2013-06-09
Oleh - Kang Salman

Tempat Wisata di Kutai

Advertisement:
Tempat Wisata di Kutai - Kucoba.com - Anda sedang berkunjung di Kutai? Terdapat beberapa tempat asik untuk jalan-jalan di kota tersebut. Mungkin tempat-tempat wisata di kutai ini bisa jadi pilihan berlibur bersama keluarga dan orang tercinta.

Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara merupakan tonggak utama kerajaan kutai yang pernah Berjaya di Bumi Kalimantan Timur. Wajar saja jika kemudian banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang kemudian dilestarikan dan di kunjungi sebagai tempat-tempat wisata cagar budaya. Bahkan upacara adat yang berhubungan dengan kerajaan Kutai juga masih kental terselenggara pada waktu-waktu tertentu. Berikut beberapa wisata cagar budaya dan alam yang bisa menjadi alternative pengisi liburan Anda.

Museum Mulawarman
Bangunan ini berdiri di kota Tenggarong. Sungai Mahakam melintas di hadapannya. Bangunan yang merupakan bekas dari keraton kesultanan Kutai Kartanegara ini telah dibangun sejak tahun 1936. Ada banyak koleksi benda kerajaan yang di museumkan di sana. Bersama dengan benda-benda khas kebudayaan Kutai Kartanegara, kerajinan tangan pada masa kerajaan, juga koleksi benda-benda kuno. Museum yang berada di Jalan Diponegoro ini dapat dikunjungi setiap hari selain hari senin sejak jam 08.00 hingga 16.00 WITA.

Museum Kayu
Letaknya di dekat Waduk Panji Sukarame. Koleksinya adalah beragam kerajinan tangan dan hasil hutan di Kalimantan Timur. Ada pula gambar-gambar sejarah Kutai Kartanegara dan buaya ganas yang diawetkan. Buaya tersebut adalah buaya yang pernah memakan korban di Sangatta, Kutai Timur.

Pondok Labu
Perkampungan yang dihuni oleh suku asli Kalimantan yaitu suku dayak benuaq ini berada sekitar 25 km dari kota Tenggarong. Ada rumah adat yang biasa disebut dengan Lamin suku Dayak Benuaq dengan dinding-dindingnya yang terbuat dari kulit kayu. Setiap tahun ada saja upacara adat yang diselenggarakan oleh masyarakat adat di perkampungan ini.

Pulau Kumala
Pulau ini cukup terkenal di Indonesia. Pulau kecil yang berada di tengah-tengah sungai Mahakan di kota Tenggarong ini luasnya sekitar 76 hektar. Ada banyak arena bermain serta cottage yang berada di sana. Cukup memanjakan pengunjung dan bisa menjadi alternative liburan keluarga yang menyenangkan. Untuk menuju pulau Kumala, pengunjung harus menggunakan transportasi sungai yang biasa mangkal di dermaga kota Tenggarong.

Wisata Alam Bukti Bangkirai
Wisata yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Sebab sudah seringkali media-media nasional memberitakan mengenai wisata unik ini. Berada di kecamatan Samboja yang berjarak 58 km dari Balikpapan, sepanjang perjalanan menujunya kita akan disuguhi dengan pemandangan pegunungan dan hutan hujan tropis yang menyejukkan. Puncak dari Wisata Alam ini adalah terdapatnya jembatang tajuk atau canopy bridge yang menjadi daya pikat utama untuk para wisatawan local bahkan mancanegara. Selain itu juga, kawasan ini cocok untuk acara outbond atau rekreasi alam keluarga. Tersedia cottage bagi yang membutuhkannya.

KUTAI BARAT

Air Terjun: Jantur Inaar
Kawasan Kutai Barat memang terkenal dengan alamnya yang masih banyak mendominasi wilayah pada umumnya. Ada beberapa air terjun yang bisa dijadikan alternative liburan keluarga yang bisa dikunjungi. Salah satunya Jantur Inaar. Jantur sendiri merupakan kata lain dari Air Terjun menurut bahasa penduduk aslinya. Dengan tinggi sekitar 30 meter, untuk menuju ke dasar air terjun, para pengunjung harus menuruni dan menaiki anak tangga sebanyak 200 dengan jarak 20 cm antara yang satu dan yang lainnya. Konon tidak ada yang tau persis ketinggian air terjun ini. Tapi disinyalir air terjun ini berketinggian sekitar 65 meter dari dasarnya. Lokasi air terjun ini berada di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan, Sendawar, Kutai Barat. Ia berada sekitar 30 km dari pusat kota Sendawar, Kutai Barat Kalimantan Timur.

Wisata Air Danau Jempang dan Arung Jeram
Melalui sungai Mahakam dari arah Samarinda menuju kecamatan long Apari, bila beruntung Anda dapat menyaksikan pesut Mahakam, lumba-lumba air tawar dan rumah-rumah terapung di sepanjang perjalanan Anda. Wahana arung jeram alami yang menegangkan juga dapat Anda nikmati demi memacu Adrenalin Anda.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di kutai yang saya rekomendasikan pada para pembaca kucoba.com semoga konten ini bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Tempat Wisata di Kutai Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle