2013-06-07
Oleh - Kang Salman

Harga Ban Tubeless Motor dan Mobil

Harga Ban Tubeless Motor dan Mobil
Advertisement:
Harga Ban Tubeless Untuk Motor dan Mobil - Kucoba.com : Ban merupakan organ penting dalam struktural kendaraan. Seperti halnya kaki pada manusia. Ban pula yang menentukan gerakan dari sebuah kendaraan. karenanya para pengguna kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, harus paham benar jenis dan seperti apa ban yang dibutukan untuk kelancaran kendaraan yang digunakannya. Bagi sebagian orang, mungkin menganggap bahwa semua ban sama. Yang membedakan hanyalah harga yang juga dipakai untuk menentukan kualitas produk ban tersebut. Nyatanya ada dua jenis ban yang sekarang ini banyak digunakan para pengendara. Ban konvensional atau tube type yang disingkat TT dan ban Tubeless atau biasa disingkat TL. Ban tubeless adalah jenis ban yang tidak membutuhkan ban dalam pada penggunaannya.

Keunggulan dari ban tubeless sendiri akan sangat terasa karena dapt meminimalisir kebocoran atau kempes yang biasanya terjadi tiba-tiba dan berpotensi mencelakakan pengendara. Sekalipun memang terjadi kebocoran atau kempes, ban tubeless tidak langsung bereaksi total seperti ban konvensional yang memaksa Anda untuk segera mencari tukang tambal ban karena kendaraan tidak lagi bisa dikendarai. Apalagi pada saat mengganti dan menambal ban dalam pada ban konvensional, veleg racing bisa menjadi luka karena tergores dalam pelepasan ban luar. Ban tubeless juga dirancang sedemikian rupa agar ban tersebut sekaligus menjadi tabung angin. Ban tubeless juga terdiri dari lapisan karet halogen butil seperti chlorobutyl atau bromobutyl yang didesign khusus untuk menutup tusukan-tusukan kecil akibat terkena paku atau benda tajam yang lainnya.

Awalnya ban tubeless memang digunakan hanya untuk mobil saja. Tapi seiring berjalannya waktu, ban tubeless sudah mulai memperoduksi ban untuk kendaraan roda dua. Bentuk ban tubeless yang bulat dapat mempengaruhi kecepatan motor dan nyaman dengan kecepatan tinggi. Ban tubeless ini juga dapat bertahan hingga 2 tahun. Berikut harga ban sesuai dengan merknya.

1. Corsa
Ban motor tubeless jenis ini akan menjadi lebih awet jika Anda merawatnya dengan benar. Namun beberapa pengguna mengatakan bahwa ban jenis ini akan terasa agak licin dalam penggunaannya. Sebab tipe ban ini menggunakan jenis bahan yang berlevel hard. Sehingga pada penggunaannya, harus benar-benar mengukur tekanan angin yang benar-benar sesuai. Sebab sifatnya yang keras dalam pemasangan pada velg motor, menyulitkan pula saat mengatur simetrisnya. Harga untuk ban biasa pada jenis ini dijual dengan kisaran harga antara Rp. 90.000 hingga Rp 120.000.

2. IRC
Ban jenis ini sesuai untuk kondisi jalanan yang kering maupun basah. Sekalipun permukaannya yang halus menyebabkannya lebih cepat habis. Namun hal ini tetap bergantung dari penggunaan dan perawatan serta kondisi jalan yang sering dilewati. Untuk ban tubeles jenis ini biasa dibanderol dengan kisaran harga Rp. 233.000 hingga Rp. 300.000.

3. FDR
Ban bermerk FDR ini berbahan dasar yang lebih bagus dari merk lain. Selain berdaya cengkeram yang lebih maksimal dan variasinya yang lebih banyak, keawetan ban ini juga dipercaya berada pada titik maksimalnya hingga mencapai 2 tahun dengan menyesuaikan penggunaan, kondisi jalan serta perawatan. Untuk ban jenis ini, dijual dengan kisaran harga antara Rp. 140.000 hingga Rp 450.000.

4. Michelin
Baru-baru ini Michelin meluncurkan 2 jenis ban tubeless yang bisa mulai dipergunakan oleh para pengendara. Michelin Pilot Street atau disingkan MPS dan Michelin Pilot Street Radial atau disingkat MPSR. Penggunaan MPS adalah untuk jenis motor bebek dan MPSR untuk motor jenis sport. Ban ini dipercaya memiliki daya cengkeram ban yang maksimal terhadap jalan. Untuk daya tahan dan maksimal penggunaannya disesuaikan dengan lisensi dari produsen. Namun ban ini tidak mempunyai banyak varian. Di Indonesia, dengan harga yang lumayan menguras isi kantong, MPS akan dipasarkan mulai ukuran 60/90 hingga 140/70 dengan kisaran harga Rp. 200.000 sampai dengan Rp.500.000 per-unit. Sedangkan untuk MPSR, Michelin menyiapkan ukuran 110/70 hingga 140/70 dengan harga Rp. 700.000 sampai dengan Rp. 900.000. Sekalipun tergolong mahal, ban jenis ini sudah terbukti kualitasnya. Sehingga banyak pula orang yang beralih menggunakannya.

5. TECHNO T-370 (seri 70)
Untuk ban ukuran 175/70 SR12 berharga sekitar Rp. 484.000. Ban dengan ukuran 165/70 SR13 Rp. 551.000. Ukuran 175/70 SR13 Rp. 583.000. 185/70 SR13 Rp. 629.000. 185/70 SR 14 Rp. 730.000. Dan 195/70 SR 14 Rp. 776.00.

Demikianlah informasi lengap mengenai harga ban tubeless untuk motor dan mobil yang dapat kami informasikan semoga artikel mengenai Harga Ban Tubeless Untuk Motor dan Mobil ini bermanfaat bagi anda.
Advertisement:
Judul : Harga Ban Tubeless Motor dan Mobil Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle