Tips Lulus Tes Psikotes dan Contoh Soal

Kamis, 11 April 2013
Tips lulus psikotes, kucoba.com - tes yang satu ini sangat penting untuk mengetahui kemampuan intelektual dan kepribadian seseorang, orang yang akademiknya pintar belum tentu memliki tingkat intelektual tinggi, dan sebaliknya orang yang akademiknya jelek belum tentu tingkat intelektualnya jelek pula. Seumur hidup saya pernah sekali melakukan psikotes, dan faktanya memang benar di satu kelas (saya) yang akademikya bagus ternyata tingkat intelektualnya di bawah orang-orang yang akademiknya biasa-biasa saja. intinya jangan terlalu bangga dengan tingkat intelektual, tapi maksimalkanlah potensi yang ada dalam diri kita semaksimal mungkin.

Begitu juga dalam menghadapi dunia kerja, banyak orang dengan IPK (indeks penilaian kumulatif) yang memuaskan di universitasnya justru tersendat-sendat dalam psikotes. Untuk bisa lulus tes psikotes, kemampuan bisa dikatakan nomor 2, yang pertama dan paling utama adalah mental kita dalam menghadapi soal-soal dalam waktu yang singkat.

Langsung saja saya share contoh soal psikotes, sebagai gambaran sahabat kucoba semua sehingga lulus tes psikotes dan langsung diterima kerja. Aamiin…

1. Tes Logika Aritmatika
Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

Tips Mengerjakan Tes Logika Aritmatika :
a) jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.

b) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikut nya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.

c) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur

2. Tes Kraeplien/Pauli
Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur.
Tips Lulus Tes Psikotes dan Contoh Soal

Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips Mengerjakan Tes Kraeplien/Pauli
a) Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik.

b) Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.

c) Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan membuat grafik penjumlahan anda tidak alami.

d) Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.


3. Draw A Man Test (DAM)
Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tips Menggambar Orang adalah
• Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga.
• Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.

4. Menggambar Pohon
Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya.

Tips Menggambar Pohon
a) Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.

b) Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.

TIPS PENTING : Jangan pernah sekali-kali menggambar pohon pisang, pohon monokotil, perdu dan rerumputan dalam tes menggambar pohon.

Lankah yang tak kalah penting di luar tes yaitu menjaga kondisi tubuh, jika misalnya sahabat kucoba akan menghadapi tes psikotes esok hari, maka malamnya jangan sampai begadang atau tidur larut malam, karena akan mempengaruhi tingkat konsentrasi kita saat mengerjakan soal. Serta tenangkan pikiran, jangan sampai memikirkan hal-hal yang akan membuat otak kita terbebani. Good luck..
Artikel Terbaru