2013-06-13
Oleh - Rizky Saeful

10 Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

10 Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Advertisement:
Mengatasi Kulit wajah berminyak, kucoba.com - Sering kali orang – orang baik kaum pria dan wanita memiliki permasalahan di bagian tubuhnya yaitu kulit wajah. Salah satu masalah yang sering muncul yaitu kulit wajah yang berminyak. Terkadang orang – orang masih kesulitan untuk mengatasi hal tersebut, sehingga alhasil membuat mereka menjadi tidak percaya diri untuk tampil di depan sekelilingnya dikarenakan raut wajah tampak kusam, terlebih di lingkungan kotor dan berdebu, yang nantinya dapat muncul yang namanya komedo dan jerawat. Wahhh, jangan sampai sahabat kucoba pernah mengalami hal tersebut. Nah, jika kulit wajah sahabat kucoba sampai sekarang masih berminyak, kucoba punya 10 tips alami mengatasi kulit wajah berminyak.

mengatasi kulit wajah berminyak

1. Timun
Belah timun menjadi 4 bagian memanjang, sisi didalam yang berbiji agak dicacah lalu gosok ke muka yang telah dibersihkan. Diamkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Keringkan wajah dengan handuk bersih. sesudah itu beri dengan pelembab.

2. Saledri
Ambillah daun saledri lantas potong kecil-kecil. masukkan potongan saledri tadi kedalam wadah yang diisi air mendidih selama 15-20 menit. sesudah itu ambillah daun saledrinya, serta biarlah air hasil rendaman jadi dingin ( ± 20-30 menit ). Lalu berikan air seledri yang telah dingin di wajah hingga meresap dan menjadi kering. Setelah itu cucilah muka
dengan air bersih. Langkah ini dapat dilakukan sebanyak 2 hari sekali.

4. Kertas Minyak Wajah
Gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk - nepuknya dengan pelan. Jangan digesek karena bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi atau hiasan make up akan menjadi berantakan.

5. Tabir Surya
Mengenakan tabir surya berlebihan bisa membuat wajah semakin tampak berminyak. Jadi batasi penggunaan tabir surya secukupnya jika akan keluar rumah.

6. Make Up
Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons

7. Makanan
kurangi makan – makanan yang pedas.

8. Scrub atau Masker Wajah
Setiap seminggu sekali, ada baiknya Anda merawat wajah dengan scrub, masker, atau peeling. Pilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit atau gunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk merawat wajah berminyak.

Masker Kentang dan bengkoang
Ambil kentang atau bengkoang masing-masing satu biji, diparut atau diblender sampai halus lalu dibuat untuk masker. Bersihkan dahulu wajah menggunakan air hangat lalu keringkan memakai handuk.Gunakan parutan tersebut untuk masker setiap akan tidur.

Masker Madu
Untuk hasil yang baik, bersihkan wajah dengan waslap yang telah dibasahi air hangat untuk membuka pori-pori. Oleskan madu ke seluruh permukaan wajah. Untuk kulit sensitif dan bermasalah, campurkan madu dengan oatmeal. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15-30 menit. Basuh dengan air hangat, lalu air dingin untuk menutup pori-pori.

Masker Wortel (untuk kulit normal dan cenderung berminyak)
Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potasium. Dan madu mengandung fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin, dan mineral. Caranya rebus 2-3 buah wortel yang berukuran cukup besar lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan 4 ½ sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin.

Masker Jus (untuk kulit berminyak)
Stroberi dan jus lemon mengandung zat astringent alami, yang mampu mendinginkan wajah yang sering terpapar matahari. Resep masker jus yaitu: 1 sendok teh jus lemon (cairan lemon), 2 putih telur, 3 sendok teh madu dan 1 gelas stroberi. Jika mau, tambahkan 4 tetes minyak esensial sesuai selera. Blender semua bahan di atas hingga halus. Oleskan ke seluruh wajah hingga merata, diamkan hingga 10 menit. Bersihkan wajah dengan air.

9. Krim malam
Beberapa perawatan wajah berminyak juga membutuhkan penggunaan krim malam. Sebab malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

10. Pelembab
Gunakan pelembab wajah yang cocok untuk kulit berminyak.
Advertisement:
Judul : 10 Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle