tata Cara dan Bacaan Sholat Hajat - Kucoba.com - Bagi sebagian umat muslim, sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang belum mampu dilakukan dengan baik dan benar karena kurang pahamnya terhadap sholat ini. Hajat secara harfiah dapat diartikan sebagai kebutuhan atau keperluan.Jadi sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan dikarenakan mempunyai maksud atau keperluan dan berharap Allah SWT dapat mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang ditujukan kepada Allah SWT dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau disebut dengan urusan duniawi. Suatu hajat dapat tercapai diantaranya dengan berusaha dan berdoa yaitu dengan shalat. Sehingga berharap Allah swt akan segera mengabulkan keinginan kita, karena Allah telah berfirman dalam Al-Quran: (surat Al-baqarah ayat 45)

 وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Dan Meminta Pertolongan (kepada allah) dengan sabar dan shalat…" (QS Al Baqarah: 45)

Tata cara dan bacaan sholat hajatSehingga tentunya sebagai seorang muslim yang ingin berusaha serta berdoa agar apa yang diharapkan dan dibutuhkan dapat segera terkabul perlu melakukan sholat hajat ini. Lalu bagaimanakah tata cara dan bacaan untuk sholat hajat tersebut? Kucoba.com mencoba berbagai pengetahuan tentang sholat hajat tersebut.

Sholat hajat dapat dilakukan dalam waktu kapanpun, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak boleh berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat Hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat. Dalam pelaksanaanya, jika dikerjakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.
Dan tata cara serta bacaan Sholat Hajat dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Niat sholat Hajat di dalam hati: “Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala” (aku niat sholat sunah hajat karena Allah) 
  2. Lalu Takbiratul Ihram. 
  3. Membaca do’a Iftitah, dilanjutkan dengan surat Al Fatihah kemudian membaca salah satu surat di dalam Al Quran.
  4. Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali
  5. I’tidal sambil membaca bacaannya. 
  6. Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya. 
  7. Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir.
  8. Setelah selesai maka membaca salam dua kali. 
Jumlah rakaat dalam shalat hajat paling banyak 12 rakaat dan paling sedikit dua rakaat. Untuk shalat hajat yang di lakukan lebih dari dua rakaat dengan cara setiap dua rakaat salam, dan banyaknya rakaat dalam shalat hajat mungkin tergantung pada besar kecilnya hajat yang dibutuhkan, jika hajatnya kecil mungkin cukup hanya dua rakaat saja, tapi jika hajatnya besar maka tidak cukup hanya dengan dua rakaat saja.

Dalam kitab Tajul Jamil lil ushul, dianjurkan setelah shalat hajat membaca istigfar 100x,selesai membaca istigfar lalu membaca shalawat nabi 100x, Setelah itu, mohonlah kepada Allah apa yang kita inginkan, insya Allah, Allah mengabulkannya. Amin. Dan ikutilah dengan membaca doa berikut

doa shalat hajat



Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Maka itulah beberapa tata cara dan bacaan dari sholat hajat, semoga dapat bermanfaat bagi Saudara muslim semuanya, karena pada intinya setiap apa yang kita harapkan dan inginkan perlu kita perjuangkan dan usahkan melalui ucapan,tindakan serta sebuah doa. Semoga apa yang Anda harapkan segera dikabulkan oleh-Nya.Amin
Advertisement:
Judul : Tata Cara dan Bacaan Sholat Hajat Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle