2013-05-26
Oleh - Agus Suhermawan

Bahaya Rokok Bagi Kecantikan Rambut Dan Kulit

Bahaya Rokok Bagi Kecantikan Rambut Dan Kulit
Advertisement:
Bahaya Rokok Bagi Kecantikan Rambut Dan KulitKucoba.com - "Merokok menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit yang membuat Anda jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Menghalangi kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi," ujar dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institute, dr. Nipun Jain. Masih banyak kerugian lain dari merokok bagi kulit, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Kulit Kendur Dan Berkeriput
Zat kimia yang ada dalam tembakai bisa memicu pengrusakan kolagen dan elastin. Kolagen adalah sejenis protein pembangun utama pada dermis (lapisan kulit dalam) yang menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Sementara elastin juga merupakan protein yang membentuk serat elastis tipis dan berfungsi mengembalikan kulit ke posisinya saat beristirahat. Bisa dibayangkan jika kedua komponen ini rusak, maka kulit akan lebih cepat mengendur dan keriput.

2. Garis-garis di Sekitar Bibir
Saat menghisap rokok, otot-otot tertentu di sekitar bibir akan mengerut. Hal itu akan membuat kerutan dan muncul garis-garis halus pada bibir, karena terjadi tekanan pada kulit di sekitar bibir dan pipi yang memicu hilangnya elastisitas.

3. Noda Penuaan
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perokok lebih rentan mengalami tanda-tanda penuaan lebih dini, terutama bercak atau noda kecoklatan. Noda penuaan sering ditandai dengan bercak yang warnanya lebih gelap dari warna kulit dan umumnya terdapat di wajah dan tangan.

4. Jari-jari Bernoda
Konsumsi rokok yang berlebihan bisa membuat jari-jari tangan dan kuku bernoda kecoklatan. Begitu juga dengan gigi. Noda pada kulit dan gigi tentu akan membuat penampilan kurang menarik.

5. Rambut Rontok
Merokok bisa mempercepat penipisan rambut pada pria maupun wanita. Penyebabnya, merokok akan menyumbat pembuluh arteri yang bertugas mengirimkan nutrisi ke seluruh tubuh. Termasuk ke kulit kepala. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan nutrisinya dengan baik sehingga pertumbuhan rambut pun terhambat.

6. Kerutan di Mata
Kerutan di sekitar mata terbentuk lebih cepat pada perokok. Asap rokok yang dihembuskan akan membuat perokok jadi lebih sering menyipit untuk mencegahnya masuk ke mata. Kebiasaan buruk inilah yang membuat kerutan di sudut mata terbentuk lebih cepat. Selain itu, zat yang terbawa asap rokok ketika dihirup bisa merusak struktur kulit dan pembuluh darah di sekitar mata.

Nah guys demikian artikel, Bahaya Rokok Bagi Kecantikan Rambut Dan Kulit semoga bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Bahaya Rokok Bagi Kecantikan Rambut Dan Kulit Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle